Lanskap pendidikan Indonesia telah mengalami perubahan dramatis dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan diperkenalkannya proses seleksi guru melalui PPPK. Meskipun kebijakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan berkualitas menjadi identik dengan sekolah negeri, namun secara tidak sengaja menciptakan tantangan baru yang harus dihadapi oleh institusi swasta. Eksodus guru berkualitas dari sekolah swasta ke sekolah negeri telah mengganggu keseimbangan ekosistem pendidikan Indonesia dan memerlukan penilaian ulang yang mendesak terhadap kebijakan saat ini.
Proses seleksi PPPK, yang ditujukan untuk merekrut guru berkualitas tinggi di sekolah negeri, telah membawa perubahan positif bagi sektor pendidikan pemerintah. Ini memberikan kesempatan kepada para pendidik untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil dengan tunjangan dan prospek karir yang lebih baik. Di sisi lain, upaya yang sangat terpuji untuk memperkuat pendidikan negeri ini telah menjadi cukup mahal bagi sekolah swasta, terutama yang dikelola oleh yayasan yang telah lama menjadi tonggak dalam menyediakan pendidikan berkualitas bagi komunitas mereka.
Sekolah swasta, terutama yang dibangun oleh yayasan terkenal, selalu memainkan peran penting dalam sistem pendidikan Indonesia. Mereka sering kali mengambil posisi terdepan dalam penerapan inovasi pendidikan dan terus menyediakan pendidikan berkualitas bagi generasi lulusan berprestasi. Oleh karena itu, mereka telah berinvestasi besar dalam staf pengajar mereka untuk pengembangan bakat dan lingkungan pendidikan khusus yang melengkapi sistem sekolah negeri.
Namun, kebijakan PPPK saat ini telah menyebabkan terjadinya brain drain yang tidak disengaja dari sekolah swasta ke sekolah negeri. Karena guru-guru terbaik dari institusi swasta yang lolos seleksi PPPK mereka harus pindah ke sekolah negeri, sehingga meninggalkan pemberi kerja sebelumnya dalam kesulitan untuk mengisi kekosongan. Kepergian mendadak guru-guru berpengalaman ini mengganggu kontinuitas di sekolah swasta karena kualitas pengajaran terpengaruh, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa.
Hal ini, ditambah dengan fakta bahwa waktu perpindahan bertepatan dengan tahun akademik yang sedang berlangsung, meningkatkan tingkat gangguan. Sekolah swasta ditinggalkan tergesa-gesa mencari pengganti, terkadang di tengah semester, yang merugikan kemajuan pendidikan siswa dan kinerja sekolah secara keseluruhan. Situasi seperti ini bahkan lebih berbahaya bagi sekolah swasta kecil atau yang berlokasi terpencil, di mana mendapatkan pengganti yang berkualitas dalam waktu singkat bahkan lebih sulit.
Ironinya sangat jelas di sini. Meskipun niat pemerintah untuk meningkatkan level pendidikan negeri memang terpuji, pendekatan saat ini cenderung melemahkan salah satu lengan terpenting sistem pendidikan - sekolah swasta - dengan konsekuensi potensial pada kualitas pendidikan secara keseluruhan di negara ini. Ini menciptakan permainan zero-sum di mana keuntungan sekolah negeri harus menjadi kerugian sekolah swasta, alih-alih mengangkat sistem pendidikan secara keseluruhan.
Solusinya adalah pemerintah harus meninjau kembali arah kebijakannya. Harus dipertimbangkan tindakan penyeimbang yang akan bermanfaat tidak hanya bagi sektor pendidikan negeri tetapi juga swasta. Salah satu solusi yang mungkin adalah mengizinkan mereka yang lulus seleksi PPPK untuk tetap di posisi mereka saat ini di sekolah swasta dan dipekerjakan oleh pemerintah. Ini bisa dalam bentuk penugasan atau status "diperbantukan", yang bisa memastikan manfaat berikut:
1. Retensi talenta: Sekolah swasta akan mempertahankan guru-guru terbaik mereka, memastikan kontinuitas dalam program pendidikan mereka dan jaminan kualitas dalam pendidikan yang mereka berikan.
2. Kesejahteraan guru: Kandidat yang berhasil dalam PPPK tetap akan menikmati gaji dan tunjangan yang lebih baik terkait dengan pekerjaan pemerintah, terlepas dari tempat praktik mereka.
3. Penerapan yang lebih luas: Investasi pemerintah dalam kualitas guru akan mencakup persentase populasi yang jauh lebih luas daripada hanya siswa yang bersekolah di sekolah negeri.
4. Fleksibilitas: Sistem ini memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam penempatan guru dan mungkin dapat menyelesaikan kekurangan di sektor negeri dan swasta secara lebih efektif.