Mohon tunggu...
Syafa Mellyana
Syafa Mellyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Travel Enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Pembangunan Kereta Cepat (High Speed Railway) Jakarta-Bandung

27 Juni 2022   15:41 Diperbarui: 14 September 2024   23:57 1661
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kereta Cepat (High Speed Railway) adalah kereta cepat pertama di Indonesia yang juga diclaim sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara, yang dibangun oleh pemerintah Indonesia sejak tahun 2015. Dilansir dari website KCIC, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan menggunakan generasi terbaru CR400AF. Trase yang terbentang dari Jakarta-Bandung ini memiliki Panjang 142,3 km, kereta inipun setidaknya memiliki 4 stasiun pemberhentian. Yakni Halim, Karawang, Padalarang, Tegalluar dan salah satu depo yang juga berada di tegalluar. Saat ini proses pembangunan sangat di maksimalkan untuk mengejar target operasional pada akhir tahun 2022 mendatang. Saat ini proses pengerjaannya telah mencapai 84 persen.


Pembangunan infrastruktur dalam bidang transportasi ini mulai dikejar oleh pemerintah Indonesia yakni pada era pemerintahan Jokowi. Presiden Jokowi memang memprioritaskan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu alat utama pertumbuhan ekonomi. Era pemerintahan Jokowi juga memiliki konsep pemerataan pembangunan. Indonesia sendiri menduduki peringkat 92 dari 144 negara dengan point 3,7 dalam kualitas infrastruktur berdasarkan hasil dari kajian World Economics Forum di tahun 2014. Dan secara statistik Indonesia berada jauh dibawah Singapura (2), Korea Selatan (22), Tiongkok (69), india (87), namun masih lebih baik dari negara Filipina (98).


Pembangunan kereta cepat ini melibatkan kerjasama antar negara, yakni indonesia dengan negara tiongkok. Diantara kedua negara tersebut, terjadi pembicaraan yang cukup massif mengenai penguatan kerjasama di bidang ekonomi, khususnya di sektor perdagangan, keuangan, infrastruktur, perindustrian, pariwisata, hingga hubungan antar masyarakat. Dalam kerjasamanya, dua negara ini juga menyepakati pembentukan konsorsium yang diberi nama PT. Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai pelaksana proyek pengembangan dan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Mengingat besarnya mobilisasi di antara dua kota tersebut, sehingga tujuan pemerintah membuat kereta cepat ini sebagai salah satu upaya mengurai kemacetan, serta dalam upaya menciptakan transportasi ramah lingkungan, tentunya karena kereta cepat ini tidak memberikan dampak polusi udara seperti kendaraan bermotor pada umumnya.


Rencana nya, kereta cepat ini juga akan menghubungkan kota Jakarta dan Surabaya. Pemerintah Indonesia sendiri mengharapkan adanya pembangunan kereta cepat ini bisa menjangkau daerah sampai pulau jawa. Program pembangunan Kereta cepat juga menjadi salah salah stau program utama dengan trase Merak-Jakarta-Surabaya-Banyuwangi, guna memperlancar perpindahan orang pada koridor tersebut dan mengurangi beban jalur pantai utara jawa barat yang sudah overload, dengan cara didukung oleh pengembangan sistem produksi, pengoprasian, perawatan dan juga pemeliharaan kereta cepat dengan kemampuan sumberdaya dalam negri.

TEORI MODERNISASI
Modernisasi sendiri berarti suatu proses perubahan yang bergerak dari keadaan tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada keadaan yang lebih modern. Adapun pengertian menurut para ahli yakni :


-Widjojo Nitisastro
Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang trsadisional atau premodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial, kearah pola-pola ekonomis dan politis.


-Soerjono Soekanto
Modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning


Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa istilah Modern berarti memiliki pengertian :
a)Modern, berarti suatu kemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya taraf kehidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.
b)Modern, berarti berkemanusiaan dan nilai tinggi peradabannya dalam pergaulan hidup dalam msayarakat.
Rostow beranggapan bahwa teori modernisasi adalah teori yang lebih berfokus pada pembangunan ekonomi. Sedangkan bagi Smelser, teori modernisasi berdasarkan pada teori struktural dimana ketidakteraturan struktur masyarakat dalam menjalankan fungsi dikarenakan semakin banyaknya transformasi kehidupan modernisasi, sehingga timbulah pembagian yang akan lebih khusus.

Analisis Pembangunan Kereta Cepat (High Speed Railway)

Mengingat Indonesia mengalami ketertinggalan di bidang infrastruktur termasuk didalamnya transportasi transportasi publik, maka di masa kepemimpinan presiden Jokowi banyak memfokuskan mengejar ketertinggalan tersebut dengan melaksanakan pembangunan nasional. Salah satunya pembangunan Kereta Cepat (High Speed Railway) tujuan Jakarta-Bandung.


Jika dianalisis, Kereta Cepat (high speed railway) ini juga menjadi salah satu bentuk pembangunan modernisasi di Indonesia, sebagai upaya untuk meningkatkan peran kereta api sebagai angkutan massal di daerah perkotaan dan layanan angkutan antar-kota yang menghubungkan antar pusat kegiatan nasional (PKN). Mengingat padatnya pergerakan populasi antara dua kota, oleh karena itu pemerintah melakukan pembangunan dengan memulai rute Jakarta-Bandung. Digadang-gadang kereta ini hanya membutuhkan waktu 36 menit, dengan menempuh jarak 142,3 kilometer untuk perjalanan langsung. Kereta Cepat Jakarta-Bandung,  menjadi kereta cepat pertama di negara Asia Tenggara.


Dari yang sebelumya Jakarta-Bandung hanya bisa di lalui menggunakan transportasi roda dua atau empat dengan memakan waktu berjam-jam melalui jalan tol, maka dengan dibangunnya Kereta Cepat ini masyarakat akan lebih dimudahkan oleh transportasi ini. Selain unggul dalam segi efisiensi waktu, masyarakat juga akan dimanjakan dengan segala fasilitas yang ada, sehingga perjalanan Jakarta-Bandung tidak lagi menghabiskan cukup banyak tenaga karna memakan waktu yang lama di jalan tol. Selain akan mengurai kepadatan pengguna jalan tol, transportasi kereta cepat ini juga menimbulkan efek yang cukup positif bagi lingkungan. beda hal nya dengan kendaraan bermotor yang menyebabkan polusi udara, kereta cepat ini justru akan lebih ramah lingkungan karena memberikan nol polusi bagi udara.


Adapun dampak negatif yang ditimbulkan dalam pembangunan kereta cepat ini yakni didapatkannya pengaduan dari masyarakat kawasan kabupaten bandung, dimana pada saat proses pembangunan tiang-tiang pancang terjadi gangguan getaran dan juga debu, serta banjir di underpass. Tidak dibuatnya saluran air pengalih pada saat proses pembangunan menyebabkan timbulnya sedimen tanah yang mengakibatkan banjir di daerah underpass. Adapun keluhan lain yang didapatkan yakni gangguan peledakan di Gunung Bohong di kawasan Cimahi, serta masih banyak keluhan lainnya. Seharusnya PT. KCIC telah mempertimbangkan dampak-dampak yang akan muncul sebelumnya, sehingga sebagai gantinya dapat membuat pos keluhan bagi masyarakat yang merasa terdampak dan keluhan-keluhan yang muncul dapat terakomodir dan terselesaikan dengan baik.

Referensi

Yamin, M., & Windymadaksa, S. (2017). Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung sebagai mercusuar hubungan Indonesia-Tiongkok. Jurnal Politik Profetik, 5(2), 200-218.

Kadarisman, M. (2018). Kebijakan Transportasi Kereta Cepat Jakarta Bandung dalam Mewujudkan Angkutan Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 4(3), 251-266.

Sanjaya, F., & Puspitasari, V. (2020). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dalam Perspektif Kritis Environmentalisme. Padjadjaran Journal of International Relations, 2(2), 170-186

Wijaya, H. (2020). Aktualisasi Kebijakan China One Belt and One Road Di Indonesia Melalui Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Jurnal Dinamika Global, 5(01), 109-122.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun