Mohon tunggu...
Syahrial
Syahrial Mohon Tunggu... Guru - Guru Madya

Belajar dari menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Eksplorasi Keingintahuan Siswa di Luar Jam Pelajaran: Tanda Motivasi Belajar yang Tinggi

29 Oktober 2023   00:01 Diperbarui: 29 Oktober 2023   00:07 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Tanya, cari, temukan: langkah pertama menuju pencerahan."

Sekolah, sebuah tempat di mana generasi muda belajar, tumbuh, dan mengembangkan pemahaman mereka tentang dunia yang kompleks ini. Bagi sebagian besar siswa, proses belajar ini terjadi di dalam kelas, dalam waktu yang telah ditentukan oleh jadwal sekolah mereka. Namun, ada sekelompok siswa yang berbeda. Mereka memiliki ciri-ciri yang menonjol, ciri-ciri yang menunjukkan motivasi belajar yang tinggi. Salah satu tanda khas dari siswa-siswa ini adalah keinginan mereka untuk bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran.

Bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran bukanlah hal yang umum. Ini menunjukkan bahwa siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap materi pelajaran dan ingin memahaminya lebih lanjut. Siswa-siswa ini mungkin merasa bahwa materi yang diajarkan di kelas belum cukup untuk memuaskan kehausan mereka akan pengetahuan. Sebagai hasilnya, mereka mencari jawaban dan pemahaman lebih dalam, dan mereka melakukan ini dengan bertanya kepada guru, teman-teman, atau bahkan dengan mencari informasi sendiri.

Ada beberapa alasan mengapa siswa bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran. Pertama-tama, siswa mungkin merasa kesulitan memahami materi pelajaran yang diajarkan di kelas. Setiap siswa memiliki tingkat pemahaman yang berbeda, dan materi yang mungkin mudah bagi satu siswa bisa menjadi tantangan bagi siswa lain. Ketika siswa merasa kesulitan, mereka mencari jawaban dan bantuan tambahan dengan bertanya kepada guru atau teman-teman mereka.

Selain itu, beberapa siswa memiliki minat yang tinggi terhadap suatu materi pelajaran tertentu. Mereka tidak hanya puas dengan apa yang diajarkan di kelas, tetapi mereka ingin menggali lebih dalam. Ini adalah indikasi kuat bahwa siswa tersebut memiliki motivasi belajar yang tinggi. Mereka tidak hanya belajar karena tuntutan sekolah, tetapi karena keinginan untuk tumbuh dan berkembang dalam bidang yang mereka cintai.

Ada juga situasi di mana siswa ingin mempersiapkan diri untuk ujian atau tes. Semua orang tahu pentingnya ujian dalam menilai pemahaman dan pengetahuan siswa. Siswa yang memiliki ambisi untuk meraih hasil yang baik akan melakukan segala yang mereka bisa untuk mempersiapkan diri dengan baik. Bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran adalah salah satu cara yang efektif untuk memastikan bahwa mereka siap menghadapi ujian dengan percaya diri.

Oleh karena itu, siswa yang bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran dapat dikatakan memiliki motivasi belajar yang tinggi. Mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki minat dan keinginan untuk belajar, serta berusaha untuk memahami materi pelajaran dengan sebaik-baiknya. Ini adalah sikap yang patut diapresiasi dan diberikan dukungan.

Bagaimana guru dan pendidik dapat mendukung siswa-siswa ini agar tetap termotivasi dan bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran? Ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Pertama, guru harus menciptakan suasana belajar yang kondusif dan terbuka bagi siswa untuk bertanya. Siswa perlu merasa nyaman untuk mengajukan pertanyaan tanpa takut dicemooh atau diabaikan. Ini adalah tanggung jawab guru untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan rasa ingin tahu siswa.

Selanjutnya, guru harus menjelaskan materi pelajaran dengan jelas dan ringkas. Tidak semua siswa memiliki pemahaman yang sama terhadap materi yang diajarkan. Jika ada siswa yang tidak memahami, guru harus bersedia memberikan penjelasan lebih lanjut. Ini penting untuk memastikan bahwa tidak ada siswa yang tertinggal.

Selain itu, guru dapat mendorong siswa untuk mencari informasi lebih lanjut. Di era digital ini, ada begitu banyak sumber informasi yang tersedia. Guru dapat mendorong siswa untuk mencari jawaban mereka sendiri melalui buku, internet, atau bertanya kepada teman-teman mereka. Ini tidak hanya akan memperluas pengetahuan mereka tetapi juga mengajarkan mereka keterampilan penelitian yang berharga.

Sumber daya pendidikan tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, guru dapat membantu siswa untuk mengembangkan motivasi belajar mereka, termasuk dengan meningkatkan rasa ingin tahu dan keinginan mereka untuk bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran.

Penting untuk memahami bahwa siswa yang bertanya tentang pelajaran di luar jam pelajaran adalah aset berharga dalam dunia pendidikan. Mereka adalah bukti hidup dari motivasi belajar yang tinggi dan hasrat untuk memahami dunia di sekitar mereka. Guru, sekolah, dan sistem pendidikan secara keseluruhan harus mendukung dan menghargai siswa-siswa ini, karena mereka adalah generasi yang akan membentuk masa depan kita.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun