Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Mode Blok Universitas Negeri Malang (UM) Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang melakukan sosialisasi penggunaaan aplikasi AR dan media sosial eduwisata gerabah di Balai Desa Pagelaran pada Jumat (06/11).
Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Balai Desa Pagelaran ini dihadiri oleh anggota Karang Taruna yang bertempat tinggal di Kampung Geta'an, yang merupakan pusat kerajinan gerabah di Desa Pagelaran. Sosialisasi media sosial ini diisi oleh Mahasiswa KKN UM sendiri yaitu Kamila dan Tika, selaku penanggung jawab program kerja.
Sosialiasi ini merupakan upaya mahasiswa KKN UM untuk menyampaikan ide branding eduwisata kampung gerabah kepada masyarakat di Desa Pagelaran.Â
Dalam materi yang disampaikan, ide branding tersebut akan menggunakan media sosial Instagram karena merupakan media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain itu, eduwisata kampung gerabah di Desa Pagelaran telah memiliki akun instagram kampung.gerabah dan sudah ada sebelum kedatangan mahasiswa KKN UM semester gasal tahun ini.
Materi yang disampaikan dalam sosialisasi pengguna media sosial yaitu tentang penggunaan desain template untuk media sosial instagram dan penerapan penggunaan hashtag, yang berupa tanda pagar (#) dalam setiap caption yang akan di upload ke instagram.
Jauh-jauh hari, Kamila dan Tika telah mulai mengisi konten di akun instagram tersebut sebelumnya. Dengan caption yang sederhana, mereka berniat untuk memperkenalkan terlebih dahulu gerabah apa saja yang diproduksi di kampung gerabah. Dengan mengisi konten beserta caption sedemikian rupa, mereka berharap dapat ditiru dan diteruskan oleh admin Instagram kampung gerabah berikutnya.
Dalam materi yang disampaikan, Tika mengingatkan kepada peserta sosialisasi untuk selalu menggunakan hashtag yang sudah mereka sediakan setiap kali memposting foto/konten di Instagram.Â
Dengan menyertakan hashtag pada setiap postingan di Instagram, maka akan dapat memudahkan dalam mengelompokkan konten. Pengguna Instagram yang ingin mengikuti update-an seputar postingan eduwisata kampung gerabah dapat langsung mengetikkan hashtag yang dimaksud, kemudian konten yang mengandung hashtag tersebut akan muncul.
"Jangan lupa dikasih hashtag, supaya orang-orang bisa menemukan akun Instagram kampung gerabah dengan mudah," pesan Tika.
Selain untuk memudahkan orang-orang yang ingin menemukan postingan tertentu yang berkaitan dengan eduwisata kampung gerabah, penggunaan hashtag tersebut juga untuk kebutuhan branding dan mempromosikan produk secara online. Dengan membuat hashtag pada setiap postingan, mahasiswa KKN UM berusaha memunculkan brand untuk kampung wisata gerabah.
Hingga saat ini, beberapa hashtag yang sudah digunakan di setiap postingan di Instagram kampung gerabah ialah #wisataedukasi, #eduwisatagerabah, #desawisata, #dusungetaan, #gerabahmalang, #gerabahindonesia, #belajarmembuatgerabah, dan #belajargerabah.
Desa Pagelaran merupakan desa binaan UM dalam pengabdian kepada masyarakat dalam pembangunan desa berkelanjutan sejak awal tahun 2020. Dalam sambutannya, Jaka, selaku perwakilan dari perangkat desa dan masyarakat Kampung Geta'an merasa bersyukur dengan kedatangan mahasiswa dari UM yang senantiasa membantu berpikir untuk memajukan kampung eduwisata gerabah yang ada di Desa Pagelaran.
"Ke depannya, kami berharap kerja sama itu tetap berjalan sampai benar-benar kampung gerabah bisa maju dan dikenal di seluruh Jawa Timur dan Indonesia," Â tuturnya.
Melalui sosialisasi yang sederhana ini, mahasiswa KKN UM berharap agar warga dan karang taruna Kampung Geta'an dapat termotivasi untuk mengembangkan kampung gerabah melalui branding media sosial serta menjadi desa yang produktif dalam memproduksi produk unggulan desa.
Penulis : Suti Mega Nur Azizah
Fotografer : Ferina Ayu Pusparani
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H