Mohon tunggu...
Lyfe

Selangkah Lebih Maju, Ayo Berproses

18 Januari 2018   06:25 Diperbarui: 18 Januari 2018   09:11 564
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Hai, disini saya akan menceritakan pengalaman saya tentang salah satu tahap yang saya lewati sebagai syarat untuk masuk dan bergabung di  organisasi KELUARGA MAHASISWA FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS HASANUDDIN atau biasa disebut KEMAFAR-UH yaitu PRARESEP dan RESEP. Oke, kita mulai dari motivasi saya untuk bergabung di KEMAFAR-UH, sekedar informasi saya bergabung di organisasi tersebut pada awalnya saya hanya ikut-ikutan, tetapi seiring berjalannya waktu saya menemukan tujuan saya, yaitu ingin masuk di salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa atau biasa disebut UKM. Saya tertarik dengan salah satu UKMnya.

Dan menurut saya, saya tidak akan rugi jika saya ikut berproses dalam KEMAFAR-UH, karena saat ini saya sudah merasakan dampak dari pembinaan. Menurut saya ini sangat bermanfaat bagi kami yang masih mahasiswa baru. Dengan adanya pembinaan ini kami bisa lebih mengenal, lebih akrab, dan lebih solid dengan teman angkatan kami. Kami diajarkan untuk sama rata, satu rasa guna menguatkan solidaritas kami sebagai sebuah angkatan. Oke cukup basa-basinya kita beralih pokok utama yaitu pengalaman saya saat berproses di RESEP, tapi saya akan membahas pengalaman saya sebelum atau mempersiap diri untuk ikut RESEP, yaitu PRARESEP.

Menurut saya ini merupakan pengalaman paling berkesan buat saya karena kami lebih dari 2 bulan dibina bersama semuanya dilakukan. Yang masih teringat  pada awal pembinaan, yaitu hari sabtu kami di sur7h untuk memakai atribute inilah, itulah banyak tapi pada awalnya semuanya itu di tanggung oleh perangkat angkatan, dan yang masih saya ingat sampai sekarang kamikan pesan baju seragam dan asal kalian tau bajunya itu tiba saat hari H-nya, bisa kebayangkan bagaimana 0anik.

Terburuh-buruhnya kami karena itu merupakan kali pertama kami pembinaan dan yang paling kesalnya itu pada hari itu juga adalah batas pengumpulan laporan lengkap, dan kalian mau tau laporan saya belum di ACC oleh koordinator asisten, pada awalnya ada pemberitahuan tentang pengumpulan laporan lengkap saya kurang gerak cepat akhirnya saya kena marah dan saya juga masuk dibarisan yang bermasalah yaitu terlambat kumpul laporan lengkap. Pada saat itu saya kembali ke fakultas untuk melanjutkan pembinaan hingga selesai. Dan saat pulang kami dikumpul lagi di ruang asisten laboratorium, dimarahi lagi dan terancam tidak ikut ujian aktif, saya cuma bisa berdoa saat itu, dan karena masalah itu kami membuat grup chat yang nama grupnya "grup 21" karena jumlah kami yang ganjil 21.

Pengalaman berkesan selanjutnya itu saat kami binjas keliling kampus, ini kali pertama saya binjas keliling kampus, kami seangkatan binjas keliling kampus dan pada pertengahan kami harus lewat di jalan terapi, kalian tau? Ituloh yang terdapat batu krikil dan kita harus lewat diatasnya, rasanya lumayan, lumayan sakit. Yang bisa saya petik hikmahnya yaitu binjas memang capek tetapi semua itu terbayar dengan kebersamaan kami, kami capek tapi kami bahagia.

Yang berkesan selanjutnya itu saat pertama kai meminum scooty original. Saat kecil saya memang selalu minum scooty, tetapi yang memakai perasa jeruk. Dan ini kali pertama saya minum scooty original, dari baunya saja hmm, dan rasanya saja hmm, memacu diri saya untuk muntah. Baunya sangatlah amis, rasanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tapi yang bisa saya ambil dalam minum scooty ini, selain sehat saya juga bisa melihat ekspresi teman saya yang juga meminumnya, sangat lucu apa lagi jika ada teman saya yang muntah.

Setelah minum scooty kita sarapan. Ini merupakan salah satu yang paling saya suka, mengapa? Karena disini kami bisa makan bersama berbagi roti, kami para lelaki selalu kelebihan makanan sebab kami ada tim pembersih, maksudnya itu jika ada teman kami yang tidak bisa menghabiskan makanannya, kamilah yang menghabiskan. Akan sangat menyenangkan bila itu adalah sebuah kebersamaan.

Yang berkesan selanjutnya yaitu set, banyak teman saya yang baru mengenal set dan belum terbiasa, tetapi itu tidak berlaku bagi saya. Sejak saya SMP saya sudah mengenal apa itu set, dan set saya saat SMP hampir sama dengan set saya di farmasi ini, jadi jika kami di set, saya sudah terbiasa walaupun tetap capek.

Disini saya bisa mengambil nilai kebersamaan dan memang tujuan dari pembinaan ini yaitu ingin membangun kebersamaan. Lagi-lagi walaupun capek di set, tetapi jika kita mengerjakannya bersama maka akan terasa agak ringan sedikit karena kita sama sama berjuang, lagi pula esensi dari set yaitu memberikan efek jera kepada kami agar kami menaati peraturan dan lebih disiplin lagi. Yang paling saya suka dalam pembinaan itu saat ada games nya lalu jika games selesai ada pengurangan set, itu hal sederhana tetapi untuk kami para mahasiswa baru itu merupakan suatu hal yang besar, karena capek jika di set terus.

Pengamalan selanjutnya itu sosialisasi, jujur pada awalnya saya paling malas untuk acara-acara begini, dan pada awalnya yang kami sosialisasikan itu punya ketentuan tentang angkatan ini harus berjumlah ini, saya menganggap ini hal yang tidak saya suka, tetapi ternyata banyak hal yang saya dapat dari sosialisasi ini jadi saya tetap menjalankannya dan merubah mindset saya tentang sosialisasi. Selanjutnya itu tentang matrikulasi awal. Saya termasuk orang yang terlambat matrikulasi karena saya karena sesuatu dan lain hal, tetapi saya diarahkan oleh kakak mentor saya agar cepat menyusul. Jadi besoknya saya matrikulasi berdua dengan teman gb saya.

Saat matrikulasi saya mendapat kakak sc itu kak aton, saya diwawancarai tentang banyak hal, inilah itulah hingga tak terasa sampai petang, walaupun mulainya sore sih.  Dan saat pengumuman kelulusan itu dalam gb saya cuman dua orang yang lulus matrikulasi, dan yang paling bergembiranya saya lulus matrikulasi sungguh sesuai harapan. Disini saya mau berbagi sedikit tips yang menurut saya baik digunakan saat wawancara. Pertama jika saat wawancara tatap matanya, dan usahakan jangan ada keraguan saat kalian menjawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun