Teacher                : Ms Teresa
Student's name        : Josua
Occupation             : University Student
Session                : IELTS Writing and Reading
Initial score            : 5.5
Target score           : 6.5
STUDENT PROFILE
Who is the student? age, education background, activities/occupation, location:
Josua adalah seorang mahasiswa tingkat pertama jurusan Sistem Informatika di Institut Teknologi Bandung. Saat ini ia sedang liburan dari kuliahnya, sehingga memiliki banyak waktu luang untuk belajar.
Why student need to take IELTS?
Josua berniat untuk mendaftar program IISMA atau pertukaran pelajar lainnya, dan program-program tersebut umumnya meminta IELTS sebagai persyaratan. Berhubung saat ini ia sedang liburan dan memiliki waktu senggang cukup banyak, Josua memutuskan
STUDY PROGRESSÂ
Reading SectionÂ
Analisa kemampuan awal
Josua memiliki kemampuan English cukup baik dan sudah belajar secara mandiri untuk familiarisasi dengan format Reading IELTS, tetapi masih sedikit kesulitan untuk mencapai skor maksimal karena kurang efisien saat mengerjakan.
Reading Tips & Strategy untuk Josua
Karena Josua merasa mampu untuk berlatih sendiri, kami hanya menggunakan dua sesi untuk mempelajari Reading section. Dalam kedua sesi tersebut, saya memberikan berbagai tips dan trik agar dapat mengerjakan Reading section dengan lebih cepat dan akurat.
Hasil akhir reading section Josua
Josua melakukan latihan secara mandiri, dan umumnya stabil mendapatkan skor 8.0-8.5 dalam nyaris semua latihannya.
Writing Section
Analisa kemampuan awal
Josua sudah bisa menyusun argumen dengan baik dan mengatur presentasi data agar bisa dimengerti, walau bisa lebih efisien. Terdapat beberapa kesalahan grammar dalam tulisannya, dan selain itu, kalimat maupun pilihan katanya cenderung sederhana.
Writing Tips & Strategy untuk Josua
Writing Task 1 Tips by Ms. Teresa for Josua
Here, test taker needs to write at least 150 words based on a graphic or pictorial information for 20 minutes given time. Josua diarahkan untuk selalu mengidentifikasi poin-poin utama dan bukannya terfokus ke detail-detail kecil. Josua juga diberikan latihan-latihan untuk membuat overview dari berbagai jenis soal agar highlight informasinya sesuai dan tepat sasaran.Â
Selain itu, saya juga beberapa kali memancing Josua untuk memikirkan variasi kata dan istilah agar lebih beragam di Task 1.
Writing Task 2 Tips by Ms. Teresa for Josua
Here, test taker needs to write an argument at least 250 words based on a topic for 40 minutes given time. Josua diarahkan untuk selalu membuat planning tentang apa yang hendak ditulis sebelum masuk ke penulisan esainya sendiri.Â
Selain itu, kami juga berlatih memilih dan mengarahkan argumen agar selalu relevan dengan yang ditanyakan, serta berlatih menyambung kalimat menjadi kalimat bertingkat (complex sentence) untuk meningkatkan kompleksitas struktur kalimat yang digunakan Josua.
Hasil akhir Writing section Josua
Setelah beberapa kali latihan dan membahas hasil-hasil tulisan Josua, saya meminta Josua untuk mengerjakan beberapa set Writing section dalam waktu 60 menit secara mandiri di rumah, kemudian kami membahasnya bersama di kelas terakhir. Berikut ini adalah perkembangan Josua dari hasil latihan kami.
- Task Achievement / Response:Â
Secara general, Josua dapat mengikuti format yang diajarkan dengan baik di Task 1 maupun Task 2. Ia juga sudah bisa memilih informasi dengan tepat, maupun mendukung argumen dengan kalimat-kalimat penjelas yang cukup kuat.
 Namun, Josua harus berhati-hati dengan akurasi data saat menjelaskan detail Task 1 serta mengatur waktu lebih baik lagi agar penjelasannya mencakup seluruh data penting. Selain itu, Josua harus memastikan detil dalam argument pendukung di Task 2 sudah cukup jelas dan lebih berhati-hati membaca soal agar jawaban sudah mencakup semua pertanyaan.
- Coherence and Cohesion :
Josua sudah bisa mengatur informasi dalam paragraf yang efektif dan jelas, serta menggunakan linking devices dalam jumlah cukup dan umumnya dengan penggunaan yang akurat. Hanya ada beberapa kali ditemukan kesalahan penggunaan linking words.
- Lexical Resources :
Kosakata yang digunakan Josua sudah cukup bervariasi, dengan penggunaan bahasa akademis dan kata-kata tidak umum (uncommon words) yang baik. Namun, masih sering ditemukan kesalahan bentuk kata atau konteks penggunaan dalam pairing kata, serta beberapa kali ada salah ketik.
- Grammatical Range and Accuracy :
Secara umum, akurasi grammar Josua cukup baik. Ada beberapa kesalahan, tetapi jumlahnya tidak banyak dan umumnya bersifat minor. Selain itu, Josua telah menggunakan kalimat-kalimat kompleks yang cukup bervariasi.
Afterword
Secara general Josua menunjukan progress yang signifikan, terutama dalam Writing section. Josua mengikuti kelas dengan disiplin dan mengikuti instruksi yang diberikan dengan seksama sehingga kemajuannya sangat memuaskan. Ia juga sangat gigih dalam memperbaiki kesalahan dan selalu mendorong diri agar menjadi lebih baik serta meningkatkan kualitas tulisannya.
Saya berharap yang terbaik untuk Josua. Pesan saya adalah agar Josua lebih memperhatikan waktu dan mengaturnya dengan baik, sehingga sempat memeriksa kembali hasil kerjanya dan menghindari kesalahan yang tidak diperlukan.
Semoga sukses untuk IELTS-nya! Saya tunggu kabar baik dari Josua.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H