Unsur seni rupa antara lain titik, garis, bidang, bentuk, ruang, warna, tekstur dan gelap terang. Semuanya adalah unsur yang membangun suatu karya seni rupa.
Sering kali kita jumpai, bila  siswa diberikan kesempatan untuk menggambar, baik itu menggambar bebas atau pemandangan, siswa selalu menarik garis horizontal atau garis membujur yang memisahkan antara langit dan bumi.
Tidak jarang kita jumpai dua gunung, sawah, jalan, burung, matahari dan lainnya, Â yang selalu di tuangkan dalam karyanya. Untuk membuat sebuah karya seni rupa dua demensi, unsur yang paling sering digunakan adalah garis. Garis adalah unsur seni untuk membuat obyek yang akan kita ekspresikan kedalam media gambar, sering kali siswa sulit untuk menciptakan ide-idenya kedalam media gambar (kertas, kain dll).
Untuk membantu siswa dalam berkarya, diperlukan sebuah gagasan yang menarik dan merangsang. Biasanya  bila siswa  diminta menciptakan sebuah karya/gagasan,  karyanya monoton dan mudah ditebak, karena  pada umumnya gambar pemandangan seperti berikut
Gambar pemandangan yang sering siswa buat itu secara perspektif sudah tepat seperti 2 gunung, sawah, jalan dan matahari, tetapi ada  nilai monoton atau itu-itu saja, sehingga siswa mengalami kebosanan.
Bagaimana supaya tidak mudah ditebak ?
Menggambar bebas atau pemandangan yang tidak biasa, artinya tetap menggambar sesuai materi yang sedang diajarkan, nilai perspektif atau gambar kesan nyata, yang ciptakan dengan benar sesuai hukum-hukum perspektif yang berlaku.
Setiap siswa dibagikan kertas gambar yang sudah diberikan sepenggal gambar, siswa bisa melanjutkan gambar tersebut, sesuai dengan ide dan gagasan yang ada untuk menciptakan sebuah obyek gambar pemandangan yang menarik dan tetap menjaga gambar supaya menjauhi gambar yang biasa dibuat.
Gambar akan dibuat dan tetap menampilkan gambar pemandangan, tetapi ada perbedaan karena gambar tersebut tidak mudah ditebak, seperti biasanya.
- Siswa dimudahkan untuk membuat karya seni rupa dua dimensi, yang tidak dihasilkan dari turun temurun.
- Memberikan gambar pancingan (beberapa obyek gambar yang belum sempurna), untuk menciptakan sebuah gambar yang menarik
- Siswa meneruskan dan menciptakan kreatifitas, dipastikan satu dengan yang lain tidak akan sama.
- Siswa lebih mudah mengerjakan, dan tidak binggung
Tentunya tidak semudah yang kita bayangkan untuk menciptakan sebuah ide gambar, kendala pasti ada, tetapi mudah diatasi, karena secara tidak langsung siswa sudah termotivasi melihat sepenggal gambar yang sudah ada, siswa akan menghadapi sebuah obyek gambar yang jarang dijumpai  pada posisi yang beda, tetapi dengan bantuan sepenggal obyek yang sudah disediakan siswa akan mudah untuk menciptakan idenya daripada kertas yang kosong.Â