Saya hadir di acara ini, setelah mendaftar pada event bertajuk "Kompasiana Coverage: Sony Xperia Playground". Pada H-2, saya menerima konfirmasi bahwa saya termasuk yang terpilih untuk boleh hadir pada event ini.
Setelah santap siang di Carlo de Huts, Senayan City, saya menuju ke Locanda Food Voyager, Panin Bank Building yang tidak terlalu jauh dari Senayan City. Untuk menemukan lokasi Locanda tidaklah terlalu sulit, karena resto ini memang sering digunakan untuk seminar atau peluncuran produk baru. Apalagi, kemarin terlihat dari area parkir, sebuah tiang dengan jaring yang dikaitkan dengan tempat air (flush) bertuliskan "Sony Xperia".
Memasuki area registrasi sudah terdapat antrean cukup panjang, namun tidak ada yang saya kenali. Saya memilih jalur antrean yang lowong, dan ternyata tepat untuk registrasi ulang bagi K'er, nama saya tercantum diantara 60 nama K'er.
Lalu saya berpikir, nah yang sedang mengantre di barisan lain ini siapa? Padahal kalau mengacu dari nama event "Kompasiana Coverage" mestinya ini acara gawenya Kompasiana. Setelah MC muncul dan menyapa peserta yang sudah hadir, saya baru tahu bahwa ternyata event hari itu adalah event-nya Sony Xperia yang mengundang beberapa komunitas seperti Kaskus, Indonesia XPeria Fotografi, Pecinta Fotografi Ponsel dan lain-lain termasuk Kompasiana.
Jadi, lain kali sebaiknya disebutkan saja ini acara Sony jangan menggunakan tajuk "Kompasiana Coverage", karena yang diundang bukan K'er saja.
Mengenal Teknologi Sony Xperia
Hari itu K'er merupakan komunitas dengan anggota yang hadir paling dominan. Bila ada kuis yang menang ya K'er. Diminta bersorak oleh MC, suara paling riuh berasal dari para K'er.
Pada event kemarin Sony Xperia melakukan peluncuran produk terbarunya di kelas menengah dengan spesifikasi teratas, yakni Sony Xperia C5 dan M5. Selain melakukan Unboxing, Sony Xperia juga memperkenalkan program komunitasnya yang diberi jejuluk Xperia LoungeID. Komunitas ini sekarang sudah memiliki 550 ribu anggota.
Ibu Ika, Manajer Pemasaran dari Sony Xperia memberikan presentasi dan demo singkat untuk membedah fitur-fitur unggulan kedua jenis Sony Xperia terbaru.
Secara umum Sony sebagai produsen elektronik terkemuka di Jepang, yang mulai tenar dengan inovasi walkman, dan kini menguasai pasar fotografi, elektonika rumahan (televisi, video, audio dan hiburan: movie dan musik). Dan Sony mengadopsi semua keunggulan di banyak bidang itu untuk diterapkan pada produk baru smart phone-nya.
Sekarang manusia selalu ingin praktis, bila berwisata maunya tidak repot membawa kamera, cukup bawa smart phone yang memiliki fitur kamera yang mumpuni. Bahkan untuk keperluan berburu foto (photo hunting), Sony mengklaim cukup membawa Sony Xperia. Sony Xperia juga memiliki fitur terbaik untuk photo selfie.
Selain canggih dalam sisi fotografi, Sony Xperia juga mumpuni untuk bersosial media, sebut saja Instagram, Facebook, Twitter, Line dan lain-lain dapat dioperasikan dengan mudah pada Sony Xperia.
Sony Xperia memiliki display yang tidak menyilaukan dan tidak melelahkan mata, karena mengadopsi teknologi display dari Bravia Engine II yang banyak dipakai pada televisi Sony.
Unboxing Sony Xperia
Ada dua jenis Sony Xperia yang dibedah saat itu, yakni dua jenis smart phone yang belum ada dipasaran saat ini, M5 dan C5.
Sony Xperia M5 Dual hadir dengan disain yang tipis, waterproof, memiliki kamera 20MP yang mengadopsi teknologi kamera Sony dengan fokus 0.2 detik untuk menangkap gambar dengan baik, khususnya pada latar belakang gelap atau pencahayaan terbatas (backlight) serta kecepatan tinggi maupun obyek yang bergoyang. Hasil foto tanpa distorsi, yang dihasilkan oleh fitur clear image zoom. Sony Xperia M5 memiliki kamera depan 13MP. Juga didukung oleh baterai yang memiliki usia pakai terlama. Pemilik Sony Xperia M5 diperbolehkan mengunduh musik yang berlabel Sony secara gratis. Dengarkan lagu merdu setiap saat.
Sony Xperia M5 memiliki tiga warna pilihan Black, White atau Gold. Estimasi harga dipasaran Rp. 5.9 juta.
![](https://assets.kompasiana.com/items/album/2015/10/06/xperia0-5613a5830bb0bdb5098b4567.jpg?v=300&t=o?t=o&v=770)
![](https://assets.kompasiana.com/items/album/2015/10/06/xperia2-5613a689e322bd3e0a8b456a.jpg?v=300&t=o?t=o&v=770)
Â
Pada acara Unboxing, tiap meja diberikan satu unit Sony Experia M5 atau C5 untuk dicoba dan dieksplorasi langsung oleh masing-masing peserta. Selain itu juga diberikan tantangan kepada tiap komunitas untuk menghasilkan foto terunik.
![](https://assets.kompasiana.com/items/album/2015/10/06/xperiaselfie-5613a61fd8937361068b4569.jpg?v=300&t=o?t=o&v=770)
Bagi K'er yang hadir pada Sabtu 3 Oktober 2015 lalu, bila berminat membeli produk Sony Xperia, dipersilakan menghubungi kantor Kompasiana guna mendapatkan voucher diskon 500 ribu Rupiah. Ingat voucher ini mengikat pada nama peserta Unboxing, jadi tidak dapat dipindah tangankan.
Juga bagi yang ingin belajar memotret dengan baik, segera dilaksanakan program Photo Academy III.
Kesimpulan
Sony senantiasa memperbaiki spesifikasi produk agar selalu lebih baik dari produk sebelumnya.
Sony Xperia M5 Dual dan C5 Ultra Dual sudah memiliki fitur-fitur handal baik untuk musik, audio. video, lama baterai maupun fotografi serta bersosial media. Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan voucher diskon, dan sempurnakan kehidupan Anda dengan teknologi Sony.
 Note : Foto-foto adalah dokumentasi pribadi
Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI