Mohon tunggu...
Kelompok 3 PSM 23 C
Kelompok 3 PSM 23 C Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-Bunga Diviya Kusfa (4231230017) -Erguna Eliandro Junior Tarigan(423323025) -Syabila Amalia Wardani (4233230010) -Vaulin Christin Octavia Siregar (4233530006)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peluang Kerja/Karir Lulusan Matematika yang Memiliki Skill Pemrograman yang Terampil dan Baik

31 Mei 2024   21:16 Diperbarui: 31 Mei 2024   22:21 217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada halaman ini kita akan memaparkan dan menjelaskan bagaimana jika peluang kerja seorang alumni matematika memiliki skill pemrograman yang baik dan terampil, sebelum itu kita perlu tahu dulu, apa itu matematika, mengapa kita harus belajar matematika, tokoh-tokoh matematika dari zaman ke zaman, perkembangan ilmu matematika dari zaman ke zaman, apa pemanfaatan matematika untuk perkembangan teknologi sampai sekarang ini.

Setelah itu baru lah kita akan membahas mengenai inti dari artikel ini yakni sejarah singkat pemrograman, tokoh-tokoh algoritma pemrograman dari zaman ke zaman, Apa hubungan/kaitanya algoritma pemrograman dengan ilmu matematika, serta juga bahasa pemrograman apa saja yang sudah ada sampai zaman modern ini dan yang terakhir peluang kerja/ karir lulusan alumni matematika yang memiliki skill algoritma pemrograman yang terampil dan baik.

Apa itu Ilmu Matematika?

Ilmu matematika adalah disiplin ilmu yang mempelajari pola, struktur, ruang, dan hubungan antar konsep matematis. Banyak jurnal matematika yang memuat penelitian terbaru tentang topik-topik seperti teori bilangan, geometri, analisis matematika, dan banyak lagi.

Mengapa kita perlu belajar Matematika?

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Banyak orang yang tidak menyukai matematika dan merasa tidak mampu mempelajarinya.

Namun tahukah anda bahwa matematika mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari? Berikut alasan mengapa kita perlu belajar matematika:

 1. Matematika dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kritis.Matematika melatih Anda berpikir logis, analitis, dan sistematis. Kita belajar  memecahkan masalah dalam langkah-langkah  terstruktur, mengenali pola dan koneksi, dan menarik kesimpulan yang valid.Keterampilan ini sangat penting untuk semua aspek kehidupan, termasuk pekerjaan, pendidikan, dan kehidupan pribadi.

 2. Meningkatkan keterampilan berhitung Keterampilan berhitung merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.Anda akan membutuhkannya untuk berbagai aktivitas, termasuk berbelanja, memasak, mengelola keuangan, dan memahami data statistik.Matematika  meningkatkan akurasi dan kecepatan penghitungan serta membantu Anda memahami konsep matematika dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

 3. Meningkatkan keterampilan pemecahan masalah Matematika mengajarkan Anda untuk memecahkan masalah dengan cara yang berbeda. Kita belajar  mendefinisikan masalah, mengidentifikasi informasi yang relevan, mengembangkan strategi pemecahan masalah, dan mengevaluasi berbagai solusi. Keterampilan ini sangat penting untuk  bidang pekerjaan apa pun dan akan membantu Anda mengatasi berbagai tantangan dalam hidup.

 4. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematika membantu Anda berkomunikasi secara efektif, baik  lisan maupun tulisan.Kita belajar  menjelaskan ide-ide matematika dengan jelas dan ringkas serta  menggunakan bahasa matematika dengan tepat.Keterampilan ini sangat penting ketika bekerja dalam tim, membuat presentasi, dan menulis laporan.

 5. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif Matematika bukan hanya sekedar angka dan rumus. Matematika juga dapat merangsang kreativitas dan imajinasi kita. Pelajari cara menemukan solusi kreatif terhadap masalah matematika dan  menggunakan matematika untuk membuat model dan simulasi dunia nyata.

Perkembangan Ilmu Matematika Dari Zaman Ke Zaman

Matematika Yunani merujuk pada matematika yang ditulis dalam bahasa yunani sekitar tahun 600SM - 300 SM. Namun matematika yunani hampir tidak ada teks yang benarbenar ditulis pada saat millennium pertama SM. Jadi cerita matematika yunani kuno ditulis lebih lambat dari kejadian aslinya. Orang Yunani menciptakan matematika yang lebih mendalam,lebih abstrak dan lebih dikembangkan. Sejak abad keenam SM ,orang yunani mewakili angka dalam sistem sandi menggunakan alphabet mereka sendiri. 

Representasinya seperti terlihat pada Tabel dibawah, dimana huruf (digamma) untuk 6, (koppa) untuk 90, dan (sampi) untuk 900 adalah huruf yang saat ini tidak digunakan lagi. Oleh karena itu, 754 ditulis dan 293 ditulis . Untuk mewakili ribuan, tanda dibuat di sebelah kiri huruf, misalnya mewakili 9000. Angka yang lebih besar masih ditulis  menggunakan huruf M untuk mewakili berjuta (10.000), dengan jumlah berjuta ditulis di atas: M = 40.000, M o = 71.750.000. 

Di antara prasasti paling awal yang masih ada dalam sandi alfabet ini adalah angka yang tertulis di dinding terowongan di pulau Samos yang dibangun oleh  Eupalinus sekitar 550 SM untuk membawa air dari mata air di luar ibu kota melalui gunung ke titik di dalam tembok kota.  

Penggalian arkeologi modern dari terowongan telah mengungkapkan bahwa itu digali oleh dua tim yang bertemu di tengah. Bukti arkeologis terbaru mengarah pada kesimpulan  bahwa pembangun menggunakan teknik matematika sesederhana mungkin, seperti berbaris bendera untuk membuat yakin bahwa penggali terus menggali ke arah yang benar. Dan ternyata angka-angka di dinding, 10, 20, 30, . . . , 200 dan 10, 20, 30, . . . , 300 ditulis untuk mengawasi jarak yang digali.

Tokoh Matematika Dari Zaman Ke Zaman

Tokoh-Tokoh Matematika Yunani Kuno Matematikawan Yunani menggunakan penalaran deduktif,yaitu menggunakan logika untuk menurunkan simpulan dari definisi dan aksioma,dan menggunakan kekakuan matematika untuk membuktikannya.

  • THALES

Thales adalah matematikawan yunani paling awal (624-547 SM).Ia lahir di Miletus, sebuah kota di Lonia yang berada di Semenanjung Pantai bagian barat asia. Pada saat itu,kota tersebut merupakan pusat transaksi perdagangan penting pada saat itu. Thales  dikenal sebagai orang pertama dari tujuh orang bijak Yunani.Orang yang mendapatkan gelar tersebut bukan karena sarjana namun negarawan dan kebijaksanaan filosofis yang etis. Dimasa mudanya Thales adalah seorang pedagang yang membawanya pergi jauh dari negerinya.

Dalam kunjungannya ke negeri-negeri yang lain, Thales berkesempatan menambah pengetahuannya dalam bidang matematika, alam dan astronomi. Dan Pythagoras pergi ke Mesir untuk belajar. Dia pernah menentukan ketinggian piramida dengan membandingkan panjang bayangannya dengan panjang bayangan tongkat yang tingginya diketahui. Gerhana matahari pada tahun 585 SM , penerapan sudut-sisi-sudut kongruensi segitiga untuk masalah pengukuran jarak kapal ke laut,itu merupakan salah satu prediksi dari Thales. Thales mengemukakan lima teorema tentang geometri. Teorema tersebut adalah:

Suatu lingkaran dibagi dua sama besar oleh diameternya.

Sudut-sudut alas suatu segitiga sama kaki adalah sama.

Pasangan sudut siku-siku yang dibuat oleh dua garis yang berpotongan adalah sama.

Dua segitiga adalah sama dan sebangun apabila dua sudut dan satu sisinya sama.

Suatu sudut yang dilukis dalam setengah lingkaran adalah siku-siku.

  • PHYTAGORAS

Pengetahuan tentang kehidupan Phythagoras sangat sedikit dan sedikit yang bisa dilakukan dengan pasti.Phythagoras lahir antara 580-569 SM,di pulau Aegea Samos. Dia pergi meninggalkan Samos pada awal tahun kedelapan belas untuk belajar di Phoenichia dan Mesir. Kemudian ia menetap di Crotona, sebuah kota Yunani di Italia selatan setelah bertahun-tahun mengembara (sekitar usia 50).Disana dia mencari tempat yang cocok untuk sekolah dan mengumpulkan di sekelilingnya sebuah kelompokmurid, yang kemudian dikenal sebagai Pythagoras. 

Sekolah menerapkan metode pendidikan yang umum,murid berkonsentrasi pada 4 mata pelajaran,yaitu aritmatika, harmonia (music), geometria (geometri) dan astrologia (astronomi). Kemudian pada abad pertengahan empat pembagian pengetahuan tersebut menjadi dikenal sebagai quadrivium,yang kemudian ditambahkan trivium logika,tata bahasa dan retorika-mata pelajaran yang berhubungan dengan penggunaan bahasa. Phytagoras menyampaikan ajarannya dari mulut ke mulut,tidak melakukan ajaran untuk menulis dan lebih jauh lagi. 

Dari biografi yang masih ada, semua ditulis berabad-abad setelahnya kematian, kita dapat menyimpulkan bahwa Pythagoras mungkin lebih mistik daripada pemikir rasional,dan orang yang sangat dihormati oleh para pengikutnya. Karena tidak ada karya yang dianggap berasal dari Pythagoras atau Pythagoras, doktrin matematika dari sekolahnya dapat hanya dapat diduga dari karya-karya penulis selanjutnya, termasuk "neoPythagoras."Motto dari Phytagoras yang terkenal adalah "semua adalah bilangan" atau "bilangan menguasai seluruh alam". 

Dalam hal ini, bilangan dianggap sebagai sejumlah titik dalam konfigurasi geometri, yang menggambarkan mata rantai antara geometri dan aritmatika. Phytagoras dan pengikutnya membangun bilangan-bilangan figuratif dimana banyak teorema menarik yang dapat dibuat dengan bilangan figuratif ini, antara lain: Bilangan triangular, Bilangan bujur sangkar, Bilangan pentagon, Bilangan hexagon, Bilangan persegi panjang.

  • ARISTOTELES

Aristoteles terlahir pada tahun 385 SM di Stagira, sebelah timur Makedonia. Karena kota kelahirannya, Aristoteles sering disebut sebagai 'Stagrit'. Meskipun Stagira dekat dengan Makedonia, secara politik Stagira merupakan koloni dari Yunani.Keluarga Aristoteles cukup terpelajar, ayahnya Nikomaxia adalah seorang tabib dari keluarga Asklepiades, yang dianggap masih keturunan dewa penyembuhan, Askleipos.

Nikomaxia merupakan tabib Istana Makedonia.Menurut informasi yang bersumber dari Souda (ensklopedia Byzantium dari abad 10 M), Nikomaxia bukan sekedar tabib biasa, melainkan juga seorang ilmuwan yang mempublikasikan dua buah buku, yang bertopik tentang farmakologi, dan fisika. Pada tahun 365 SM, ketika Aristoteles berusia 17 tahun, ia berangkat ke Athena untuk menimba pengetahuan. 

Waktu itu di Athena terdapat dua sekolah yang cukup terkemuka, Akademia yang didirikan Plato, serta sekolah kaum orator yang didirikan oleh Isokrates.Aristoteles memutuskan untuk belajar di Akademia yang didirikan Plato, Selama 20 tahun Aristoteles belajar di Akademia. Tak lama kemudian,ia diundang ke istana Philip II dari Makedonia untuk mengikuti pendidikan Fillipus. Pada tahun 335 Aristoteles kembali ke Athena,dan mendirikan sekolahnya sendiri. 

Aristoteles menulis tentang banyak mata pelajaran,termasuk politik,etika,epistemology,fisika dan biologi. Namun, pengaruhnya yang paling kuat menyangkut matematika adalah di bidang logika. Aristoteles percaya bahwa argument logis harus dibangun silogisme,Silogisme adalah wacana,dimana hal-hal tertentu dinyatakan, sesuatu selain apa yang dinyatakan mengikuti keharusan dari keberadaan mereka. 

Dengan kata lain, silogisme terdiri dari pernyataan-pernyataan tertentu yang dianggap benar dan pernyataan-pernyataan tertentu yang kemudian tentu benar. Aristoteles membedakan antara kebenaran-kebenaran dasar yang khas untuk setiap ilmu tertentu dan yang umum untuk semua. Yang pertama sering disebut postulat,sedangkan yang kedua dikenal sebagai aksioma. Bagi Aristoteles,argumenn logis menurut metodenya adalah salah satu cara pasti untuk mencapai pengetahuan ilmiah.

  • PLATO

Plato terlahir dari keluarga aristokrat tinggi Athena pada tahun 427 SM. Ayahnya, Ariston, merupakan keturunan Kodros, raja Athena legendaris terakhir, sementara ibunya Periktione, adalah saudara perempuan dari Kharmides, dan juga sepupu dari Kritias, yang mana keduanya merupakan tokoh terkemuka dalam sistem oligarki Athena pada tahun 404 -- 403 SM. Plato mempunyai dua orang saudara laki -- laki, Glaukon dan Adeimantos, yang mana muncul dalam mahakaryanya, Politeia (The Republic). 

Akademi Plato yang didirikan di Athena sekitar 385 SM, dengan kemajuan yang dicapai yaitu melakukan upaya signifikan dalam memecahkan masalah penggandaan kubus dan kuadrat lingkaran dan kearah ketidakterbandingan dan dampaknya pada teori proporsi. 

Ada cerita yang tidak dapat diverifikasi,berasal sekitar tahun 700 tahun setelah pendirian sekolah,diatas pintu masuk akademi tertulis frasa Yunani,yang berarti secara kasa," Jangan biarkan siapa pun yang tidak tahu apa-apa tentang geometri mencoba masuk sini". Silabus matematika yang diresmika oleh Plato untuk siswa di sekolah dijelaskan olehnya  dalam karyanya yang paling terkenal. Bagian matematika dari pendidikan ini terdiri dari lima mata pelajaran : aritmatika(teori bilangan), geometri bidang, geometri padat,astronomi dan music. 

Aritmatika yang ditulis Plato tidak hanya mencakup teori bilangan Phythagoras yang  sudah dibahas tetapi juga bahan tambahan yang termasuk dalam buku VII-IX dari Elemen Euclid. Meskipun tidak diketahui apakah seluruh silabus yang dibahas Plato sebenarnya diajarkan di sekolah,dapatdipastikan bahwa Plato membawa matematikawan terbaik pada zamannya untuk mengajar dan melakukan penelitian,termasuk Theaetetus dan Eudoxus. Namun orang yang paling terkenal di akademi,bagaimanapun adalah Aristoteles.

Sejarah Singkat Algoritma Pemrograman

Algoritma pertama kali ditemukan oleh Abu Ja'far Muhammad Ibn Musa Al-Khwarizmi dalam bukunya "Al-Jabr Wa-al Muqabla" pada tahun 825 M. Al-Khwarizmi adalah seorang matematikawan dan astronom Arab yang hidup di Khwarezmia, sekarang bagian dari Uzbekistan. Algoritma dalam buku tersebut terdiri dari dua kata, "algoritmik" dan "ritmik", yang berarti metode ampuh dalam pemrograman yang melibatkan serangkaian langkah-langkah yang ditempatkan secara tepat atau berurutan yang dilakukan oleh komputer. Algoritma awalnya digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika dan astronomi.

 Al-Khwarizmi menggunakan algoritma untuk menghitung persamaan aljabar dan mengembangkan metode untuk menyelesaikan persamaan yang kompleks. Algoritma ini kemudian digunakan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer dan teknologi informasi. Pengembangan algoritma terus berlanjut seiring waktu. Pada abad ke-19, Charles Babbage mengembangkan konsep mesin komputasi yang menggunakan algoritma untuk menyelesaikan masalah.

 Pada abad ke-20, Alan Turing mengembangkan teori algoritma yang lebih lanjut dan membantu dalam pengembangan komputer modern. Penggunaan algoritma dalam pemrograman komputer mulai berkembang pada tahun 1940-an. Algoritma digunakan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dan memungkinkan pengembangan program yang lebih efektif. Algoritma juga digunakan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, teknologi informasi, dan bisnis. Algoritma tidak hanya digunakan dalam pemrograman komputer, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Contohnya, algoritma digunakan dalam sistem navigasi, sistem perbankan, dan sistem manajemen data. Algoritma juga digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Dalam sejarah algoritma pemrograman, algoritma telah menjadi bagian penting dalam berbagai bidang dan terus dikembangkan untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dan membutuhkan serangkaian langkah yang sistematis dan logis.

Bagaimana Perkembangan Algoritma Pemrograman Dari Zaman Ke Zaman

Seiring dengan perkembangan teknologi, algoritma pemrograman telah mengalami perubahan signifikan dari zaman ke zaman. Jurnal "Communications of the ACM" mencatat beberapa tahapan penting dalam evolusi algoritma pemrograman:

1. Zaman Awal: Algoritma sederhana seperti algoritma pencarian dan pengurutan pertama kali dikembangkan.

2. Zaman Komputer Awal: Perkembangan algoritma seperti algoritma pencarian biner dan algoritma pengurutan cepat.

3. Zaman Komputer Modern: Penggunaan algoritma yang lebih kompleks dan efisien dalam pemrosesan data besar, seperti algoritma pemrosesan paralel dan algoritma pembelajaran mesin.

4. Era Kecerdasan Buatan: Perkembangan algoritma yang dapat memodelkan dan meniru kemampuan intelektual manusia, seperti algoritma jaringan saraf tiruan dan algoritma genetika.

Tokoh-Tokoh Algoritma Pemrograman

1.Ada Lovelace (1815-1852):

Dikenal sebagai "programmer pertama" karena karyanya dalam mengomentari mesin analitik Charles Babbage. Dia mengembangkan algoritma untuk menghitung angka Bernoulli menggunakan mesin Babbage, yang dianggap sebagai program komputer pertama.

2. Charles Babbage (1791-1871):

Menemukan mesin analitik, mesin komputasi mekanis pertama yang dapat diprogram. Karyanya membuka jalan bagi pengembangan komputer modern.

3. Alan Turing (1912-1954):

Membangkitkan konsep mesin Turing, model komputasi teoritis yang menjadi dasar komputer modern. Berkontribusi besar dalam memecahkan kode Enigma selama Perang Dunia II.

4. John Backus (1909-1997):

Menemukan FORTRAN, bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama yang digunakan secara luas. Karyanya membantu mempopulerkan penggunaan komputer dalam berbagai bidang.

5. Grace Hopper (1906-1992):

 Menemukan COBOL, bahasa pemrograman yang dirancang untuk mudah dipelajari dan digunakan oleh programmer non-teknis. Karyanya membantu memperluas penggunaan komputer dalam bisnis dan pemerintahan.

6. Donald Knuth (lahir 1938):

Menemukan TeX, sistem pengaturan huruf yang banyak digunakan untuk menerbitkan dokumen ilmiah dan teknis. Berkontribusi besar dalam pengembangan teori algoritma dan analisis kompleksitas.

7. Guido van Rossum (lahir 1969):

 Menemukan Python, bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan digunakan, dan populer untuk berbagai aplikasi. Karyanya membantu mempopulerkan penggunaan pemrograman di kalangan pemula dan non-programmer.

8. Bjarne Stroustrup (lahir 1950):

Menemukan C++, bahasa pemrograman yang kuat dan fleksibel yang banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak dan sistem. Karyanya membantu memperluas penggunaan pemrograman berorientasi objek.

9. James Gosling (1955-2019):

Menemukan Java, bahasa pemrograman yang populer untuk pengembangan aplikasi web dan mobile. Karyanya membantu mempopulerkan pemrograman platform-independen.

10. Linus Torvalds (lahir 1969):

Menciptakan Linux, kernel sistem operasi open-source yang banyak digunakan di server, komputer pribadi, dan perangkat mobile. Karyanya membantu mempopulerkan penggunaan perangkat lunak open-source.

Seberapa Penting Sih Algoritma Pemrograman Di Zaman Modern Ini

Pemrograman adalah keterampilan yang semakin penting di era digital saat ini. Dunia terus berkembang dengan cepat, dan teknologi menjadi landasan dari hampir semua aspek kehidupan kita. Oleh karena itu, memahami mengapa harus belajar pemrograman adalah langkah yang bijak. Berikut beberapa manfaat belajar pemrograman

1. Peluang Karier yang Luas

Dalam dunia yang semakin tergantung pada teknologi, permintaan akan para programmer terus meningkat. Ini berarti bahwa dengan belajar pemrograman, Anda dapat menjelajahi berbagai karier menarik, seperti menjadi pengembang web, pengembang aplikasi mobile, ilmuwan data, dan banyak lagi.

2. Kemampuan Problem Solving yang Lebih Baik

Pemrograman melibatkan pemecahan masalah secara logis dan sistematis. Dengan belajar pemrograman, Anda akan mengasah kemampuan problem solving Anda. Anda akan menjadi pemikir yang lebih analitis dan dapat menghadapi masalah dengan lebih percaya diri.

3. Kemampuan untuk Membangun Aplikasi dan Proyek Sendiri

Dengan pemrograman, Anda dapat menciptakan aplikasi, situs web, game, atau alat yang dapat digunakan oleh orang lain. Ini membuka pintu bagi ekspresi kreativitas dan pembelajaran teknologi yang mendalam. Anda bisa merancang solusi yang sesuai dengan visi Anda sendiri.

4. Meningkatkan Efisiensi dalam Tugas Sehari-hari

Pemrograman dapat membantu Anda mengotomatiskan tugas-tugas sehari-hari seperti pengolahan data, pengelolaan email, atau tugas rumah tangga. Misalnya, Anda dapat membuat program sederhana untuk mengatur jadwal tugas harian Anda atau bahkan mengirimkan pesan otomatis kepada teman-teman Anda pada hari ulang tahun mereka. Dengan ini, Anda dapat menghemat waktu berharga Anda dan membuat hidup lebih efisien.

5. Potensi Keuangan yang Besar

Pekerjaan di bidang pemrograman seringkali membayar dengan baik. Pengembang perangkat lunak yang berpengalaman dapat menghasilkan penghasilan yang sangat menguntungkan. Bahkan, beberapa perusahaan teknologi besar bersedia membayar gaji yang sangat tinggi untuk programmer berbakat. Ini adalah potensi keuangan yang signifikan yang dapat membantu Anda mencapai stabilitas keuangan.

6. Berkontribusi pada Kemajuan Teknologi

Ketika Anda belajar pemrograman, Anda juga berkontribusi pada kemajuan teknologi. Anda dapat menciptakan perangkat lunak atau aplikasi yang dapat membantu orang lain, memecahkan masalah, atau meningkatkan kehidupan mereka. Dampak positif dari pekerjaan Anda pada masyarakat dan dunia dapat terasa.

7. Fleksibilitas dalam Lokasi Kerja

Banyak pekerjaan pemrograman dapat dilakukan secara remote, memberi Anda fleksibilitas dalam lokasi kerja. Anda dapat bekerja dari rumah, kafe, atau bahkan bepergian sambil tetap produktif. Ini memberi Anda kebebasan untuk memilih lingkungan yang paling nyaman dan produktif bagi Anda.

8. Terlibat dalam Komunitas Pemrograman

Komunitas pemrograman adalah tempat yang luas dan aktif. Anda dapat terlibat dalam forum online, konferensi, dan grup diskusi untuk berbagi pengetahuan, memecahkan masalah bersama, dan membangun jaringan dengan sesama programmer. Ini adalah kesempatan untuk belajar dari orang lain, mendapatkan wawasan baru, dan terus mengembangkan keterampilan Anda.

Mengapa Orang Matematika Perlu Belajar Pemrograman

Matematika dan pemrograman mungkin tampak seperti dua bidang yang berbeda, tetapi sebenarnya keduanya memiliki banyak kesamaan. Faktanya, mempelajari pemrograman dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang dengan latar belakang matematika. Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang matematika perlu belajar pemrograman:

1. Menerapkan Konsep Matematika dalam Dunia Nyata

Pemrograman memungkinkan para matematikawan untuk menerapkan konsep matematika yang telah mereka pelajari dalam dunia nyata.expand_more Mereka dapat menggunakan pemrograman untuk membangun model matematika, melakukan simulasi, dan menganalisis data. Hal ini dapat membantu mereka untuk lebih memahami dan menghargai aplikasi matematika dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknik, dan keuangan.

2. Mengembangkan Keterampilan Pemecahan Masalah

Baik matematika dan pemrograman membutuhkan keterampilan pemecahan masalah yang kuat. Dalam matematika, para matematikawan harus memecahkan masalah yang abstrak dan kompleks. Dalam pemrograman, programmer harus memecahkan masalah yang lebih konkret, seperti bagaimana membuat program yang efisien dan mudah digunakan. Dengan mempelajari pemrograman, para matematikawan dapat mengembangkan dan meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka, yang dapat bermanfaat dalam semua aspek kehidupan mereka.

3. Meningkatkan Prospek Karir

Keterampilan matematika dan pemrograman sangat diminati di pasar kerja saat ini. Banyak perusahaan mencari karyawan yang memiliki kedua keterampilan ini. Dengan mempelajari pemrograman, para matematikawan dapat membuka peluang karir baru di berbagai bidang, seperti ilmu data, kecerdasan buatan, dan pengembangan perangkat lunak.

4. Meningkatkan Kreativitas

Pemrograman dapat menjadi alat yang kreatif bagi para matematikawan. Mereka dapat menggunakan pemrograman untuk membuat karya seni, musik, dan permainan. Hal ini dapat membantu mereka untuk mengeksplorasi sisi kreatif mereka dan menemukan cara baru untuk mengekspresikan diri mereka.

5. Mempermudah Belajar Bidang Lain

Banyak bidang lain yang semakin mengandalkan pemrograman, seperti fisika, kimia, dan biologi. Dengan mempelajari pemrograman, para matematikawan dapat lebih mudah mempelajari bidang-bidang ini dan berkolaborasi dengan para peneliti dan profesional di bidang lain.

6. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Pemrograman membutuhkan pemikiran yang kritis dan logis. Programmer harus dapat menganalisis masalah, mengidentifikasi solusi, dan menulis kode yang efisien dan efektif. Dengan mempelajari pemrograman, para matematikawan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka, yang dapat bermanfaat dalam semua aspek kehidupan mereka.

7. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Pemrograman membutuhkan komunikasi yang baik.expand_more Programmer harus dapat menjelaskan ide-ide mereka kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan. Dengan mempelajari pemrograman, para matematikawan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka, yang dapat bermanfaat dalam pekerjaan, pendidikan, dan kehidupan pribadi mereka.

Apa Hubungan/Kaitanya Matematika Dengan Algoritma Pemrograman

Informatika berkaitan erat dengan data, mulai dari pemrosesan hingga penyimpanannya. Oleh sebab itu, informatika sangat terkait dengan komputasi yang berhubungan erat dengan matematika. Berikut adalah beberapa bidang matematika yang berkaitan erat dengan informatika.

*Matematika Diskrit

Ini adalah sebuah bidang dalam ilmu matematika dengan pembahasan objek-objek yang tidak saling berkaitan. Adapun objek-objek tersebut dikatakan diskrit apabila terdiri dari beberapa elemen yang berbeda dan tidak berhubungan. Lawan dari diskrit adalah kontinu yang artinya saling berkesinambungan. 

Ada banyak hal yang dibicarakan dalam matematika diskrit, mulai dari pembuktian matematika, himpunan dan relasi, teori graf, logika, hingga peluang. Salah satu contoh penerapan matematika diskrit adalah ketika teori graf diaplikasikan untuk membuat topologi jaringan komputer.

*Algoritma

Apakah kamu pernah mendengar istilah algoritma? Saat ini, algoritma banyak disebut dalam kehidupan sehari-hari, terutama ketika membahas media sosial. Namun, tahukah kamu secara pasti arti dari algoritma tersebut? Algoritma adalah serangkaian instruksi untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Lebih lanjut, algoritma digunakan dalam pengolahan data. Selama ini, ia lebih sering diartikan sebagai pola yang dihasilkan untuk menunjukkan data tertentu.

 Sebenarnya, hal itu tidaklah salah karena serangkaian instruksi tersebut tentu menghasilkan pola yang mengeluarkan hasil tertentu. Misalnya, secara sederhana ketika kamu mencari barang dalam sebuah platform perbelanjaan online, kamu akan menemukan beberapa rekomendasi barang sesuai riwayat pembelanjaan. 

Lalu, bagaimana jika kamu tidak pernah berbelanja sebelumnya? Pertama-tama, platform tersebut akan merekomendasikan barang yang banyak terjual atau merk yang belakangan sering dicari. Kemudian, platform akan merekomendasikan barang sesuai pencarian yang kamu lakukan selanjutnya.

*Kalkulus

Menurut KBBI, kalkulus adalah sebuah bidang yang mempelajari tentang diferensial dan integral dalam ilmu matematika. Diferensial berarti sesuatu yang menunjukkan, berhubungan dengan, atau menghasilkan perbedaan. Integral berarti konsep kesinambungan. Intinya, kalkulus mempelajari tentang perubahan. Ini sangat berguna tentunya dalam komputasi yang di dalamnya penuh dengan perubahan dan fleksibilitas. Misalnya saat kalkulus diterapkan untuk pengolahan citra digital, seperti deteksi tepi dan segmentasi.

*Statistika

Telah disinggung di atas bahwa informatika sangat berkaitan dengan data sehingga tentunya statistika adalah ilmu yang penting untuk dipelajari. Statistika adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang data, mulai dari pengumpulan, pemrosesan, penjabaran, hingga menampilkan data. Kemampuan analisis dan visualisasi data tentunya berawal dari pemahaman terhadap statistika yang baik. Perhitungan terhadap data sangat menentukan analisis dan interpretasi yang dihasilkan.

Aplikasi Pemrograman Apa Saja Yang Perlu Dikuasai Alumni Matematika Di Era Sekarang Ini

Menurut jurnal "The American Mathematical Monthly", beberapa aplikasi pemrograman yang perlu dikuasai oleh alumni matematika di era saat ini termasuk Python, R, MATLAB, dan Julia. Python, misalnya, digunakan secara luas dalam analisis data, pengembangan perangkat lunak, dan pemodelan matematika. R adalah bahasa yang sangat populer untuk analisis statistik dan visualisasi data. MATLAB sering digunakan dalam perhitungan teknik, pemodelan matematika, dan pengolahan sinyal. Julia, meskipun relatif baru, juga menarik perhatian karena efisiensi dan kecepatannya dalam komputasi ilmiah.

Persentase Kemahiran Pemrograman Alumni Matematika Dari Tahun Ke Tahun

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah alumni matematika yang memperoleh keterampilan pemrograman. Berikut adalah pemaparan tentang perkembangan presentase kemahiran pemrograman di antara alumni matematika dari tahun ke tahun:

*Tahun 2018:

Pada tahun 2018, hanya sebagian kecil alumni matematika yang memiliki kemahiran pemrograman yang solid. Sekitar 20% dari total lulusan dilaporkan memiliki pengetahuan dasar pemrograman, terutama dalam bahasa seperti Python atau MATLAB.

*Tahun 2019:

Pada tahun 2019, ada peningkatan yang signifikan dalam jumlah alumni matematika yang mengembangkan keterampilan pemrograman mereka. Sekitar 40% dari total lulusan dilaporkan memiliki kemahiran pemrograman yang cukup untuk diterapkan dalam konteks matematika terapan, analisis data, dan pengembangan perangkat lunak.

*Tahun 2020:

Tren peningkatan kemahiran pemrograman di antara alumni matematika terus berlanjut pada tahun 2020. Sekitar 60% dari total lulusan dilaporkan memiliki kemampuan pemrograman yang baik, yang memungkinkan mereka untuk bersaing dalam berbagai industri yang membutuhkan keterampilan analisis data dan pengembangan perangkat lunak.

*Tahun 2021:

Pada tahun 2021, jumlah alumni matematika yang menguasai pemrograman terus meningkat. Sekitar 75% dari total lulusan dilaporkan memiliki kemahiran pemrograman yang solid, membuat mereka sangat diminati oleh perusahaan-perusahaan teknologi, keuangan, dan riset.

*Tahun 2022:

Dalam laporan terbaru pada tahun 2022, terlihat bahwa lebih dari 80% alumni matematika murni memiliki kemahiran pemrograman yang kuat. Ini mencerminkan kebutuhan yang terus meningkat dalam industri untuk profesional yang dapat menggabungkan pemahaman matematika yang mendalam dengan kemampuan pemrograman yang solid.

Kesimpulan:

Secara keseluruhan, terlihat peningkatan yang stabil dari tahun ke tahun dalam presentase alumni matematika yang menguasai keterampilan pemrograman. Hal ini mencerminkan pentingnya pemrograman dalam konteks matematika murni dan meningkatnya permintaan industri terhadap profesional yang dapat menggabungkan kedua bidang ini secara efektif. Diharapkan tren ini akan terus berlanjut di masa mendatang, membuka peluang karir yang luas bagi lulusan matematika dengan keterampilan pemrograman yang kuat.

Prospek Kerja Apa Saja Yang Memerlukan Algoritma Pemrograman

1. Software engineer

Melansir Field Engineer, prospek kerja favorit lulusan teknik informatika tentu saja adalah sebagai seorang software engineer. Bahkan, menurut Transparant Career, pekerjaan software engineer diprediksi akan mengalami perkembangan hingga 17% selama 10 tahun ke depan. Pekerjaan ini mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan dan optimalisasi software.

2. Mobile application developer

Mobile application developer bertugas untuk membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphone di berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

3. Game developer

Game developer sendiri secara keseluruhan bekerja untuk mendesain dan membuat video game untuk komputer dan berbagai konsol, mulai dari konsep hingga eksekusi

4. System analyst

Menurut Computer Science, system analyst akan terjun dalam proyek-proyek yang mengharuskannya untuk memeriksa model bisnis dan menganalisis kebutuhan sistem tersebut.

5. Data scientist

Mereka bertugas untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga menggunakan algoritma dan machine learning. Data-data tersebut nantinya akan digunakan pihak manajemen untuk keperluan perencanaan strategi bisnis dan evaluasi ulang produk.

6. Android developer

Sesuai namanya, Android developer bertugas untuk membuat dan merancang aplikasi agar dapat digunakan pada perangkat berbasis Android.

7. Cyber security analyst

Cyber security analyst diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan sistem keamanan yang kebal dari data breach atau bug yang tak diinginkan.

8. SEO specialist

Mereka bertugas untuk membuat website lebih ramah terhadap search engine supaya bisa ditemukan dengan mudah oleh para audiens.

9. Cloud architect

Tugas dari cloud architect sendiri adalah mendesain aplikasi berbasis cloud, melakukan manajemen cloud, dan monitoring data yang tersimpan di dalamnya.

10. Computer forensic investigator

Computer forensic investigator juga dapat ditemukan bekerja di lembaga dan badan penegakan hukum, seperti kepolisian. Tugas utama mereka adalah menemukan bukti legal atau pelanggaran hukum di dalam media penyimpanan atau perangkat hardware lainnya.

Kesimpulan:

Kesimpulan dari literatur "Peluang Kerja lulusan Matematika yang menguasai pemrograman yang baik dan terampil" adalah bahwa kemahiran dalam pemrograman sangat meningkatkan peluang karir bagi lulusan Matematika Murni. Penguasaan pemrograman memungkinkan mereka untuk bersaing di berbagai industri seperti teknologi, keuangan, dan riset. Dengan permintaan yang terus meningkat untuk profesional dengan latar belakang matematika dan pemrograman, lulusan memiliki peluang besar untuk menemukan pekerjaan yang memuaskan dan berpenghasilan tinggi. Selain itu, kemampuan matematika yang kuat memberikan dasar yang kokoh bagi lulusan untuk berkembang dalam peran analitis dan pemecahan masalah yang kompleks. Oleh karena itu, integrasi antara matematika dan pemrograman adalah kunci untuk membuka pintu peluang karir yang luas bagi para lulusan Matematika Murni.

Daftar Pustaka

Python Software Foundation. (2024). Python Programming Language. Diakses dari https://www.python.org/

R Core Team. (2024). R: A Language and Environment for Statistical Computing. Diakses dari https://www.r-project.org/

MathWorks. (2024). MATLAB - MATLAB and Simulink for Technical Computing. Diakses dari https://www.mathworks.com/products/matlab.html

Bezanson, J., Edelman, A., Karpinski, S., & Shah, V. B. (2017). Julia: A Fresh Approach to Numerical Computing. SIAM Review, 59(1), 65--98. https://doi.org/10.1137/141000671

Smith, J., & Johnson, A. (2019). "The Growing Importance of Programming Skills Among Mathematics Graduates." Journal of Mathematics Education, 25(2), 45-58.

Brown, L., & Garcia, M. (2021). "Trends in Programming Proficiency Among Mathematics Alumni: A Comparative Analysis of Three Universities." International Journal of Mathematics and Computer Science, 15(3), 102-115.

 Chen, X., & Wang, Y. (2022). "The Impact of Programming Education on Mathematics Graduates: A Longitudinal Study." Proceedings of the International Conference on Mathematics and Computer Science, 2022, 78-89.

Zhang, Q., & Li, W. (2018). "The Role of Programming Skills in Career Development of Mathematics Graduates: A Case Study in China." Journal of Applied Mathematics and Computational Science, 12(1), 55-68.

Martinez, G., & Nguyen, H. (2020). "Current Trends in Mathematics Education: Integrating Programming into the Curriculum." Mathematics Education Research Journal, 30(4), 321-335.

Communications of the ACM. (2023). Special Issue: The Evolution of Algorithms.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun