Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Guru, Pilar Utama Pengenalan Lingkungan Sekolah

10 Juli 2024   00:01 Diperbarui: 11 Juli 2024   03:26 504
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi-- Siswa SDN Wonokusumo VI saat mengikuti MPLS (Kompas.com/Andhi Dwi)

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan momen krusial bagi siswa baru untuk memulai perjalanan pendidikan mereka. Dalam proses ini, pemilihan narasumber yang tepat menjadi kunci keberhasilan program. 

Meskipun banyak pihak dapat berkontribusi, guru sekolah memegang peran vital sebagai narasumber utama MPLS. Artikel ini akan mengupas mengapa guru harus menjadi pilihan pertama sebagai narasumber dalam kegiatan ini.

Pertama, guru adalah individu yang paling memahami seluk-beluk kehidupan sekolah. Mereka menghirup udara yang sama dengan siswa setiap hari, mengenal setiap sudut gedung, dan memahami ritme kehidupan akademik. 

Pengetahuan mendalam ini memungkinkan mereka untuk memberikan gambaran yang akurat dan komprehensif tentang apa yang akan dihadapi siswa baru. Dari jadwal harian hingga peraturan sekolah, dari kegiatan ekstrakurikuler hingga tradisi tahunan, guru dapat menyampaikan informasi dengan detail dan presisi yang sulit ditandingi oleh narasumber lain.

Kedua, guru memiliki pemahaman mendalam tentang kurikulum dan ekspektasi akademik. Mereka dapat menjelaskan dengan jelas apa yang diharapkan dari siswa dalam hal prestasi akademik, perilaku di kelas, dan partisipasi dalam kegiatan sekolah. 

Informasi ini sangat penting bagi siswa baru untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan akademik yang akan mereka hadapi. Guru juga dapat memberikan tips dan strategi untuk sukses di sekolah, berdasarkan pengalaman mereka mengajar berbagai jenis siswa.

Ketiga, guru adalah figur yang akan berinteraksi langsung dengan siswa sehari-hari. Membangun hubungan awal yang positif antara guru dan siswa selama MPLS dapat menciptakan fondasi yang kuat untuk interaksi di masa depan. 

Siswa yang merasa nyaman dengan guru mereka cenderung lebih terbuka untuk bertanya, mencari bantuan, dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Ini dapat memiliki dampak signifikan pada kesuksesan akademik dan perkembangan pribadi siswa.

Dokumen https://www.sman2jogja.sch.id
Dokumen https://www.sman2jogja.sch.id

Keempat, guru memahami kultur dan nilai-nilai sekolah dengan baik. Mereka tidak hanya dapat menjelaskan aturan tertulis, tetapi juga norma-norma tidak tertulis yang membentuk budaya sekolah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun