Student's name        : Radhianisa
Occupation             : Government agency employee
Session                : Ultimate 24x session
Initial score            : 5.5
Target score           : 7.0
STUDENT PROFILE
Who is the student?Â
Radhianisa lives in Jakarta and she currently works as an employee in a government agency.
Why student need to take IELTS?
Radhianisa is planning to study her Master's degree abroad and plans to do that in the near future, however, still have not yet determined in which country she wants to do it. In order to do that, she needs to achieve an IELTS score of at least 6.5.
STUDY PROGRESSÂ
Reading Section
Analisa kemampuan awal:
Radhianisa sudah cukup baik dalam memahami artikel dalam IELTS, namun terkadang mengalami kesulitan di beberapa teks di topik tertentu. Oleh karena itu, ini mengakibatkan time management yang kurang baik.Â
Reading Tips & Strategy untuk Radhianisa:
Di dalam analisa dan diskusi soal IELTS reading, kita membahas semua tipe pertanyaan dan juga membahas dan mepraktikan cara dan strategi khusus untuk tipe soal tertentu. Itu dilakukan agar Radhianisa mampu mengerjakan secara baik dan efektif.
Hasil akhir reading section Radhianisa:
Setelah mengikuti strategi dan tips yang telah saya berikan, Radhianisa secara perlahan mengalami perkembangan meskipun masih ada sedikit permasalahan terkairt pemahaman soal dan bacaan. Dari hasil beberapa kali mock test masih berkisar 5.0-6.0.
Writing Section
Analisa kemampuan awal:
Radhianisa sudah memiliki pengalaman dalam mempelajari IELTS writing dan ini terbukti dengan kemampuannya dalam memberikan jawaban di kelas. Secara struktur dan pola, tulisannya sudah baik.
Writing Tips & Strategy untuk Radhianisa:
Writing Task 1 Tips by Mr. Hakiki for Radhianisa:
- Dilihat dulu datanya untuk memastikan pengunaan tense-nya apa, apakah past tense, present tense atau future tense.
- Perhatikan tahun datanya, ada hanya 1 tahun atau lebih karena itu akan menentukan perbandingan apa yang akan kamu lalukan.
- Pilihlah informasi yang menurut kamu penting dan menarik untuk dibandingkan. Jangan sebutkan semua data yang ada di dalam graph tersebut.
- Perhatikan pengunaan kosa kata. Variasikan kosa kata dan struktur dalam menjelaskan data. Jangan repetitive.
Writing Task 2 Tips by Mr. Hakiki for Radhianisa:
- Ingat, minimal harus ada empat paragraph
- Ikuti skema paragraph yang telah kita bahas di kelas
- Sebelum menulis, gunakan skemanya untu brainstorming, jangan langsung nulis.
- Seringlah membaca berbagai artkel dengan topik yang berbeda-beda karena dengan itu kamu akan menambah wawasan kamu. Seringkali orang bingung mau nulis apa karena tidak familiar dengan topiknya.
Hasil akhir Writing section Radhianisa:
Dengan menggunakan skema paragraph yang telah saya jelaskan dan pengalaman sebelumnya, Radhianisa lebih dapat memenuhi aspek task achievement dalam IELTS writing. Tulisan Radhianisa lebih jelas dan lebih terstruktur sehingga membuat kualitas tulisannya lebih baik dan mudah dipahami. Setelah beberapa kali menulis dengan bimbingan, Radhianisa diberikan tugas mandiri kemudian saya mengevaluasi tulisan Radhianisa sesuai standar penilaian IELTS Writing sebagai berikut:
- Task Achievement :Â
Selama latihan, tidak ada permasalahan signifikan terkait dengan task achievement. Permasalahan yang muncul biasanya terkait dengan penulisan overview dalam task1 yang terkadang kurang sesuai dengan data yang diberikan.
- Coherence and Cohesion :
Dengan seringnya kita menganalisa tulisan contoh dan berpedoman kepada skema paragraph, Radhianisa sudah menjaga tulisannya untuk coherent dengan menggunakan beberapa linking word dan linking sentence.
- Lexical Resources :
Radhianisa sudah berusaha menggunakan vocabulary yang tidak umum yang dimana ini bisa sangat membantu meningkatkan kualitas tulisannya. Namun terkadang, ada beberapa pengunaan kata-kata tersebut yang kurang akurat.Â
- Grammatical Range and Accuracy :
Radhianisa pada awalnya memiliki berbagai masalah terkait dengan grammar namun dengan ditekannya kesalahan-kesalahan tersebut dia menunjukkan perkembangan. Namun, untuk Radhianisa, hal ini perlu diperhatikan agar tidak terlalu mengurangi nilinya.
Afterword
Secara general, Radhianisa sudah menunjukkan progress yang cukup baik dalam reading dan writing. Radhianisa telah mencoba untuk mengaplikasikan semua strategi dalam latihannya sehingga mampu membantu dia mengerjakan reading dengan baik dan efektif. Namun, jika mendapatkan topik yang tidak familiar, Radhianisa kecenderungan untuk mengalami kesulitan. Ini berbeda dengan writing. Untuk Writing, Radhianisa sudah cukup baik dalam memahami perintah baik di task 1 dan task 2. Konten yang diberikan sudah sesuai dan cara penjelasannya pun juga sudah baik. Namun, perlu diperhatikan pengunaan vocabulary dan grammar-nya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H