Self-efficacy adalah konsep penting dalam psikologi pendidikan yang dikembangkan oleh Albert Bandura. Sederhananya, self-efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya untuk melakukan dan menyelesaikan tugas tertentu. Bagi siswa, self-efficacy mengacu pada keyakinan mereka akan kemampuan mereka untuk belajar, menyelesaikan tugas-tugas akademis, dan menghadapi tantangan di sekolah. Keyakinan ini memainkan peran besar dalam mempengaruhi motivasi, ketekunan, dan hasil akademis siswa.
Menurut Bandura, self-efficacy berkembang melalui empat sumber utama:
1. Pengalaman Langsung (Mastery Experiences)
2. Pengalaman Vicarious (Observational Learning)
3. Dukungan Verbal (Verbal Persuasion)
4. Keadaan Emosional dan Fisiologis
Dampak Self-Efficacy pada Kinerja Akademis, diantaranya:
1. Meningkatkan Motivasi dan Ketekunan dalam Belajar
2. Meningkatkan Partisipasi Aktif di Kelas
3. Mengurangi Kecemasan Akademis
4. Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab Terhadap Pembelajaran