Mohon tunggu...
Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Mohon Tunggu... Purna tugas - Blogger

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

Kurma

Lebaran Sebentar Lagi, Mau Belanja di Mana?

9 Juni 2018   03:35 Diperbarui: 13 Juni 2018   07:15 685
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lebaran atau hari raya Idul Fitri, seperti hari raya keagamaan lainnya selalu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pakar pemasaran untuk mendongkrak omzet penjualan.

Dengan promosi besar-besaran baik secara fisik di mall-mall maupun melalui dunia maya via toko-toko online. Promosinya sangat spektakuler dari harga yang dicoret dari 500 ribu menjadi 100 ribu, atau Beli 1 200 ribu, Beli 2 300 ribu bahkan diskon up to 90%. 

Hanya saja Anda harus jeli, karena diskon atau promosi khusus ini sebenarnya hanya pancingan agar Anda mau masuk ke tokonya. Disamping produk yang sengaja harganya dibanting habis bahkan mungkin dijual rugi, masih banyak produk yang dijual tanpa diskon, yang merayu Anda untuk dibeli juga.

Meski saat menjelang Lebaran, saku Anda sedang penuh, karena baru saja menerima Tunjangan Hari Raya (THR), namun sebaiknya Anda harus bijak dalam berbelanja. Baik belanja pakaian maupun belanja kebutuhan memasak guna menyambut Lebaran. Belanjalah sesuai kebutuhan.

Spot Belanja Favorit

Dari sekian banyak mall maupun toko yang menawarkan promosi menarik. Tahun-tahun terakhir ini saya menemukan momen belanja yang lebih afdol waktunya, yakni Midnite Sale.

Lazimnya menjelang Lebaran mall-mall maupun toserba diserbu pengunjung khususnya pada akhir pekan, belanja menjadi kurang nikmat karena harus saling senggol bahkan berebut barang di bak-bak diskon.

Dengan adanya Midnite Sale yang diselenggarakan beberapa mall, meski pada akhir pekan juga, jumlah pengunjungnya lebih terbatas. Juga diskonnya lebih banyak. Bila pada jam operasional biasa diskon 50%, pada Midnite Sale sering ditambah lagi 20% diskon tambahan.

Hanya saja matematisnya Anda harus paham agar jangan membeli secara membabi buta. Misal harga baju 500 ribu, diskon 50% dan diskon tambahan 20% bukan berarti diskon menjadi 70%, sehingga Anda berharap hanya membayar 150 ribu. Hitungannya begini, diskon 50% menjadi 250 ribu, lalu ada tambahan diskon 20%, jadi Anda harus membayar 200 ribu saja.  

Namun kadang saya merasa kasihan melihat kayawan mall atau toko yang sudah kelelahan masih harus menjaga toko hingga tengah malam. Tapi untungnya sekarang beberapa mall sudah merekrut tenaga paruh waktu yang masih segar untuk menjaga toko selama program Midnite Sale.

Ini pengalaman saya belanja menjelang Lebaran, bagaimana pengalaman Anda dan mana spot belanja paling afdol bagi Anda? Selamat belanja secara bijak.

(Singapore, June 9, 2018)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun