Mohon tunggu...
Syahrur Ramadhan
Syahrur Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Teknik Informatika

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Dampak Penerapan dari Penggunaan Sistem POS pada Efisiensi dan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dalam Transaksi di Kedai Kopi Semampire

24 Juni 2024   16:36 Diperbarui: 25 Juni 2024   08:41 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
stories instagram @sr_tsalaatsa

                        Di era digital ini, kedai kopi modern tidak hanya mengandalkan cita rasa kopi yang lezat dan suasana yang nyaman untuk menarik pelanggan, tetapi juga mengedepankan efisiensi dan kemudahan dalam proses transaksi. Sehingga agar memudahkan pendataan yang dapat diawasi dan dilakukan pengecekan oleh petugas karir atau pemilik kedai kopi. Proses pendataan yang dilakukan secara manual dapat dilakukan, tetapi proses secara manual tersebut memiliki banyak kekurangan yang nantinya dapat menyebabkan kerugian bagi pemilik kedai kopi, maka dari itu perlu menggunakan sistem POS untuk memudahkan hal tersebut.

            Sistem POS (point of sale) adalah sebuah sistem aplikasi yang diterapkan pada bisnis minimarket ataupun pertokoan untuk menangani pengolahan data transaksi pembelian (purchases), transaksi penjualan eceran (retails), transaksi retur pembelian (purchase returns), dan pelaporan transaksi (reporting) yang secara umum penting dibutuhkan dalam pengambilan keputusan strategik oleh para pebisnis swalayan, organisasi, atau perusahaan yang berskala kecil dan menengah (Sugihartono, Satoto, and Widianto 2015).

            Menurut Kosasi (2015) perancangan sistem aplikasi point of sale dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada konsumen, seperti dalam perhitungan harga dan jumlah barang yang dibeli dapat menjadi lebih cepat dan kuantitas barang tidak lagi bergantung kepada pencatatan manual. Oleh karena itu dalam sebuah perusahaan harus memiliki sistem yang terotomatisasi sehingga akan menjadi lebih efektif dan mengurangi terjadi kesalahan informasi (Marisa and Yuarita 2017).

            Sistem POS (point of sale) adalah sebuah sistem aplikasi yang diterapkan pada bisnis minimarket ataupun pertokoan untuk menangani pengolahan data transaksi pembelian (purchases), transaksi penjualan eceran (retails), transaksi retur pembelian (purchase returns), dan pelaporan transaksi (reporting) yang secara umum penting dibutuhkan dalam pengambilan strategik oleh para pebisnis swalayan, organisasi, atau perusahaan yang berskala kecil dan menengah (Sugihartono, Satoto, and Widianto 2015). Setiap POS terdiri dari hardware berupa (Terminal/PC, Receipt Printer, Cash Drawer, Terminal pembayaran, Barcode Scanner) dan software berupa (Inventory Management, Pelaporan, Purchasing, Customer Management, Standar Keamanan Transaksi, Return Processing) dimana kedua komponen tersebut digunakan untuk setiap proses transaksi. Point of sales dapat berupa sebuah checkout counters dalam sebuah toko atau tempat usaha dimana transaksi penjualan terjadi (Loardy, Bunawan, and Hartono 2010).

            Berdasarkan penjelasan diatas menjelaskan bahwa penggunaan sistem point of sale (POS) adalah untuk membantu dalam mengelola proses transaksi, pendataan barang, manajemen pengguna serta pembuatan laporan yang akurat sehingga memberikan manfaat yang baik untuk pemilik kedai kopi atau pemilik usaha lainnya dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan bisnisnya.

            Dengan integrasi teknologi yang tepat, POS tidak hanya mengelola transaksi pembayaran tetapi juga mengoptimalkan berbagai aspek bisnis dari segi manajemen stok hingga analisis penjualan. Artikel ini akan membahas mengapa POS penting untuk sebuah kedai kopi dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan efisiensi serta pengalaman pelanggan.

            Berdasarkan wawancara di salah satu tempat kopi di jakarta selataan bernama semampire yang mana sudah menggunakan sistem POS untuk pembayaran berikut point -- point yang didapatkan :

1. Manajemen Transaksi yang Efisien

            POS memfasilitasi transaksi pembayaran dengan cepat dan akurat. Dengan mengotomatiskan perhitungan harga dan pajak, POS mengurangi risiko kesalahan manusia dan memungkinkan barista untuk fokus pada pelayanan pelanggan. Hal ini penting terutama saat volume pelanggan tinggi di pagi hari atau selama jam sibuk lainnya.

2. Analisis Penjualan dan Pelanggan

            Data yang dikumpulkan oleh sistem POS dapat memberikan wawasan berharga tentang perilaku pembelian pelanggan. Analisis ini dapat mencakup pola pembelian harian, produk yang paling laku, dan preferensi pelanggan. Dengan informasi ini, kedai kopi dapat mengadaptasi menu, menetapkan strategi harga, dan mengembangkan promosi yang lebih efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun