Mohon tunggu...
HG Sutan Adil
HG Sutan Adil Mohon Tunggu... Sejarawan - Pemerhati dan Peneliti Sejarah dari Sutanadil Institute

Pemerhati dan Penulis Sejarah, Ekonomi, Sosial, Politik. Telah menulis dua buku sejarah populer berjudul Kedatuan Srivijaya Bukan Kerajaan Sriwijaya dan PERANG BENTENG, Perang Maritim Terbesar Abad 17 dan 19 di Palembang. (Kontak 08159376987)

Selanjutnya

Tutup

Palembang

Benarkah Kesultanan Palembang Darussalam Sudah Dihapus...?

2 Agustus 2024   17:00 Diperbarui: 2 Agustus 2024   17:02 489
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Plang Nama Kantor Militer di Depan Keraton Kuto Besak // Sumber : Sutanadil Institute

Benarkah Kesultanan Palembang Darussalam Sudah Dihapus..?

Oleh : Gustavo Muaraqel

Kesultanan Palembang Darussalam merupakan salah satu Negara Besar yang pemerintahan dan rakyatnya makmur di zamannya, yaitu menjadi kesultanan yang kaya akan Tambang dan Hasil Pertanian serta kehutanan lainnya. Wilayah kekuasaannya meliputi Sumbagsel sekarang ini termasuk Kepulauan Bangka Belitung serta sebagian Lampung, sebagian Jambi dibagian selatan dan Bengkulu disisi timur.

Dengan Kondisi seperti diatas, maka Kesultanan Palembang Darussalam menjadi target Kolonialis seperti Belanda dan Inggris untuk bekerjasama dalam perdagangan dan sebagaimana sifat kolonialis selanjutnya adalah ingin menguasai wilayah yang kaya dengan sumber daya alam ini.

Sejak kembalinya keturunan Raden Fatah yang merupakan putra asli kelahiran dan tanah leluhurnya di Palembang, maka keberadaan Palembang yang dahulunya sudah merupakan pelabuhan besar saat itu semakin dikenal dan pada tahun 1552 M bersama penguasa lokal yang ada, berhasil membuat kerajaan yang dikenal selanjutnya sebagai Kerajaan Palembang.

Ilustrasi Perang Benteng Pertama tahun 1659 di Sekitar Pulau Kemaro // Sumber : Sutanadil Institute
Ilustrasi Perang Benteng Pertama tahun 1659 di Sekitar Pulau Kemaro // Sumber : Sutanadil Institute

Atas Keberhasilan Kerajaan Palembang dalam Perang Benteng Pertama , yaitu Perang Maritim terbesar ditahun 1659 M, melawan Kolonialis Republik Belanda (Vereenigde Oostindische Compagnie/VOC) dan berhasil mengusir mereka dari Palembang, maka mulailah era Kesultanan Palembang Darussalam yg makmur dan menjadi pusat penghasil timah dan lada terbesar di Nusantara.

Namun sangat disayangkan, ingatan kolektif masyarakat tentang kebesaran dan kejayaan Kerajaan dan Kesultanan Palembang Darussalam yang telah berkuasa hampir 300 tahun atau tiga (3) abad di Palembang ini sudah “Terlupakan” dan hanya zuriah atau keturunan mereka dan sedikit masyarakat saja yang memahaminya.

Kebesaran dan Kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam ini juga sedikit sekali diajarkan dan malah tidak masuk dalam standar pelajaran di sekolah lokal maupun tingkat nasional. Kebanyakan masyarakat Palembang hanya mengetahui sejarah besar Sriwijaya, temasuk juga secara nasional sangat gegap gempita sekali publikasi sejarah Sriwijaya ini dan hal ini didukung juga dengan Dana Besar dalam penelitian dan publikasinya.

Justru sejarah Kesultanan Palembang malah dipublikasikan sudah “Dihapus” dan sudah tidak ada lagi sejak tahun 1821, dimana Kolonialis Belanda berhasil menguasai Palembang dengan menganti Sultan yang berkuasa saat itu, Sultan Ahmad Najamuddin Pangeran Ratu (SAN III), dengan mengantinya dan mendudukkan Sultan Ahmad Najmuddin Prabu Anom (SAN IV), sebagai pengganti sesuai keinginan mereka.

Sultan Ahmad Najamuddin Pangeran Ratu (SAN III), Sultan Ke-9 Kesultanan Palembang Darussalam // Sumber : Sutanadil Institute
Sultan Ahmad Najamuddin Pangeran Ratu (SAN III), Sultan Ke-9 Kesultanan Palembang Darussalam // Sumber : Sutanadil Institute

Sultan Ahmad Najamuddin Prabu Anom (SAN IV), Sultan Ke-10 dan terakhir Kesultanan Palembang Darussalam // Sumber : Sutanadil Institute
Sultan Ahmad Najamuddin Prabu Anom (SAN IV), Sultan Ke-10 dan terakhir Kesultanan Palembang Darussalam // Sumber : Sutanadil Institute

Pernyataan “Dihapus” ini masif sekali terdengar dan malah tidak sedikit diambil sebagai rujukan sejarawan dan akademisi sampai sekarang untuk menulis tentang sejarah Kesultanan Palembang Darussalam. Disisi lain, belum ada ditemukan sumber tertulis atau sumber sejarah primer yang menyatakan dengan jelas adanya kata “Dihapuskan” kesultanan Palembang ini.

Berdasarkan Sumber Naskah Kuno Palembang “Hikayat Mareskalek” atau “Hikayat Palembang” setelah dialih bahasakan oleh Tim Lembaga Kajian Melayu “Majelis Reboan” tahun 2019, tidak ada ditemukan surat atau perjanjian tertulis tentang penghapusan Kesultanan Palembang Darussalam ini. Yang ada disebutkan adalah adanya perubahan sistem pemerintahan di Kesultanan, dimana Sultan masih ada sebagai simbol dan para sultan dan jajarannya hanya diberikan Gajih (Honorarium dari Belanda). Juga yang ada adalah pengelolaan dan pembagian wilayah kekuasaan antara Sultan Palembang Darussalam dan Belanda.

Buku Hikayat Palembang, karya Tim Lembaga kajian Melayu
Buku Hikayat Palembang, karya Tim Lembaga kajian Melayu "Majelis Reboan" // Sumber : Sutanadil Institute

Begitupun sejak tahun 1825 M, dikala Sultan Ahmad Najamuddin Prabu Anom ditangkap karena memberontak dan diasingkan ke Batavia dan selanjutnya ke Manado, catatan tertulis mengenai telah “dihapuskannya” Kesultanan Palembang Darussalam tidak ada dan tidak ditemukan secara tertulis. Malah simbol Kesultanan dan Bangsawannya yang mau berkerjasama dengan kolonialis terus dipakai untuk menaklukkan daerah Uluan yg masih belum bisa ditaklukkan. Sehingga dikotomi kata “Dihapukan” ini menjadi rancu dan dilain pihak hanyalah “Tafsiran” dari para Sejarawan yang disimpulkan dari catatan dan dokumen yang ada.

Buku Kesultanan Palembang Dalam Pusaran Konfilk 1804-1825, karya DR. Farida W Wargadalem // Sumber : Sutanadil Institute
Buku Kesultanan Palembang Dalam Pusaran Konfilk 1804-1825, karya DR. Farida W Wargadalem // Sumber : Sutanadil Institute

Jika dilihat dari Buku “Kesultanan Palembang Dalam Pusaran Konflik (1804-1825)” karya Dr. Farida Ratu Wargadalem, yang merupakan buku dari hasil disertasi beliau dan banyak mengambil sumber catatan Kolonial yang tersimpan di Arsip Nasional Republil Indonesia (ANRI), juga tidak ditemukan catatan dan data primer mengenai kata Penghapusan Kesultanan Palembang Darussalam, selain dari tafsiran beliau tentang kata Penghapusan ini.

Namun sayangnya, dikotomi tentang “Penghapusan Kesultanan Palembang” sejak dahulu, yaitu sejak Kolonialis Belanda mengambil alih Kesultanan Palembang Darussalam, menjadi begitu dikenal dan menjadi Ingatan kolektif masyarakat hingga saat ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan tidak banyak masyarakat yg paham tentang Kerajaan dan Kesultanan Palembang Darussalam yang telah berkuasa selama hampir 300 tahun, jika dibandingkan dengan sebagaimana ingatan kolektif masyarakat tentang kehebatan Sriwijaya.

Tidak sedikit masyarakat yang masih berpahaman bahwa Sriwijaya itu sama dengan Kerajaan dan Kesultanan Palembang Darussalam, sehingga menganggap Sultan dari Kesultanan Palembang ini adalah juga Raja Sriwijaya. Tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa Cagar Budaya Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam adalah peninggalan dari Sriwijaya.

Tidak sedikit pula yang berpendapat bahwa Cagar Budaya yang ada sekarang ini adalah juga Peninggalan Kolonialis Belanda. Contoh kasus yang kasat mata dan terang benderang adalah Benteng Kuto Besak (BKB), yang dahulunya adalah sebuah “Keraton KeEnam” dari Kesultanan Palembang Darussalam dan sekarang berganti nama sesuai dengan tulisan besar didinding benteng tersebut yang bertuliskan Benteng Kuto Besak, sehingga masyarakat umum dan wisatawan yg melintas disana mengenalnya sebagai sebuah Benteng Pertahanan dan bukan sebuah Keraton dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Tulisan Benteng Kuto Besadi didinding Keraton Kuto Besak Palembang // Sumber : Sutanadil Institute
Tulisan Benteng Kuto Besadi didinding Keraton Kuto Besak Palembang // Sumber : Sutanadil Institute

Ada Sejarawan/Arkeolog juga yang berpendapat bahwa BKB ini adalah peniggalan Belanda karena dibuktikan dengan bangunan yang ada didalam BKB ini adalah bangunan buatan Kolonialis Belanda dan setelah melakukan eksavasi tidak menemukan jejak Kesultanan Palembang Darussalam disana. Apakah pendapat inilah yang menjadi alasan penguasa sampai sekarang bahwa BKB ini adalah peninggalan Kolonialis Belanda dan selanjutnya masih difungsikan terus sebagai sebuah Benteng Pertahanan..?, sehingga sampai sekarang masih difungsikan sebagai Kantor Kesehatan Militer Kodam II Sriwijaya.

Plang Nama Kantor Militer di Depan Keraton Kuto Besak // Sumber : Sutanadil Institute
Plang Nama Kantor Militer di Depan Keraton Kuto Besak // Sumber : Sutanadil Institute

Ingatan kolektif tentang “Penghapusan” Kesultanan Palembang Darussalam ini jugalah sepertinya yang menyebabkan pemerintah sekarang kurang memahami tentang adanya Perang Maritim Basar dan Benteng Pertahanan Kesultanan Palembang di Pulau Kemaro  dan sekitarnya, Plaju dan Bagus Kuning, sebagaimana yg ditulis oleh HG. Sutan Adil dalam bukunya “Perang Benteng, Perang Maritim Terbesar Abad 17 dan 19 di Palembang”, sehingga yang ada di Pulau Kemaro tersebut sekarang adalah bangunan dan pariwisata Bangsa Asing, yaitu Pagoda dan Kelenteng, dan malah difasiltasi pemasarannya dengan dibentuknya Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di Pulau Kemaro oleh Pemerintah Kota Palembang.

Buku
Buku "Perang Benteng, Perang Maritim Terbesar Abad 17 dan 19 di Palembang", Karya HG Sutan Adil // Sumber : Sutanadil Institute
Ilustrasi Perang Benteng Pertama di perairan Pulau Kemaro // Sumber : Sutanadil Institute
Ilustrasi Perang Benteng Pertama di perairan Pulau Kemaro // Sumber : Sutanadil Institute

Efek dari pernyataan “Penghapusan” Kesultanan Palembang Darussalam ini sepertinya telah menjadikan sejarah besar Kesultanan Palembang Darussalam terpinggirkan dan mengakibatkan tidak sedikit Sejarawan dan Stakeholder Sejarah lainnya juga menjadi berbeda pendapat yang pada akhirnya banyak Cagar Budaya yang ditinggalkannya menjadi terbengkalai dan tidak optimal penggunaannya.

Semoga cerita sejarah besar Kesultanan Palembang Darussalam bisa terus diteliti dan diungkap dengan sebenar-benarnya yang mana diperkirakan masih banyak sejarah dan cagar budaya peninggalannya yang masih tenggelam, atau dengan kalimat kiasan dapat disebutkan sebagai Masih Tenggelam Dalam Derasnya Arus Sungai Musi.

*) Penulis adalah Pemerhati dan Penulis Sejarah dari Sutanadil Institute.

Palembang, 1 Agustus 2024

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Palembang Selengkapnya
Lihat Palembang Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun