Penyebaran Pemahaman Budaya Positif
Latar Belakang
Dalam aktivitas kegiatan pembelajaran dan pendidikan di SD Negeri Buniwah 03, Â masih dijumpai suatu peristiwa maupun tindakan yang belum mencerminkan disiplin positif. Tentu, apabila belum bisa mewujudkan disiplin yang positif, sangat sulit mewujudkan budaya positif. Baik itu untuk murid maupun guru-guru. Budaya positif harus dapat diwujudkan secara konsisten oleh semua warga sekolah.
Maka, dalam rangka memahami tentang budaya positif, perlu penyebaran pemahaman tentang dimensi terkait budaya positif. Dimensi tersebut, antara lain, Perubahan Paradigma Baru, Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi.
Oleh karena itu, saya sebagai CGP Angkatan 10 akan melaksanakan diseminasi Penyebaran Pemahaman Budaya Positif kepada Guru-Guru SD Negeri  Buniwah 03. Pada momentum ini saya akan menyampaikan materi dan aktivitas budaya positif yang telah saya lakukan sebagai salah satu   contoh. Sekaligus mendapat masukan dari guru dan kepala sekolah.
Tujuan
Adapun tujuan dari tindakan ini adalah sebagai berikut:
- Menyebarkan pemahaman tentang implementasi budaya positif di SD Negeri Buniwah 03 .
- Memberikan pemahaman tentang Perubahan Paradigma Baru, Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi.
- Memberikan contoh implementasi Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi.
- Mengajak dewan guru mengimplementasikan Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi di kelas dan sekolah.
Tolok Ukur
Untuk mewujudkan rencana tindakan aksi nyata ini, diharapkan dapat memenuhi tolok ukur, seebagai berikut.
- Semua guru SD Negeri Buniwah 03 memahami tentang rencana implementasi budaya  positif di sekolah.
- Semua guru SD Negeri Buniwah 03 memahami esensi dari Perubahan Paradigma Baru, Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi.Semua guru SD Negeri Buniwah 03 memahami langkah mengimplementasikan Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi.
- Semua guru SD Negeri Buniwah 03 melakukan aksi nyata dalam mengimplementasikan   Â
- Disiplin Positif, Nilai-Nilai Kebajikan, Kebutuhan Dasar Manusia, Lima Posisi Kontrol, Keyakinan Kelas, dan Restitusi di kelas dan sekolah.
Lini Masa Tindakan yang akan Dilakukan
Adapun lini masa tindakan yang akan dilakukan, sebagai berikut.
- Melaksanakan Diseminasi Penyebaran Pemahaman Budaya Positif di sekolah.
- Antar guru melakukan praktik dan diskusi keyakinan kelas dan restitusi.
- Guru SD Negeri Buniwah 03 menyusun keyakinan kelas masing-masing.
- Menerapkan restitusi terhadap murid
Dukungan yang dibutuhkan
Dukungan yang dibutuhkan sebagai berikut :
- Dukungan dari semua guru untuk lebih bersemangat mewujudkan budaya positif.
- Dukungan dari murid agar memahami tindakan budaya positif yang dilakukan oleh guru
Dokumentasi
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H