Mohon tunggu...
Ahmad Syaiful Hadi
Ahmad Syaiful Hadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Cuma manusia biasa yang mencoba mengeluarkan unek-unek dengan tulisan..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengatasi Rendahnya Motivasi Belajar Bahasa pada Remaja: Perspektif Psikologi Perkembangan

22 Juli 2024   22:06 Diperbarui: 22 Juli 2024   22:35 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keluhan "Males belajar bahasa!" kerap terdengar dari siswa remaja, terutama saat mereka memasuki masa Adolescence (remaja). Fenomena ini bukan sekadar ungkapan iseng yang terlontar dari mulut remaja, melainkan masalah yang begitu serius karena dapat menghambat perkembangan akademik dan sosial mereka. Hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) tahun 2018 bahkan menunjukkan bahwa skor literasi membaca siswa Indonesia berada di peringkat 74 dari 79 negara, mengindikasikan adanya permasalahan mendasar dalam pembelajaran bahasa.

Rendahnya motivasi belajar bahasa pada remaja bukanlah hal yang bisa dianggap remeh. Berbagai faktor, mulai dari perubahan hormon hingga pengaruh era digital, turut berkontribusi terhadap permasalahan ini. Dengan memahami akar permasalahan dari hal ini dan menerapkan strategi yang tepat, kita dapat membantu remaja menemukan kembali semangat belajar bahasa mereka.

Psikologi perkembangan menawarkan berbagai pendekatan yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa pada remaja. Artikel ini akan mengulas faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar bahasa pada remaja, dampaknya terhadap perkembangan mereka, serta solusi-solusi yang dapat diterapkan berdasarkan prinsip-prinsip psikologi perkembangan. Mari kita bersama-sama menggali lebih dalam tentang bagaimana kita dapat membantu remaja mengatasi tantangan belajar bahasa dan mengembangkan potensi mereka secara optimal.

Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Bahasa pada Remaja

Beberapa faktor psikologis dan lingkungan dapat menjelaskan mengapa remaja sering kali mengalami kesulitan dalam mempertahankan motivasi belajar bahasa.

  • Perubahan Hormon dan Emosi: Masa remaja ditandai dengan fluktuasi hormon yang signifikan, hal ini dapat mempengaruhi stabilitas emosi dan konsentrasi. Kondisi ini dapat menyebabkan remaja kesulitan dalam mempertahankan fokus dan minat terhadap pembelajaran bahasa.
  • Pencarian Identitas dan Bahasa Gaul: Remaja biasa dikatakan sebagai fase pencarian jati diri, dan bahasa menjadi salah satu sarana ekspresi identitas. Ketertarikan terhadap bahasa gaul sebagai simbol kelompok dapat menggeser minat mereka dari bahasa baku yang diajarkan di sekolah.
  • Perkembangan Berpikir Kritis: Remaja mulai mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, termasuk mempertanyakan aturan-aturan dalam bahasa yang dianggap kaku. Ketidaksesuaian antara kebutuhan berekspresi dengan aturan bahasa yang ketat dapat menimbulkan resistensi terhadap pembelajaran bahasa.
  • Pengaruh Era Digital: Remaja zaman sekarang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan teknologi digital. Hal ini sudah jelas dapat mengurangi minat mereka terhadap aktivitas membaca dan menulis yang esensial dalam pembelajaran bahasa.

Dampak Rendahnya Motivasi Belajar Bahasa.

 Rendahnya motivasi belajar bahasa pada remaja dapat memiliki dampak yang serius pada prestasi akademik mereka. Ketika semangat belajar memudar, partisipasi mereka dalam kelas juga akan menurun, tugas-tugas akan terbengkalai, dan pemahaman terhadap materi menjadi semakin dangkal. Nilai-nilai bahasa yang rendah pun tak dapat terelakkan, mencerminkan minimnya penguasaan terhadap keterampilan berbahasa yang esensial.

Lebih dari sekadar nilai, motivasi yang rendah juga menghambat kemampuan remaha untuk berkomunikasi secara efektif. Kesulitan dalam menyampaikan ide, memahami pesan, dan berpartisipasi dalam diskusi menjadi penghalang dalam interaksi sosial. Dampaknya, perkembangan sosial mereka terhambat, potensi terpendam, dan peluang untuk menggali bakat berbahasa pun terlewatkan.

Tak hanya itu, rendahnya motivasi belajar bahasa juga dapat berdampak jangka panjang. Remaja akan kesulitan memenuhi persyaratan kemampuan bahasa yang ditetapkan oleh institusi pendidikan tinggi maupun dunia kerja. Akibatnya, peluang mereka dalam meraih pendidikan dan pekerjaan yang diinginkan menjadi terbatas. Lebih jauh lagi, rasa frustrasi diri yang muncul dapat mengganggu kesehatan mental mereka, memicu stres, kecemasan, bahkan depresi.

Solusi Berdasarkan Prinsip Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan menawarkan beberapa pendekatan dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa pada remaja:

  • Relevansi dan ketertarikan: Pembelajaran bahasa perlu dikaitkan dengan minat dan hobi remaja. Misalnya, penggunaan lirik lagu atau materi yang berkaitan dengan budaya populer dapat meningkatkan keterlibatan dan kedekatan mereka dalam proses belajar.
  • Pemanfaatan teknologi digital: Integrasikan pembelajaran dengan teknologi digital, seperti kuis interaktif dan permainan edukatif. Hal ini akan membuat pembelajaran mendapat kesan menarik dan menyenangkan.
  • Lingkungan belajar yang positif: Penciptaan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan mendukung dapat mengurangi kecemasan dan meningkatkan partisipasi aktif remaja.
  • Apresiasi dan penghargaan: Pemberian apresiasi dan penghargaan atas usaha dan prestasi, sekecil apapun apresiasi yang diberikan dapat memperkuat motivasi intrinsik remaja dalam pembelajaran bahasa.
  • Modeling: Guru perlu menjadi teladan dalam berbahasa yang baik dan benar. Remaja memiliki sifat meniru perilaku orang yang mereka kagumi, termasuk dalam hal penggunaan bahasa.

Rendahnya motivasi belajar bahasa pada remaja merupakan tantangan kompleks yang memerlukan pendekatan multifaset. Dengan memahami faktor-faktor penyebab dan menerapkan strategi yang sesuai dengan prinsip psikologi perkembangan, kita dapat membantu remaja dalam pengembangan minat dan motivasi yang lebih tinggi mereka dalam belajar bahasa. Kolaborasi antara guru, orang tua, dan pihak sekolah sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung perkembangan bahasa remaja secara optimal.

Referensi:

Fitriani, A., & Marlina, L. (2019). Peningkatan motivasi belajar bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 1-10.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). PISA 2018: Hasil survei internasional tentang literasi membaca, matematika, dan sains siswa Indonesia.

Pintrich, P. R., & Schunk, D. H. (2002). Motivation in education: Theory, research, and applications (3rd ed.). Pearson Education.

Santrock, J. W. (2011). Adolescence (13th ed.). McGraw-Hill.

*NB

Saya Ahmad Syaiful Hadi, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Ahmad Dahlan, dengan nomor induk mahasiswa 2300003008.

Dosen pengampu mata kuliah, Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi

Artikel ini dibuat guna melengkapi nilai mata kuliah perkembangan peserta didik, penulisan dilakukan setelah membaca buku dan artikel terkait masalah yang dibahas. Artikel ditulis sesuai dengan apa yang pernah saya presentasikan di depan kelas, yaitu masa Adolescence (Remaja) karena demi memudahkan pemahaman dan penulisan. Terima kasih untuk Ibu Riana yang telah memberikan ilmunya sehingga saya dapat menulis materi ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun