Mohon tunggu...
syakirin
syakirin Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Jurusan IKOM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Media Sosial untuk Berbisnis

26 April 2021   14:45 Diperbarui: 26 April 2021   14:49 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia. Pengguna media social seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain dari Indonesia menempati porsi yang cukup besar dari keseluruhan pengguna media sosial tersebut. Media sosial di Indonesia mulai pesat mengikuti perkembangan akses internet pada para pengguna di Inodnesia, terlebih lagi dengan perkembangan infrastruktur internet yang ada di Indonesia seperti misalnya akses wifi, jaringan fiber dan lain sebagainya.

Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2012, kurang lebih 63 juta masyarakat Indonesia terhubung dengan internet dan sebanyak 95 persen aktivitas yang mereka lakukan adalah adalah membuka media sosial. Bahkan Indonesia sampai diprediksi akan menjadi negara dengan pengguna sosial media paling aktif dan paling banyak. Salah satu alasan yang paling kuat mengapa hal tersebut bisa terjadi adalah karena perangkat-perangkat internet mobile semakin terjangkau harganya bagi masyarakat sehingga memungkinkan penetrasi jaringan pada user yang lebih luas.

Media sosial adalah media daring yang digunakan untuk kebutuhan komunikasi jarak jauh, proses interaksi antara user satu dengan user lain, serta mendapatkan sebuah informasi melalui perangkat aplikasi khusus menggunakan jaringan internet.dan juga media social bisa digunakan siapapun, kapanpun dan dimanapun Anda berada. Selama fasilitas mendukung maka media sosial bisa dicapai..

Faktanya semua orang di dunia untuk zaman sekarang, tidak bisa terlepas dari yang namanya media sosial. Penggunaan perangkat teknologi seperti komputer, smartphone mengalami peningkatan yang sangat pesat. Banyak hal yang dapat dilakukan, dan media sosial adalah salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna internet. Mungkin, bagi sebagian besar pengguna sudah mengetahui fungsi dan berbagai fitur yang disajikan dalam sebuah aplikasi media sosial. Namun, ada beberapa manfaat lain yang perlu anda ketahui dan juga dapat anda eksplorasi lebih dalam agar mendapatkan berbagai keuntungan dalam menggunakan sebuah media sosial.

Dengan memanfatkan medsos sebagai sarana untuk berbisnis dan mendapatkan keuntungan di dalamnya, namun Berbisnis dengan media sosial juga ada ketentuannya, tentu tak sembarangan dan harus mengikuti aturan. Hal yang harus di ketahui yaitu bagaimana aturan tersebut mengarahkan para pebisnis untuk menggunakan media sosial yang layak untuk usaha dan ajang promosi. Tentunya jangan sampai berlebihan dan juga membahayakan usaha anda. Meskipun bersifat bebas jika salah langkah maka akan ada pihak yang harus bertanggung jawab dan merasa dirugikan.

Jaman sekarang tidak semua orang menggunakan televisi sebagai alat untuk mengetahui berita, namun media sosial terutama ponsel sudah menjadi segalanya untuk bisa mengakses fasilitas lainnya. Salah satu kelebihan ini bisa di manfaatkan untuk usaha. Dimana media sosial bisa mempromosikan usaha dan produk lebih luas dan lebih besar lagi.

Tidak hanya manfaatnya, pahami juga resikonya. dalam berbisnis online, resiko memang pasti ada seperti barang tidak sampai atau mengalami kerusakan. Risiko pembelian online dan mempromosikan barang secara online terkadang suka terkendala karena kualitas barang yang tidak bisa ditentukan.

Adapun beberapa dampak positif dan negative dalam penggunakan media social di tinjau dari segi bisnis.

Dampak Positif

1. Meningkatkan keuntungan dari penjualan produk

Apabila anda sering mempromosikan produk anda melalui iklan atau postingan, maka berpeluang besar untuk mendapatkan trafik pengunjung untuk membeli dan menggunakan produk anda. Pastikan untuk selalu memberikan informasi produk sedetail mungkin untuk meningkatkan kepercayaan customer.

2. Meningkatkan kredibilitas perusahaan atau organisasi

Selanjutnya, kredibilitas perusahaan dapat diukur dari seberapa besar dan banyaknya sebuah perusahaan memberikan layanan dan produk yang berkualitas dan dibutuhkan oleh customer. Dengan memanfaatkan media sosial, anda juga dapat menyusun profil perusahaan untuk membantu produk penjualan dan pemasaran barang atau jasa

3. Menjalin kerja sama bisnis secara luas

Semakin kredibilitas anda meningkat, semakin timbul banyaknya relasi dan jaringan yang terhubung secara cepat melalui aplikasi medsos. Kerja sama, umumnya akan dilakukan dengan diskusi dengan perusahaan terkait.

 

Dampak Negatif

1. Memperkenalkan produk palsu

Yang perlu anda perhatikan adalah informasi produk tersebut apakah memang terbukti asli atau palsu. Anda juga dapat melihat hasil review dari konsumen yang lain.

2. Menimbulkan persaingan yang tidak sehat

Semakin banyak produk yang berada di medsos, semakin besar pula persaingan yang terjadi antar kompetitor bisnis dan dapat menimbulkan persaingan yang tidak sehat pula. Hal tersebut berpotensi terjadi, karena setiap orang secara bebas dapat memberikan komentar dan dapat menimbulkan ujaran yang mengarah pada ancaman, serta pembohongan publik.

3.  Menyebarkan berita atau informasi hoax

Saat ini, semakin banyak informasi yang tersebar secara bebas dan cepat melalui internet. Berita atau artikel yang ditampilkan juga dapat mengandung unsur pembohongan publik apabila anda tidak mengecek atau memverifikasi keaslian konten tersebut.

Dapat disimpulkan dengan penggunaan media social  ada dampak negative dan positifnya. Dampak positif yang dapat kita ambil ialah, kita dapat menjalin hubungan bisnis dengan orang yang jauh atau orang yang berada diluar wilayah kita, kita juga dapat mempromosikan bisnis kita melalui media social agar dapat menarik konsumen yang lebih banyak lagi dan masih banyak lagi hal positif yang dapat kita ambil dalam penggunaan media social. Jadi jangan pernah takut mencoba dan mempelajari suatu hal yang baru agar kita tidak ketinggalan informasi yang dapat membuat kita gagal dalam menjalankan suatu bisnis.

SYAKIRIN  - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhmmadiyah Malang

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun