Saat pencegahan penularan virus corona berlangsung, dalam tiga bulan terakhir ini banyak bermunculan acara seminar secara virtual.Â
Kalau lazimnya seminar pada kondisi normal dilangsungkan di hotel atau ruangan khusus kini pada era pencegahan penularan virus corona bahkan hadir di rumah.Â
Sebagai daya tarik pasti menampilkan nara sumber yang cukup kondang seperti pakar dibidangnya atau figur publik.Â
Materi yang dibahas dari tema kesehatan hingga sales, politik bahkan ekonomi. Sarana yang digunakan pada umumnya tiga media yakni Instagram Live, Zoom dan Youtube.
Instagram Live
Seminar dengan media Instagram Live dapat disebutkan sebagai media yang paling sederhana. Ada host yang sekaligus berperan sebagai moderator dan narasumber yang membahas topik tertentu dan diakhiri dengan Q&A.Â
Guna menarik minat pengunjung pada umumnya host menjanjikan hadiah yang dipilih dari penanya terbaik, ada yang memberikan souvenir seperti bantal, tumbler dan sedotan metal, hingga sepatu.Â
Instagram Live ada yang murni brrbagi pengetahuan juga ada yang ditumpangi sponsor. Biasanya sponsor yang menyediakan hadiah bagi peserta.Â
Peserta dapat mengajukan pertanyaan melalui fasiltas char yang akan dicatat oleh host merangkap moderator dan pertanyaan dijawab langsung oleh nara sumber.
Para selebritis nasional juga memanfaatkan Instagram Lives ini untuk menjangkau fansnya, di antara selebritis nasional yang pernah mengadakan Instagram Live adalah Raisa, Luna Maya dan Yuni Shara. Raisa paling sukses karena mampu menggaet ribuan peserta. Beberapa coach juga memanfaatkan Instagram Live seperti Deddy Budiman (sales) dan Ellies Sutisna (UMKM).
Zoom
Zoom biasanya digunakan untuk seminar yang yang memerlukan paparan dengan materi yang perlu disorot kehadapan peserta. Dengan fasilitas Zoom, dapat terjadi interaksi dua arah antara pembicara dan moderator dengan peserta.Â
Peserta dapat berbicara memberikan tanggapan atau pertanyaan dengan bicara langsung setelah mengacungkan tangan (melalui fitur Raise Hand).Â
Dengan Zoom, peserta juga dapat bertanya melalui fitur chat. Salah satu keunggulan penggunaan media Zoom dapat direkam.
Bahkan ada seminar virtual yang mendaftarkan pada rekor MURI dengan peserta terbanyak. Sebenarnya webinar ini sudah ada sebelum era corona, hanya saja kurang banyak peminatnya. Lebih sering mengikuti webinar dari perusahaan induk di luar negeri yang memberikan pelatihan kepada stafnya di perusahaan Indonesia sehingga menghemat biaya transpoetasi, akomodai dan waktu.
Youtube
Webinar dengan media youtube juga cukup menjadi trend pada era corona ini. Kompasiana di antaranya akan menyelenggarakan webinar dengan narasumber dari Bank Indonezia dan membahas Sistem Stabilitas Keuangan.Â
Webinar ini memberikan sertifikat digital bahkan fee pada pesertanya. Kebalikan dari webinar lain di mana peserta seharusnya membayar fee guna mengikuti webinar. Sama halnya dengan media Zoom, media Youtube juga dapat direkam.
Anda mau pilih yang mana? Silakan memilih media yang sesuai dengan keperluan materi yang akan disampaikan. Yang perlu diingat, sebelum mengadakan webinar sebaiknya membuat materi promosi yang menarik dan disebarkan melalui media sosial agar banyak yang mengetahuinya. Lebih baik lagi tentunya, bila Anda mampu menghadirkan narasumber yang menguasai bidangnya. Selamat ber-webinar!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H