Mohon tunggu...
Susi Anggraini
Susi Anggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

No coment

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Self-Efficacy dan Dampaknya pada Kinerja Akademis Siswa

31 Oktober 2024   18:25 Diperbarui: 31 Oktober 2024   18:27 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Self-efficacy adalah konsep penting dalam psikologi pendidikan yang dikembangkan oleh Albert Bandura. Sederhananya, self-efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk melakukan dan menyelesaikan tugas tertentu. Bagi siswa, self-efficacy mengacu pada keyakinan mereka akan kemampuan mereka untuk belajar, menyelesaikan tugas-tugas akademis, dan menghadapi tantangan di sekolah. Keyakinan ini memainkan peran besar dalam mempengaruhi motivasi, ketekunan, dan hasil akademis siswa.

Menurut Bandura, self-efficacy berkembang melalui empat sumber utama:

1. Pengalaman Langsung (Mastery Experiences)

2. Pengalaman Vicarious (Observational Learning)

3. Dukungan Verbal (Verbal Persuasion)

4. Keadaan Emosional dan Fisiologis

Dampak Self-Efficacy pada Kinerja Akademis, diantaranya:

1. Meningkatkan Motivasi dan Ketekunan dalam Belajar

2. Meningkatkan Partisipasi Aktif di Kelas

3. Mengurangi Kecemasan Akademis

4. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Terhadap Pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun