Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Kolaborasi Mantenan App dan Grand Whiz Poins Square Mengurangi Stress Calon Pengantin

15 Juli 2019   08:24 Diperbarui: 15 Juli 2019   09:33 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kebanyakan calon pengantin mengalami tingkat stress yang tinggi. Berawal dari proses lamaran, penentuan hari pernikahan, menentukan jumlah undangan, menentukan tema resepsi pernikahan, menentukan venue, menentukan desain interior, menentukan catering dan jenis makanan yang dihidangkan, menentukan busana pengantin tradisional atau internasional, menentukan format undangan, memilih cindera mata, memilih seragam busana keluarga, perlu tidaknya pre-wed, memilih tukang rias, memilih tukang foto dan video, memilih perhiasan, memilih mobil pengantin hingga perlu tidaknya acara bulan madu. 

Dan tidak kalah tingginya stress saat menentukan anggaran dan siapa yang harus menanggung anggaran tersebut.

Siapapun yang sudah pernah melaksanakan upacara pernikahan pasti sudah mengakui tingginya tingkat stress yang harus dialami. Detail tiap item harus diperhatikan satu demi satu agar tidak ada yang terlewat yang dapat mengakibatkan gagalnya upacara sakral satu kali dalam proses kehidupan.

Mantenan App

Beruntunglah Anda yang saat ini sedang merencanakan upacara pernikahan, karena sudah ada aplikasi yang membantu mengurangi tingkat stress calon pengantin.

Nama aplikasinya Mantenan App, dikembangkan oleh Levi dan Putra bersama kelompok kerjanya. Levi memiliki latar belakang pemberi jasa dalam penyelenggaraan upacara pernikahan, ibunya adalah ahli rias kondang untuk pengantin tradisional. 

Levi juga telah berpengalaman sebagai wedding organizer, yang sering mendengar keluhan calon pengantin, seperti masalah venue, jumlah undangan dan lain-lain.

Levi memahami bahwa terdapat 150 juta pengguna internet di Indonesia, 60% diantaranya menggunakan smartphone, dan mereka berinteraksi dengan internet selama 8 jam per hari. 

Beruntung Levi ketemu dengan Putra, seorang dengan latar belakang Teknologi Informasi, lalu keduanya sepakat mengembangkan sebuah aplikasi dengan visi membantu calon pengantin merancang upacara pernikahan  tanpa Wedding Organizer sekalipun, serta membantu mereka yang bergerak di bidang wedding, termasuk penyedia jasa di gang-gang.

Dari tampilan depannya, logo Mantenan App sudah menggambarkan mampu membantu calon pengantin yang ingin menggunakan tema pernikahan internasional maupun tradisional.

Mantenan App (sumber: www.webhozz.com)
Mantenan App (sumber: www.webhozz.com)

Sisi Calon Pengantin

Pada tampilan berikutnya, calon pengantin dapat melihat dan memilih vendor yang bergabung. Lalu juga disediakan berita dan artikel terkait pernikahan yang selalu diupdate, seperti tentang seserahan, undangan, dll. Ada pula film yang wajib ditonton sebelum menikah.

Calon pengantin dapat menentukan calon tamu yang akan diundang berdasarkan kriteria keluarga pengantin, teman sekolah / kuliah, tetangga, relasi bisnis, teman komunitas, dan lain-lain. Setelah semua calon tamu di data, bila ternyata jumlahnya melebihi target, bisa menyeleksi berdasar filter yang ditentukan. 

Dengan demikian calon pengantin bisa mencoret calon tamu yang diprediksi tidak mungkin hadir, misal sekarang tinggal di luar negeri, dan kriteria lainnya. Setelah calon tamu dinyatakan tetap, bisa langsung dikirim ke pencetak undangan, sehingga lebih praktis.

Setelah calon pengantin menentukan tanggal pernikahan, maka secara periodik, aplikasi ini akan mengirimkan tips dan reminder yang bermanfaat bagi calon pengantin.

Pada aplikasi ini, calon pengantin juga dapat menyesuaikan anggaran dengan paket-paket yang ditawarkan. Jadi, Mantenan App bukan untuk memesan paket pernikahan, tetapi untuk merencanakan dan melakukan pemesanan kepada tiap pemberi jasa.

Aplikasi ini sekaligus berfungsi sebagai catatan digital, bahkan seandainya smartphone calon pengantin hilang atau rusak, dengan smartphone baru semua catatan digital tetap tersimpan rapi. Tentunya asal tidak lupa user id dan password-nya.

Meski pengelola Mantenan App sudah melakukan verifikasi terhadap vendor yang ingin bergabung, tetapi semua tanggung jawab tetap berada pada calon pengantin. Sebelum melakukan pembayaran uang muka, sebaiknya harus melakukan klarifikasi tentang bonafiditas vendor yang dipilih.

Calon pengantin yang mengakses Mantenan App tidak dikenakan beaya pendaftaran maupun success fee, jadi semuanya probono alias gratis.

Sisi Vendor

Mantenan App v.2 bersifat lebih memudahkan vendor untuk bergabung, karena dapat mendaftar  via aplikasi, sedangkan pada v.1 pendaftaran masih melalui web.  

Meski memberikan kemudahan bagi vendor melalui Dashboard vendor untuk mengisi lokasi, profil, paket wedding yang dijual, pengelola Mantenan App tetap melakukan verifikasi terlebih dulu, demi mencegah pemberi jasa abal-abal bergabung yang dapat merugikan calon pengantin.

Mantenan App mengincar pangsa pasar yang luas, dari penyedia jasa sederhana hingga kelas atas untuk  bisa bergabung. Mantenan App tidak mengenakan success fee terhadap vendor yang berhasil mendapatkan transaksi.

Mantenan App hanya membedakan jenis vendor yang mau bergabung, yang tidak berbayar fasilitasnya terbatas, sedangkan yang berbayar fasilitas lebih luas, tergantung paket yang dipilihnya,

Grand Whiz Poins Square

Salah satu unsur penting dalam upacara perkawinan adalah venue. Grand Whiz Poins Square adalah sebuah hotel bintang empat di Jakarta Selatan yang memiliki fasilitas terbaik dan terlengkap untuk pernikahan mulai dari pra nikah,  resepsi hingga bulan madu. Tentunya fasilitas ini juga tepat untuk pesta ulang tahun, pesta promosi jabatan, seminar maupun gathering.

Poins Square (dokpri)
Poins Square (dokpri)

Grand Whiz Poins Square menempati dua lantai di komplex apartemen Poins Square. Yakni lantai 6 yang menampung semua fasilitas hotel mulai dari lobby, enam meeting room, kolam renang, sauna / spa, fitness centre / gym, laundry, restoran Andromeda dengan hidangan internasional dan dua Ballroom. Ballroom terdapat di Tower A dan B yang dihubungkan oleh poolside garden.

Sementara kamar dipusatkan di lantai 23 dengan jumlah kamar sebanyak 159 kamar, terdiri 3 kamar Premier, dan kamar-kamar tipe Deluxe dan Superior yang memiliki single bed atau twin bed. 

Tiap kamar dilengkapi fasilitas akses internet wi-fi secara cuma-cuma, TV layar datar dengan ragam saluran lokal dan internasional serta kotak penyimpanan (safe deposit box),  seperti dijelaskan oleh Alia Kurniati, selaku Director of Sales.

Grand Whiz Poins Square lokasinya sangat prima, mudah dicapai dengan kendaraan umum bis Trans Jakarta maupun MRT. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, juga sangat dekat dengan pintu keluar tol Ciputat dan Pondok Indah. 

Kapasitas parkir juga sangat memadai, dapat menampung hingga 7.000 unit kendaraan di Basement 1,2 dan 3.  Setelah tiba di Poins Square, akses masuk dapat melalui lantai UG dengan lift langsung ke lantai 6.

Kolaborasi

Pada hari Sabtu 13 Juli 2019 telah dilakukan peluncuran Paket Pernikahan dengan Ramah Budget di Jakarta Selatan, dalam acara "Wedding Open House" sebagai kolaborasi antara Grand Whiz Poins Square dan Mantenan App. 

Acara ini juga didukung oleh Cerita Dekor, Essembicy Entertainment, Elva Kebaya, Sanggar Tien Santoso, Lingkar Delapan Production dan Sewindu Photography.

Acara ini ditandai dengan pembukaan selubung tiga paket yang diluncurkan untuk kapasitas 200, 300 dan 400 orang. Sebuah paket pernikahan lengkap dengan ramah budget ditawarkan mulai dari Rp. 99.000.000,- untuk 200 orang, yang meliputi venue, catering, hair styling & make up, live music & entertainment, bunga dan paket dekorasi, dokumentasi serta sound system.

Paket (dokpri)
Paket (dokpri)

Sonny Harsono, General Manager Grand Whiz Poins Square, Alia Kurniati, Director of Sales, Levi dan Putra (Mantenan App) bersama-sama melakukan pembukaan selubung.

Pembukaan Selubung (dokpri)
Pembukaan Selubung (dokpri)

Kapasitas tamu Grand Whiz Poins Square, untuk indoor menggunakan Ballroom di Tower A 300 orang dan Tower B 300 orang, serta pool area 400 orang.

Pelaminan (dokpri)
Pelaminan (dokpri)

Live Music / Entertainment (dokpri)
Live Music / Entertainment (dokpri)

Setelah peluncuran Paket Pernikahan Ramah Budget, dilanjutkan dengan menyaksikan suasana live pernikahan di area poolside, dengan menghadirkan model pengantin, hiburan dan sekaligus test food hidangan lengkap dari soup, salad, menu utama, dessert hingga gubug / stall.

Dessert (dokpri)
Dessert (dokpri)

Soto Betawi di Gubug (dokpri)
Soto Betawi di Gubug (dokpri)

"Dengan adanya paket All In One ini diharapkan para calon pengantin tidak perlu kawatir dan kebingungan mencari vendor satu per satu di luar sana, karena semua vendor sudah melalui seleksi yang ketat oleh Mantenan App selaku mitra Grand Whiz Poins Square, sehingga semua vendor yang kami ajukan adalah vendor-vendor yang berkualitas," ujar Rina Lumbantoruan selaku Marketing Communication Grand Whiz Poins Square.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun