Teacher's name : Ms Annie
Student's name : Alvin Kosasih
Occupation : Student
Session : IELTS Speaking
Initial score : 5.5
Target score : 6.5+
STUDENT PROFILE
- Who is the student? age, education background, activities/occupation, location:
Alvin adalah seorang pelajar SMA kelas 12 di BPK Penabur. Ia sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri. Rencananya ia akan melanjutkan pendidikan di Taiwan mengambil jurusan teknik. Saat ini, kesehariannya di isi dengan aktivitas perkuliahan dan belajar bahasa Inggris sebagai bekal kuliahnnya nanti.
- Why student need to take IELTS?
Alvin ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Rencananya ia akan melanjutkan pendidikannya di Taiwan mengambil jurusan teknik. Salah satu persyaratan mendaftar di universitas tujuannya adalah sertifikat IELTS oleh sebab itu dia mengambil kelas ini dengan tujuan mendapatkan skor minimal 6.5.
STUDY PROGRESS
Speaking Section
Analisa kemampuan awal:
Test taker will be tested by examiner in a quiet room for about 10-15 minutes. There are 3 parts for speaking test
- Part 1 : Questions about yourself and a range of familiar topics
- Part 2 : Test taker will be given a task card and the examiner will ask you to talk about a topic
- Part 3 : Further questions connected to the topic in Part 2 to discuss more depth about ideas and issues
Sebelum mengambil kelas bersama saya, Alvin sudah dua kali mengikuti test IELTS sebelumnya. Alvin sudah cukup familiar dengan format test speaking IELTS. Ia cukup percaya diri dalam berbicara dan menyampaikan pendapat dalam Bahasa Inggris. Selain itu ia juga aktif bertanya dan cukup komunikatif sehingga speaking menjadi aktivitas yang tidak monoton.
Hasil akhir Speaking section Alvin:
Kami melakukan tes simulasi dimana saya sebagai examiner dan Alvin sebagai test taker agar Alvin terbiasa dengan soal-soal yang ditanyakan, setelah simulasi saya melakukan evaluasi berdasarkan standar penilaian IELTS speaking sebagai berikut:
- Pronunciation
Secara umum, pronunciationnya dapat di pahami dengan baik. Ia berbicara dengan nada dan kecepatan yang jelas. Kata-kata yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pada part 1, 2 & 3 diucapkan dengan jelas dan efektif. Terdapat beberapa kesalahan pengucapan dalam beberapa kata tetapi tidak menimbulkan kesalahpahaman bagi pendengar.
- Lexical Resource
Ia mau dan bisa menggunakan beberapa kosakata yang kurang umum dan idiomatik. Ia juga perlahan bisa memprafrase pertanyaan dengan baik sehingga kesan mengulang pertanyaan pada jawabannya dapat diminimalisir.
- Grammatical Range and Accuracy
Secara umum, kesalahan grammar sangat minim. Tetapi ia sering membuat kesalahan pada kalimat majemuk dan kalimat majemuk bertingkat tetapi tidak menimbulkan kesalahpahaman bagi pendengar.
- Fluency and Coherence
Alvin menunjukkan kemampuan berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Ia bisa memberikan jawaban yang relevant dengan pertanyaan. Ia bisa menyampaikan alasan dan contoh yang tepat untuk mendukung opininya entah topik tersebut familiar atau tidak. Akan tetapi, Alvin kehilangan koherensi untuk topik yang tidak familiar terutama pada part 3.
Afterword
Secara umum, Alvin menunjukan progress yang sangat baik untuk speaking. Ia mengikuti instruksi yang diberikan dengan seksama, disiplin dalam hal waktu dan aktif bertanya untuk setiap hal yang tidak di ketahuinya. Saya berharap yang terbaik untuk Alvin dalam ujian IELTS yang akan diambil. Cheers
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H