Masalah yang sering terjadi disekolah salah satunya yaitu sering kurangnya minat membaca siswa di sekolah sehingga terjadinya beberapa siswa ada yang belum bisa membaca padahal sudah di kelas 6. dengan demikian data yang ada disekolah berupa hasil dari Literasi sekolah akan berpengaruh, dan terdeteksi sebagai sekolah yang Literasi nya rendah. Rendahnya minat membaca ini  setelah penulis menyimpulkan ada beberapa penyebabnya diantaranya :
- Guru kurang menerapkan pembiasaan membaca
- Model pembelajaran yang di terapkan kurang jelas
hal ini sangat mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. oleh karena itu perlunya adanya  menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran yang ada.  Menurut Hamzah dan Mardhiah (2016) CIRC merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan komposisi terpadu membaca dan menulis secara kooperatif (kelompok), yakni membaca materi yang diajarakan dari berbagai sumber dan selanjutnya menuliskannya ke dalam bentuk tulisan yang dilakukan secara kooperatif.
model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki bebrapa kelebihanÂ
Menurut Saifulloh dalam Huda (2015) kelebihan dari mdel CIRC antara lain:
Seluruh kegiatan belajar lebih bermakna bagi siswa sehingga hasil belajar siswa akan bertahan lebih lama
Pembelajaran terpadu dapat menumbuhkembangkan keterampilan berpikir siswa
Pembelajaran terpadu menyajikan kegiatan yang bersifat pragmatis (bermanfaat) sesuai dengan permasalahan yang sering ditemui dalam lingkungan siswa
Pembelajaran terpadu dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa ke arah belajar yang dinamis, optimal, dan tepat guna
Pembelajaran terpadu dapat menumbuh kembamgkan interaksi sosial siswa, seperti kerja sama, toleransi, komunikasi. Dan respek terhadap gagasan orang lain
Membangkitkan motivasi belajar serta memperluas wawasan dan aspirasi guru dalam mengajar
Sedangkan kekurangan dari pembelajaran CIRC, menurut slavin dalam Fahmi (2013) CIRC untuk anak yang cacat kurang berpengaruh terhadap prestasi belajar secara akademik.
hasil yang di dapat setelah menggunakan Model pembelajaran CIRC yang diterapkan pada pembelajaran di kelas 6 pada pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA itu sangat meningkat. siswa yang mendapat nilai di atas KKM itu lebih dari 75%. dari jumlah 24 siswa hanya 2 siswa yang mendapatkan nilai yang kurang dari KKM. sehingga mendapatkan hasil yang meningkat dari sebelum menggunakan model pembelajaran CIRC.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H