Mohon tunggu...
Syahrul Gunawan
Syahrul Gunawan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Sain dan Teknologi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Cara Setting Throttle Position (TP) Sensor pada Sepeda Motor Honda

23 April 2021   06:35 Diperbarui: 23 April 2021   06:42 4915
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Setting Throttle Position (TP)

Kapan ???

Setting throttle postion (TP) dilakukan apabila ada kerusakan atau kode eror pada sensor yang sejenis dengan TPS, dan dilakukan bila salah satu part yang diganti baru atau dibongkar misalnya yaitu throttle body, injector, sensor O2, pompa bahan bakar/saringan bahan bakar, cylinder head/valve/valve seat, piston/ring piston, dan lain -- lain.

Jadi setting throttle position (TP) bertujuan agar menstabilkan putaran stasioner mesin dan merifresh kembali ECM dari kerusakan yang telah terbaca oleh sensor maupun aktuator.

Berikut adalah cara menyeting throttle position (TP) : 

  • Sebelum mulai mereset atau setting TP, pastikan kunci kontak pada posisi ke OFF.

  • Kemudian sambungkan DLC dengan menggunakan SCS connector. (tentu letak DLC nya berbeda tergantung tipe motornya)

                                                                                                                      

          Buka tutup DLC

                                                                                                                      

Dok. pribadi
Dok. pribadi

                  Siapkan SCS connector

         

Dok. pribadi
Dok. pribadi
                      Kemudian jumper DLC dengan SCS connector

              

Dok. pribadi
Dok. pribadi
  • Setelah itu lepaskan konektor atau soket 2P sensor EOT/ECT, lalu hubung singkatkan (jumper) terminal konektor dengan menggunkan kabel jumper, misal kawat atau sejenisnya.

                       Cabut sensor tersebut (tentunya letak sensor EOT/ECT berbeda tergantung tipe motornya)

                             

Dok. pribadi
Dok. pribadi
                      Kemudian jumper dengan kawat, dan pastikan kawat tidak berkarat

                          

Dok. pribadi
Dok. pribadi
  • Putar kunci kontak ON, setelah itu lepaskan kabel jumper (1) dari konektor 2p sensor EOT/ECT. (2) saat mil berkededip (pola penerimaan reset selama 10 detik).

                    EOT (Motor tanpa air radiator)                        

                    ECT (Motor yang menggunakan air radiator)

  • Lampu Indikator MIL seharusnya berkedip cepat setelah kabel jumper dilepas, jika lampu indikator MIL tetap menyala berarti setting TP tidak berhasil. Mungkin karena (langkah jumper lebih dari 10 detik), maka ulangi langkah ke (2).
  • Putar kunci kontak ke OFF, lalu lepaskan SCS connector dari DLC dan hubungkan konektor 2P ke sensor EOT/ECT.
  • Setelah proses setting TP selesai dilakukan, kemudian periksa putaran setasioner mesin.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun