Pembelajaran Berdiferensiasi adalah suatu konsep/teknik pembelajaran yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan belajar murid dalam proses pembelajarannya yang bermaksud menuntun potensi murid-murid karena setiap murid itu unik ( minat, gaya belajar, bakat, dll )
Bagaimana cara Melakukan Pembelajaran Berdiferensiasi
Seorang guru harus mengetahui tujuan dari pembelajaran terlebih dahulu sehingga apa yang ingin dicapai dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran tersebut kemudian guru harus memahami Kebutuhan belajar murid yang memiliki 3 aspek yaitu: Kesiapan Belajar Murid, Minat Murid dan Profil Belajar Murid
- Kesiapan Belajar Murid
- Guru harus mengetahui pengetahuan awal murid tentang pembelajaran yang akan diberikan
- Minat Murid
- Guru diharapkan memahami minat belajar murid yang berbeda-beda agar dapat memulai pembelajara yang akan disampaikan sehingga murid dapat dengan aktif mengikuti pembelajaran
- Profil Belajar Murid
- Pada aspek ini murid memiliki profil belajar yang berbeda-beda seperti lingkungan, kebiasaan, Kemampuan dan gaya belajar (visual, auditori dan kinestetik)
Strategi dalam Pembelajaran Berdiferensiasi
Diferensiasi Konten
Diferensiasi konten adalah pembelajaran dengan cara memberikan materi maupun konsep kepada siswa berdasarkan kebutuhan belajarnya namun tetap sesuai dengan kurikulum.
Diferensiasi Proses
Diferensiasi proses digunakan untuk memenuhi kebutuhan belajar yang memungkinkan setiap siswa untuk belajar dengan cara yang efektif dan aktif bagi mereka, sehingga meningkatkan hasil belajar dan dapat memenuhi kebutuhannya.Â
Diferensiasi produk
Diferensiasi produk merupakan suatu cara untuk menghasilkan sesuatu melalui pengalaman belajar yang bernilai bagi murid.
Keterkaitan Modul Pembelajaran dengan Modul Lainnya
- Sesuai dengan filosofi KHD bahwa Guru berusaha memenuhi kebutuhan belajar murid sesuai dengan kodrad alam dan zaman
- berkaitan dengan nilai dan peran guru penggerak yang mana dapat mengembangkan pembelajaran yang berpihak pada murid,reflektif,inovatif dan mandiri sehingga dapat mewujudkan kepemimpinan murid.
- dalam visi dan misi guru penggerak yang bertujuan pembelajaran yang berpihak pada murid serta tercapainya Profil Pelajar Pancasila dapat mulai menggunakan pembelajaran berdifernsiasi.
- dengan kesepakatan kelas yang sesuai pada nilai- nilai kebajikan dalam budaya positif maka pembelajaran berdiferensiasi dapat terlaksana dengan baik
TERIMAKASIH
SALAM DAN BAHAGIA
SYARBAINI,S.Pd - PENDIDIKAN GURU PENGGERAK (ANGKATAN 11)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H