Mohon tunggu...
Syarif Yunus
Syarif Yunus Mohon Tunggu... Konsultan - Dosen - Penulis - Pegiat Literasi - Konsultan
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) - Direktur Eksekutif Asosiasi DPLK - Edukator Dana Pensiun - mantan wartawan - Pendiri TBM Lentera Pustaka Bogor - Kandidat Dr. Manajemen Pendidikan Pascasarjana Unpak - Ketua IKA BINDO FBS Univ. Negeri Jakarta (2009 s.d sekarang)), Pengurus IKA UNJ (2017-sekarang). Penulis dan Editor dari 47 buku dan buku JURNALISTIK TERAPAN, Kompetensi Menulis Kreatif, Antologi Cerpen Surti Bukan Perempuan Metropolis. Penasihat Forum TBM Kab. Bogor, Education Specialist GEMA DIDAKTIKA. Salam DAHSYAT nan ciamikk !!

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Politikus Plong

2 Juli 2019   13:06 Diperbarui: 2 Juli 2019   13:23 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sang politikus pun berdiri sambal menghisap sebatang rokok.

Raut wajahnya tampak galau. Pikirannya tercabik-cabik seolah sulit menerima realitas politik. Pikiran jeleknya lebih dominan daripada baiknya. Konsekuensi berat ke depan, harus dihadapinya.

"Sudahlah bos, kita rileks sejenak. Buatlah hati dan pikiran kita lebih plong. Toh, bila kita tidak bisa jadi matahari. Cukuplah jadi lentera yang bisa menerangi orang-orang di sekitar. Dan untuk itu, kita tidak harus jadi politis. Jadi orang biasa pun bisa" nasehatku kepada sang politikus.

"Iya, elo ngomong gampang. Tapi gue sulit bisa menerima bila kalah. Karena semuanya sudah gue kerahkan. Habis-habisan" kata Sang Politisi agak emosi.

"Loh, justru ini ujian dan konsekuensi atas pilihan elo sendiri. Kalau kita siap berkompetisi, kita pun harus berkonsekuensi. Kita harus berjiwa besar dalam menerima realitas politik.

Memang sulit untuk mengakui kelemahan diri sendiri. Apalagi mengakui keunggulan orang lain" tambahku lagi.

Matahari pun kian meninggi. Senja sebentar lagi tiba.

Ada pelajaran berharga dari pilpres kali ini. Bercermin dari sang politikus. Politik dan pilpres memang ganas. Ia menjadi  sebab hancurnya sebuah cinta. Karena terbalut dalam belenggu harapan yang berlebihan. Pantas, politik selalu menyeret banyak orang. Memilih larut dalam kebodohan dan keegoisan diri.

Dari wajah sang politikus. Hampir saja "kapal" yang terus berlayar itu kandas; tidak bisa beranjak karena terombang-ambing siasat politik atas nama cinta ...

Aku pun berdoa untuk sang politikus. Agar lebih plong menerima segalanya.

Karena aku yakin. Hidup berdampingan bersamanya dan tetap berjiwa besar adalah kemenangan terbaik yang pantas kita rayakan bersama ... #TGS

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun