Mohon tunggu...
FocusIELTS
FocusIELTS Mohon Tunggu... Guru - IELTS Preparation Online Privat dengan hasil 7.0 - 8.5

Membantu Persiapan IELTS dengan target 7.0 keatas untuk persiapan kuliah di luar negeri. Achieve your target at the FIRST ATTEMPT. Do not let IELTS become your weakness, instead let it be your ticket to future success. Kelas Privat dengan Tutor Lulusan Master of TESOL , Master of Education dari Australia , UK, USA , tutor lokal memilki band 7.5 keatas dengan pengalaman 5 tahu lebih. IELTS tidak sesulit yang Anda bayangkan!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TOEFL Report - Hafidha

1 Oktober 2022   18:31 Diperbarui: 1 Oktober 2022   18:33 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Teacher                       : Ms Eni

Student's name       : Hafidha Arfiah

Occupation                : College Student

Session                        : TOEFL ITP 10 sessions

Initial score                : -

Target score               : As high as possible

STUDENT PROFILE

Hafidha Arfiah, 19 tahun, merupakan mahasiswa Universitas TELKOM jurusan Teknik Telekomunikasi. Saat ini beliau masih di semester 1. Hafidha mempelajari TOEFL untuk mendaftar beaiswa kampus yang mungkin membutuhkan sertifikat TOEFL. Hafidha belum menentukan target score TOEFL yang ingin dicapai.

STUDY PROGRESS

Structure Section 

Analisa kemampuan awal

Hafidha memahami struktur dasar Bahasa Inggris, akan tetapi pengetahuannya mengenai grammar Bahasa Inggris tidak terlalu mendalam sehingga saat menghadapi kalimat yang panjang dengan struktur yang rumit, Hafidha tidak mampu menganalisa soal dengan benar. Hal ini mengakibatkan dia sering membuat kesalahan saat menjawab.

Tips & Strategy untuk Hafidha

Skill structure di ajarkan secara mendetail dan mendalam di setiap sesi. Latihan menjawab soal juga di berikan secara intensif.

Hasil akhir structure section Hafidha

Setelah menyelesaikan sesi structure, Hafidha menunjukkan progress yang cukup bagus. Saat mengerjakan latihan-latihan soal, beliau mampu menjawab sebagian besar soal dengan benar. Hafidha hanya terkadang tidak teliti saat menanalisis soal sehingga jawabannya terkadang tidak tepat. Dengan latihan yang lebih banyak lagi, Hafidha akan makin terbiasa.

Reading Section

Analisa kemampuan awal

Hafidha cukup baik dalam memahami bacaan TOEFL. Beliau hanya tidak familiar dengan beberapa jenis soal reading.

Reading Tips & Strategy untuk Hafidha

Untuk mengerjakan soal reading, test taker perlu membaca soal terlebih dahulu kemudian mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Soal yang berkaitan dengan ide utama sebaiknya dikerjakan di paling akhir karena mencari ide utama memerlukan membaca teks dengan detail.

Untuk sesi reading, Hafidha belajar skill reading TOEFL dan mengerjakan latihan soal secara intensif di setiap sesi.

Hasil akhir Reading section Hafidha

Hafidha diarahkan untuk menjawab soal dengan cara skimming dan scanning untuk menemukan jawaban dengan cepat. Selain itu, Hafidha juga diarahkan untuk memilih jawaban dengan teknik paraphrasing. Saat menjawab soal, Hafidha mampu menjawab soal dengan baik dan sebagian besar jawabannya benar. Untuk setiap latihan reading yang diberikan, Hafidha mampu menjawab 70-80 persen soal dengan benar.

 Afterword

Secara general Hafidha menunjukan progress yang baik untuk sesi Structure dan Reading. Hafidha mengikuti kelas dengan disiplin dan mengikuti instruksi yang diberikan dengan seksama serta menunjukkan motivasi belajar yang tinggi. Saya berharap, Hafidha mampu meraih nilai yang diinginkan saat mengambil tes TOEFL ITP nanti. Pesan saya agar terus membiasakan diri mendengarkan, berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris. Practice makes improvement! Relax and be the best of yourself. Cheers   

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun