Di zaman sekarang semua kegiatan kebutuhan manusia dipermudah dengan berkembangnya teknologi yang semakin berkembang pesat. Kemudahan dalam hal membeli dan menjual sebuah kebutuhan sekunder, primer maupun tersier dapat dengan mudah melalui sebuah perangkat gawai. Pembelian atau penjual dapat dengan mudah dilakukan dimana-mana, bisa sambil melalukannya di rumah, kantor, jalan, taman, maupun di sekolah.
Banyak perusahaan teknologi di dunia membuat terobosan inovasi penjualan, pembelian sebuah kebutuhan dengan membuat market place versi mobile online. Kemudahan yang ditawarkan dalam sebuah market place mobile online dapat mengurangi keterbatasan gerak dan waktu penjual maupun pembeli.
Tak jarang banyak perusahaan bertarung dalam melakukan inovasi dalam menarik konsumen dengan inovasi mereka, dalam hal ini banyak perusahaan membuka sebuah jasa antar berupa makanan, seperti ojek online yang menjemput penumpangnya dan mengantarkannya sesui tujuan, jasa antar makanan, minuman ini melibatkan pihak ketiga antara penjual, jasa pengatar, dan konsumen.
Di Indonesia sudah banyak terdapat jasa antar barang bahkan makanan, minuman berbasis mobile yang terkenal di masyarakat seperti, Gojek, Shopee, Grab, Delivery Kfc dan masih banyak lagi. Jasa antar produk makanan sedang digandrungi karena mempermudah dan menguntukan antar berbagi pihak yang terjalin. Perusahaan diatas banyak mengeluarkan inovasi mereka berbagai campaign melalui media social.
Seperti jasa antar makanan, minuman Gofood yang mempunyai tempat di hati kaum melenial dalam keberhasilan mereka melakukan pergerakan penjual dengan efesien. Gojek merupakan perusahaan jasa ojek yang didirikan di Indonesia pada tahun 2010. Kemajuan zaman membuat gojek mengembangkan sayap mereka dalam memudahkan konsumen dalam melakukan jual beli kebutuhan. Akhirnya mereka membuat sebuah terobosan dalam pembuatan inovasi Gofood sebagai jasa antar makanan dan minuman.
Gojek dengan inovasi gofoodnya dengan cepat melebarkan sayap mereka di seluruh kota di Indonesia, seperti di Jakarta, Palembang, Makassar, Jayapura, Pontianak, Yogyakarta, Bali dan masih banyak lagi kota-kota di Indonesia bahkan sekarang sudah menjamur di Kawasan asia tenggara. Kemampuan perkembangan yang pesat mereka tak terlepas adanya kepintaran dalam melakukan promosi lewat media social dengan memvisualkan jasa mereka melalui sebuah video maupun gambar. Serta banyaknya ide melalui berbagai diskon harga yang ditawarkan.
Salah satu media promosi mereka yang dapat menarik konsumen adalah dengan mempromosikan melalui media sosial. Gojek menggunakan platform Instagram dalam mempromosikan jasa mereka melalui visualisasi komunikasi lewat sebuah video maupun gambar yang mereka upload melalui akun resmi mereka. Penggunaan Instagram sebagai media promosi mereka ialah untuk mempasarkan kepada konsumen yang dituju bagi anak milnial di zaman sekarang.
Berbagai macam promosi diskon, hingga layanan yang mereka buat hanya untuk mempermudah dalam konsumen mencari dan menemukan yang mereka tuju. Salah satu contoh ialah dengan adanya varian lengkap makanan dan minuman hits di era sekarang. Salah satu layanan promosi mereka tergambar jelas pada foto diatas. Dalam foto tersebut menjelaskan seseorang konsumen milenial sedang memakan, meminum sebuah produk dengan raut muka yang bahagia yang tak terlepas dengan banyaknya varian pada produk makanan dan minuman yang ia beli.
Gambar diatas mengartikan sebuah raut kebahagian ketika sedang menikmati hidangan dengan banyaknya aneka produk yang ia beli tanpa memikirkan harga yang ia beli dapat diartikan semua makanan itu ia beli dengan harga murah karena adanya potongan diskon harga dari jasa Gofood. Dalam promosi visualnya Gofood ingin mengatakan bahwa jangan takut  membeli banyak makan dan minuman di gofood karena kami banyak memiliki diskon harga yang dapat mempermudah konsumen menikmati produk makan tanpa perlu memikirkan harganya.
Dalam promosi lewat gambar itu, mereka jual memberikan sebuah kepastian terkait adanya diskon pembelian makanan fried chicken dan kopi janji jiwa yang digabungkan dengan diskon besar untuk menggaet pasar anak milenial. Menarik dari gambar diatas bahwa mereka dengan tepat memilih influencer Tanboy kun dalam promosi diskon mereka di Instagram. Pemilihan Tanboy kun disini sangat tepat, karena beliau merupakan youtuber makanan terkenal di Indonesia yang memiliki pengikut 13,3 juta dengan pengikut terbesar dari sector kaum milenial. Pemilihan tersebut sangat tepat karena berdampak terhadap lonjakan pesanan  maknan dan minuman yang di promosikan dalam gambar tersebut. Promosi tersebut tak terlepas dari adanya komunikasi visual yang baik dalam foto tersebut dalam menarik konsumen untuk membeli.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H