Siang itu cuaca terik menyengat, seperti biasanya kalau diluar ruang kelas panas, akan berimbas pada pembelajaran. Sudah jauh hari memikirkan cara untuk menanggulangi kejenuhan belajar saat jam siang. Akhirnya saya menemukan strategi pembelajaran yang tidak membuat siswa bosan. Siapa bilang belajar IPA itu membosankan? Dengan model pembelajaran dan media yang tepat, materi sekompleks organ pencernaan pun bisa disajikan dengan menarik dan mudah dipahami, terutama untuk generasi Z yang akrab dengan teknologi. Salah satu strategi yang bisa dicoba adalah menggunakan model Jigsaw dengan pemanfaatan microsite.Â
Apa itu Model Jigsaw?
Dalam bukunya yang berjudul Cooperative Learning, Anita Lie menjelaskan bahwa model Jigsaw yang dikembangkan oleh Aronson et al adalah metode pembelajaran kooperatif di mana siswa dibagi menjadi kelompok kecil. Setiap anggota kelompok bertanggung jawab atas bagian materi yang berbeda, kelompok ini disebut kelompok asal. Setelah mempelajari bagiannya masing-masing, siswa kemudian bergabung dengan kelompok baru yang terdiri dari anggota kelompok awal yang berbeda, kelompok ini dinamakan kelompok ahli. Dalam kelompok baru ini, setiap siswa menjadi ahli dalam bagian materinya dan menjelaskan kepada teman sekelompoknya.
Memanfaatkan Microsite
Untuk mendukung beberapa materi yang disajikan, saya menggunakan Microsite. Apa itu Microsite? Microsite adalah situs web kecil yang dirancang untuk tujuan spesifik. Dalam konteks pembelajaran organ pencernaan, microsite bisa digunakan untuk menyajikan informasi yang lebih mendalam tentang setiap organ, dilengkapi dengan gambar, video, animasi yang menarik, materi pembelajaran dan asesmennya.
Langkah-langkah Pembelajaran
 * Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari 5-6 siswa.Â
 * Setiap anggota kelompok diberikan materi tentang salah satu organ pencernaan (misalnya, mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, hati, kantung empedu dan pankreas).
 * Siswa secara individu mempelajari materi yang diberikan.
 * Siswa dari kelompok asal bergabung dalam kelompok ahli yang terdiri dari anggota yang berbeda.