Kemajuan dunia teknologi yang sangat pesat dalam informasi menuntut para pengusaha untuk dapat memahami serta memanfaatkannya dalam kegiatan bisnis untuk meningkatkan kekuatan dalam bersaing.Â
Dengan berkembangnya teknologi, saat ini banyak usaha kuliner menggunakan proses penjualan secara online. Dengan adanya proses ini, kinerja pernjualan usaha kuliner meningkat. Saat ini proses ini terus dikembangkan.Â
Banyak orang yang memilih memesan online karena prosesnya mudah dan mereka hanya perlu menggunakan internet dan smartphone untuk melakukan pesanan. Namun belum semua UMKM menerapkan sistem penjualan secara Online, salah satunya adalah UMKM Pecel Lele Cak Sony.Â
Melihat hal tersebut, kami Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan KPN (Kuliah Peduli Negeri)yang bertujuan membantu UMKM Pecel Lele Cak Sony agar mampu bersaing di Era yang serba Digital saat ini.
Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara offline di lokasi UMKM Pecel Lele Cak Sony Pinang Kota Tangerang pada tanggal 21 Mei 2022, kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana bersama dengan pemilik UMKM. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, kami disambut dengan baik oleh pemilik UMKM.
Kunjungan untuk yang pertama kalinya adalah di rumah pemilik UMKM, dimana salah satu anggota kelompok melakukan wawancara terlebih dahulu dengan pemilik UMKM, menanyakan beberapa pertanyaan mengenai kondisi saat itu UMKM Pecel Lele Cak Sony. Daftar pertanyaan sudah dibuat sebelumnya berdasarkan kesepakatan bersama.Â
Setelah mendapatkan jawaban langsung dari pemilik UMKM, perancang dan tim menetapkan strategi khususnya pemasaran terhadap UMKM Pecel Lele Cak Sony. Selama wawancara berlangsung, pemilik UMKM dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik.
Setelah wawancara selesai dilakukan, masih dihari yang sama kami melakukan observasi ketempat UMKM Pecel Lele Cak Sony yang lokasinya tidak jauh dari rumah pemilik UMKM.