Saya Mahsusi Rif'ah, S.Pd., Gr.mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Swasta Wana Sawit melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS pada materi Cuaca dan Iklim pengaruhnya pada lingkungan sawit. Pembelajaran dilaksanakan pada kelas VIII dengan kegiatan diawali doa lalu pemberian salam pada guru, dilanjutkan dengan ice breaking yell IPS.
IPS IPS Ku Suka
IPS IPS Ku CintaÂ
Ku Suka Ku Cinta IPS
IPS ... Cerdas
Wawasan ... Luas
Merdeka ... Belajar
Merdeka ... Bahagia
Setelah itu dilanjutkan dengan asesmen awal untuk kegiatan pembelajaran sehingga melalui melalui asesmen awal ini sebagai pengelompokan siswa terkait pemahaman siswa tentang materi cuaca iklim, selanjutnya dibagi dalam tiga kelompok ada dimana saat dalam pembagian kelompok ditawarkan kepada siswa karena terkait dengan diferensiasi produk diberi gambaran pada siswa pada nanti ada diferensiasi dalam penyelesaian tugas kelompok bisa berupa slide presentasi, poster ataupun hasil wawancara berupa video. Dimana dalam berkelompok tersebut siswa diberi keleluasaan dalam memilih kelompoknya dan mendiskusikan dalam kelompok tentang pengolahan hasil kelompoknya terkait pengamatan cuaca dan iklim terhadap lingkungan sawit tempat siswa berada.
Dalam pembagian kelompok ada kelompok peneliti, kelompok perancang dan kelompok wawancara dalam penentuan anggota kelompok sesuai dengan minat dari peserta didik, bagi siswa yang suka dalam mendesain slide presentasi maka memilih kelompok peneliti, bagi siswa yang suka mendesain poster maka memilih kelompok perancang serta bagi siswa yang suka langsung mewawancarai pemanen yang ada di afdlingnya maka memilih kelompok wawancara tentunya dengan laporan berupa video kegiatan wawancara.
Dimana masing - masing karya kelompok dikerjakan bersama dengan pendampingan guru pada masing - masing kelompoknya, untuk kelompok wawancara menyiapkan hal yang akan ditanyakan wawancara terkait pengaruh cuaca dan iklim baru kemudian mewawancarai pemanen saat diafdlingnya dengan memvideokan kegiatan wawancara.
Setelah semua kelompok melaksanakan aktivitasnya, kemudian mempresentasikan slide presentasi, poster ataupun video wawancara yang telah di buat. Kemudian guru memberikan umpan balik terima kasih seluruh kelompok telah melaksanakan tugasnya dengan diferensiasi produk sesuai pilihan peserta didik, sehingga dengan proses tersebut diharapkan siswa lebih memahami tentang materi cuaca dan iklm terhadap lingkungan sawit mengenai pengaruhnya saat cuaca hujan ataupun kemarau serta tentang cara menyikapi adanya perubahan cuaca dan iklim melalui pembelajaran berdiferensiasi.
Demikian cerita praktik baik saya, semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk terus berkarya semoga bisa mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid dan berdampak.Â
Salam Bahagia
Semangat Terus Berkarya
Tergerak Bergerak Menggerakkan
Sabtu, 12 Oktober 2024
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H