Mohon tunggu...
Syahirul Alim
Syahirul Alim Mohon Tunggu... Penulis - Penulis Lepas, Penceramah, dan Akademisi

Penulis lepas, Pemerhati Masalah Sosial-Politik-Agama, Tinggal di Tangerang Selatan

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Artikel Utama

Kepuasan Haji 2018 Meningkat, Masih Saja Ada Kekurangan

26 November 2018   16:38 Diperbarui: 27 November 2018   03:16 1650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sejumlah jemaah haji asal Kabupaten Banjarnegara melakukan sujut syukur saat tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Kamis (7/9/2018). Sebanyak 359 jemaah Haji kloter pertama asal Kabupaten Banjarnegara tiba di tanah air. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sejauh ini, peningkatan berbagai hal dari sisi pelayanan bagi jamaah haji Indonesia memang senantiasa mengalami kemajuan. Pada tahun 2018 ini, BPS merilis angka kepuasan mencapai 85,23 persen, suatu capaian yang sangat memuaskan dari sisi pelayanan dan juga keselamatan para jamaah haji Indonesia. 

Perolehan angka ini tentu saja menunjukkan, betapa pihak pemerintah---terutama Kemenag---serius dalam memperbaiki dan meningkatan pelayanan ibadah haji, terutama setelah dana haji dikelola secara profesional oleh BPKH tidak lagi berada dibawah kewenangan Kemenag. Tidak hanya itu, keutamaan pelayanan para calon tamu Allah memang selalu diutamakan, sejak dari sebelum keberangkatan, hingga selama mereka berada di Tanah Suci.

Sebelum prosesi keberangkatan, para jamaah haji terlebih dahulu harus mendapatkan pernyataan kesehatan secara menyeluruh dan itu harus dibuktikan oleh hasil medical checkup lengkap, dari mulai pemeriksaan darah, paru-paru, jantung, dan lainnya. Tanpa bukti ini, sistem tak akan memberikan persetujuan bagi jamaah yang akan melunasi biaya ibadah hajinya. 

Walaupun saya kira, tak diberlakukannya sistem satu atap bagi pemeriksaan kesehatan (istitho'ah haji), cukup membuat setiap jamaah kerepotan karena harus bolak-balik membawa hasil medisnya ke Puskesmas yang ditunjuk oleh pemerintah. Terlebih bagi jamaah haji mandiri (non-KBIH) yang mungkin saja harus benar-benar mandiri mengetahui beragam informasi menyangkut soal perjalanan ibadah haji.

Pelayanan yang cukup memuaskan adalah pelaksanaan manasik haji yang sudah sejak beberapa tahun lalu diserahkan kepada KUA. Setiap jamaah haji dibekali pengetahuan ibadah dan bagaimana berbagi pengalaman mengenai tata cara pelaksanaan haji yang baik dan benar. 

Tak kurang dari sepuluh kali pertemuan sebelum keberangkatan, KUA benar-benar berbagi pengalamannya soal tata cara ibadah haji dengan para calon jamaah. Layanan diberikan tak hanya soal manasik, namun juga terkait informasi lainnya, seperti kesehatan yang harus menjadi pedoman para jamaah haji. 

Bagi saya, sepuluh kali pertemuan yang diselenggarakan sejak pagi hingga sore hari setiap minggunya, dirasa cukup menjadi bekal para jamaah agar siap untuk beribadah.

Saya sendiri merasakan, dimana hampir seluruh pelayanan bagi jamaah haji pada tahun 2018 ini memang dapat dikatakan hampir mencapai kesempurnaan. Saya sebagai jamaah haji yang berangkat tahun 2018, tentu saja sangat menikmati berbagai pelayanan yang cukup dari pemerintah, baik sebelum keberangkatan dan selama tinggal di Arab Saudi. 

Salah satu layanan terobosan barangkali soal sistem terpadu pemeriksaan sidik jari yang dilakukan di dalam negeri, sehingga para jamaah tidak lagi menumpuk di bandara tujuan untuk sekadar pemeriksaan jati diri yang seringkali rumit. Bandara Soeta telah dilengkapi jalur khusus untuk jamaah haji Indonesia yang memang diisi oleh petugas bandara yang didatangkan langsung dari Arab Saudi.

Kerjasama yang terbaik memang tampak antara pemerintah Arab Saudi dan pemerintah Indonesia, bahkan selama para jamaah berada di Mekah maupun Madinah. Selama berada di Mekah dan Madinah, hampir para jamaah mendapatkan pelayanan terbaik soal makanan. 

Tak kurang dari 40 kali di Mekah dan 18 kali makan di Madinah, seluruh jamaah haji terlayani bahkan hampir-hampir tak pernah terlambat soal distribusi makanan yang dikelola katering yang ditunjuk pemerintah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun