Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Edukator Dana Pensiun - mantan wartawan - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 52 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hai Kamu, Nggak Capek Apa Marah dan Kecewa Melulu?

10 Agustus 2023   05:47 Diperbarui: 10 Agustus 2023   05:52 192
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Tribunnews.com

Anda sedang marah? Atau dirundung rasa kecewa? Tidak apa dan boleh-beleh saja. Apalagi melihat tingkah orang yang menyebalkan. Marasa dizalimi atau direndahkan orang lain. Marah bahkan kecewa sangat lumrah terjadi. Marah itu manusiawi, kecewa pun lazim. Tapi di balik marah dan kecewa, tentu harus ada kemauan untuk mengendalikan diri. Agar mampu menahan marah lagi kecewa.

Di dekat kita, selalu saja ada orang-orang membuat marah. Orang yang perilakunya aneh. Tutur katanya menyakitkan. Bahkan menjadi "biang masalah". Hingga jadi sebab permusuhan, perselisihan, bahkan kebencian. Semuanya berujung pada kemarahan, kekecewaan. Marah pasti ada dan terjadi. Kecewa pun pasti menghampiri. Bahkan, membaca tulisan orang yang dibenci pun bisa kok membuat Anda marah. Wajar saja dan tidak masalah. Tapi lagi-lagi, mampukah kita tetap sabar dan tenang di tengah suasana kemarahan?

Siapapun pasti punya masalah. Urusan apapun, pekerjaan, pendidikan atau pergaulan yang Anda "tuhankan" itu. Masalah pasti ada saja. Memang siapa sih di muka bumi yang tidak punya masalah? Silakan tunjuk tangan. Apalagi masalah yang sama sekali tidak diinginkan terjadi, pasti membuat marah dan kecewa. Selalu ada gejolak dalam hati dan pikiran, hingga dilampiaskan jadi kemarahan dan kekecewaan. Marah silakan, kecewa pun silakan.

Seperti yang dialami pegiat literasi di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Lentera Pustaka di kaki Gunung Salak pun tidak luput dari rasa marah dan kecewa. Gimana tidak? Sekalipun taman bacaan tempat perbuatan baik, tiba-tiba ada orang yang memusuhi. Menebar titnah, bahkan membuat karangan cerita yang bukan fakta. Hingga mengganggu dengan "menjual tanah fasilitas taman bacaan".  Nggak ada angon nggak ada hujan, taman bacaan dibeni. Apa salahnya taman bacaan? Mau marah nggak sih, emang Anda saja yang bsia marah.

Marah itu sebuah keniscayaan. Selalu ada marah di mana pun, dengan siapapun. Sangat wajar Anda marah. Sangat lazim Anda kecewa. Apalagi akibat perbuatan dan ulah orang lain. Tapi selagi tidak bisa dikendalikan, maka marah dan kecewa akan selalu bermukim di hati dan pikiran. Hati yang kotor, pikiran yang keruh. Akibat marah dan kecewa. Bahkan sering kali marah dan kecewa jadi penyakit. Menggerogoti hati dan pikiran, hingga terkena serangan jantung yang meregang nyawa. Hidup selalu terganggu. Sulit untuk realistis dan bahagia. Sungguh mengerikan marah itu!

Literasi marah dan kecewa. Belajarlah sesuatu yang baik dari setiap masalah yang terjadi. Berpikirlah positif dari ulah bobrok orang lain. Jagalah hati dari kebencian dan sikap permusuhan orang lain. Hilangkan marah dan kecewa di dalam diri. Tumbuhkan kesadaran untuk selalu menghadirkan rasa tenang dan damai. Pada jiwa dan raga kita. 

Fokuslah pada solusi, bukan masalah. Tetap sabar saat diperlakukan seperti apapun. Tetap jernih berpikir saat dimusuhi orang lain. Mungkin menurut Anda klise. Tapi cobalah, kendalikan marah an kecewa.  Sebagai tanda kita mau rendah hati dan menerima realitas. Sudah pasti, selalu ada yang membuat marah. Karena tidak semua orang pasti senang kepada kita. Biarkanlah yang benci, biarkan yang memusuhi. Karena itu bukan urusan kita tapi urusan mereka. 

Meredam marah, kendalikan kecewa itu balasannya sangatlah luar biasa. Dan ketahuilah, bukan kita saja yang pernah sakit. Bukan kita doang yang punya masalah. Bahkan bukan hanya kita yang disinggahi musibah. Semua orang pun sama. Hanya caranya berbeda-beda. Maka kabarkan pada diri kita sendiri. Bahwa sebelum Bahagia itu ada derita yang harus dibayar. Sebelum gembira itu ada duka yang harus dinikmati. Ketika masa sulit datang jangan melihat ke depan apalagi membandingkan. Tapi sebaliknya, saat sulit tengoklah ke belakang, sebanyak apa nikmat dan anugerah yang sudah kita gapai.

Jadi, jangan terlalu banyak marah. Jangan terlalu sering kecewa. Karena marah dan kecewa tidak pernah menyelesaikan masalah. Apalagi emosi yang meluap-lupa setiap waktu. Hukumnya sederhana, hanya orang yang selalu marah-marah yang akan merugi. Kendalikan marah pada diri, jangan biarkan orang membuat marah hingga kita menjelma jadi orang yang tidak mengenali dirinya sendiri.

Lebih baik menangis dalam diam daripada marah. Karena dapat membersihkan hati. Lagi pula bertanyalah, "nggak capek apa marah-marah tiap hari?". Nggak capek apa kecewa melulu? Lalu, kapan berbuat baik dan menambah amal ibadah? Salam literasi #PegiatLiterasi #TamanBacaan #TBMLenteraPustaka

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun