Mohon tunggu...
Ahmad Syafin
Ahmad Syafin Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Riset Keyword Menemukan Kata Kunci Terbaik Secara SEO

8 Juni 2016   12:04 Diperbarui: 8 Juni 2016   12:13 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Cara Riset Keyword

Hati-hati, banyak yang MENYESAL

Karena salah memilih kata kunci di awal

Banyak Sekali pemilik website yang sudah membangun websitenya, membuat banyak konten, mempromosikan websitenya, tapi websitenya masih sepi. Padahal sudah peringkat 1 di google.

Ya, sudah peringkat 1 di google tapi websitenya masih SEPI!

Semuanya karena jebakan yang sudah diajarkan secara turun-temurun dari dulu. Menggunakan keyword planner untuk mencari kata kunci dengan pengunjung terbanyak. Kalau Anda membaca banyak website yang mengajarkan mencari keyword dengan pengujung terbanyak lewat keywordplanner, itu ajaran sesat, sebaiknya jangan lagi Anda ikuti.

Tujuan menggunakan keyword planner adalah mencari Pengunjung yang TEPAT sehingga keyword yang Anda targetkan seharusnya benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan Anda.

Jadi, mulai sekarang rubahlah mindset Anda dalam cara riser kata kunci.

Pahami dulu TUJUAN PENGUNJUNG Anda

Coba perhatikan beberapa keyword di bawah ini:

1 . “handphone asus”

2 . “beli handphone asus”

3 . “handphone asus terbaik di bawah 2 jutaan”

Menurut Anda, apakah tujuan pencarian tiap keyword tersebut?

Kira-kira seperti ini:

1 . handphone asus: ingin mengetahui berbagai jenis handphone dari website resmi ASUS

2 . beli handphone asus: ingin membeli handphone ASUS

3 . handphone asus terbaik di bawah 2 jutaan: ingin mencari rekomendasi handphone ASUS berdasarkan budget

Bagaimana? Masuk akal bukan? Selanjutnya akan diajarkan bagaimana cara mengenali tujuan pencarian dari setiap keyword yang ditawarkan oleh keyword planner.-cara riset keyword-

Tujuan pengunjung dan konten yang cocok

Dengan mengetahui maksud tujuan pengujung, kita dapat membuat konten yang cocok dengan keinginan mereka. Dan begitulah cara kerja google saat ini. Google mengetahui bahwa pencari website yang memakai keyword “beli handpone asus” sudah dipastikan ingin membeli. Maka halaman produk dari jualan online tentu akan mendapatkan peringkat yang bagus. Lalu, untuk konten yang berisi artikel sangat mustahil untuk mendapatkan peringkat pertama google.

Lalu, keyword “handphone asus” bagaimana?

Kata kunci ini digunakan oleh pencari website resmi dari ASUS. Tentu saja Google akan menempatkan website resmi di halaman pertama. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari kata kunci ini karena akan sulit untuk menyaingi website resmi asus.-cara riset keyword-

4 JENIS KEYWORD

1 . Keyword Informasi

Keyword jenis ini merupakan keyword yang digunakan oleh orang yang ingin mencari informasi dengan cepat. Maka konten yang diharapkan adalah konten berupa informasi. Konten dengan keyword semacam ini banyak bertebatan di internet.

Tetapi, tahukah Anda kalau sekarang Google seringkali memberikan jawaban langsung untuk keyword informasi. Seperti dibawah ini.

cara riset keyword (dokpri)
cara riset keyword (dokpri)
jawaban-langsung-google-2 (dokpri)
jawaban-langsung-google-2 (dokpri)
jawaban-langsung-google-3 (dokpri)
jawaban-langsung-google-3 (dokpri)
Google menyebutnya sebagai quick answer box.

Fitur google ini membuat pengunjung menurun, karena orang yang mencari keyword tersebut sudah langsung mendapatkan informasi yang diinginkannya tanpa membuka website manapun.

Sebaiknya Anda memilih-milih untuk membuat konten dengan keyword seperti ini, karena volume pencariannya yang besar bukan berarti menghasilkan banyak trafik. -cara riset keyword-

2 . Keyword Cari Website Resmi

Pencari keyword ini biasanya langsung mengunjungi website resminya, oleh karena itu website lain yang bukan website resmi dari keyword yang dimaksud tidak mendapatkan klik/ pengunjung.

Misalkan saja: “Lion Air”, “login twitter”, “detik”

3 . Keyword Review Produk

Sebelum membeli suatu produk, adakalanya kita searching dulu info nya di Google. Apalagi produk tersebut harganya mahal, biasanya kita ingin menimbang harga dan mencari dulu perbandingannya di mesin pencari.

Keyword ini contohnya: “android di bawah 1 jutaan”, tempat kursus makeup di depok”, “mesin ukm terbaik di Indonesia”.

Walaupun pencari keyword belum tentu membeli saat itu juga, setidaknya mereka sudah tertarik dengan produknya. Maka ciptakanlah konten yang dapat menimbulkan keyakinan mereka untuk melakukan pembelian.

Keyword jenis ini mempunyai  potensi yang besar dalam menarik pembelian. Jika Anda menjual produk, maka carilah keyword review produk seperti ini sebanyak-banyaknya, terutama yang sesuai dengan bisnis milik Anda.

4 . Keyword kebelet beli

Keyword ini biasanya persaingannya sangat tinggi. Karena pencari keyword yang menggunakan kata kunci ini adalah orang-orang yang sudah siap membeli produk/ jasa

Misalkan saja: “beli sandal gunung online”, “jual celana renang murah”, “airsoft gun bekas murah”.

Seperti yang sudah dibahas diatas, keyword dengan jenis ini persaingannya sangat tinggi, selain itu volumenya biasanya sedikit. Tetapi, keyword ini mempunyai konversi yang sangaat bagus. Oleh karena itu Anda wajib mempunyai keyword semacam ini. Tinggal Anda mempelajari strategi keyword

STRATEGI MEMBUAT KONTEN BERDASARKAN KEYWORD

“keyword jenis apa sih yang harus kita gunakan?”

Sebenarnya jenis yang digunakan ada 3 yaitu: Keyword Informasi, Keyword review produk dan keyword kebelet beli. Nah untuk perbandingannya kira2 begini

Informasi : review : beli = 5 : 3 : 1

Mengapa konten keyword kebelet beli lebih sedikit? Karena jika konten ini diperbanyak maka kualitas konten kita menjadi buruk. Pengunjung website Anda tidak mendapatkan informasi yang diingikan. Ditambah lagi sulit mendapatkan peringkat bagus karena google menganggap konten Anda tipis.

Yang penting kualitas konten selalu berguna bagi pembacanya dan dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi pembacanya.

Untuk melakukan riset keyword menggunakan keyword planner, silahkan pelajari di sini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun