Pada tanggal 18 Mei 2022 saya bermaksud melakukan transaksi transfer uang lewat aplikasi OY! Indonesia secara manual dari aplikasi Shopeepay ke Rekening BCA aplikasi OY Indonesia atas nama PT. Dompet Harapan Bangsa sesuai petunjuk kode unik untuk kemudian diteruskan ke rekening bank saya. Tapi transaksi tersebut malah menggantung sampai waktu tunggu 60 menit selesai, tidak diteruskan ke rekening saya.
Sebelum 60 menit itu berakhir, saya chat dengan Customer Support OY Indonesia, memberitahukan kalau saya transfernya pakai shopeepay,Â
Customer Support (CS) tersebut mengatakan kalau pakai shopee tidak bisa, harus pakai rekening yang terhubung ke akun OY saya.
Lha.. di aplikasi OY tertulis rekening terhubung adalah sebagai rekening penerima, bukankah itu artinya kalau transaksi gagal maka dikembalikan ke rekening penerima ini ?
Masa saya harus transfernya pakai satu rekening itu saja, gak boleh pakai rekening lainnya?
Karena CS itu bilang gak bisa, ya udah saya minta uang saya dikembalikan.
Tak lama kemudian, saya dikirim email form pengembalian dana.
Waduh sepertinya bakal lama ini prosesnya, saya coba minta CS OY untuk memeriksa apakah uang saya sudah sampai ke rekening OY.
Tak disangka, CS OY hanya menyuruh saya untuk mengisi form pengembalian dana karena saya transfernya menurutnya tidak sesuai prosedur (tidak pakai rekening terhubung ke OY).
Berkali-kali saya meminta CS OY untuk memverifikasi uang saya sudah diterima belum, tetap saja tidak mau.
Akhirnya saya isi form dan email balik. Dua hari kemudian baru diberitahukan kalau ada salah pengisian form dan saya diminta isi Form tambahan.
Nah.. form tambahan ini surat pernyataan kalau saya transfernya pakai PT. Airpay International Indonesia dan kalau OY Indonesia sudah mengembalikan dana saya, saya tidak boleh menuntut refund lagi.
Selain kedua form ini, saya juga diminta email Ktp, foto halaman dpn buku tabungan,
Setelah semua data diberikan, Â dibilang logo kop suratnya turun ke bawah menghalangi isi surat dan sekali lagi saya harus mengisi ulang 2 form itu lagiÂ
Yang saya herankan kenapa bisa tahu kalau shopeepay itu nama PT. nya Airpay International Indonesia, setelah saya lihat rekening saya, saya pernah terima transfer dari teman yang pakai shopeepay, dan di keterangannya tertulis dari shopee, PT. Airpay International Indonesia.
Apakah itu artinya CS tersebut sudah memeriksa dan menemukan kalau uang saya sudah diterima ?
Lalu kenapa tidak diverifikasi saja bahwa sudah diterima dan langsung diteruskan ke rekening saya ?
Pada hari sama saya juga ada transfer melalui aplikasi Flip, dari shopeepay juga untuk diteruskan ke rekening bank saya.
Dalam beberapa detik saja, Flip sudah selesai memverifikasi transfer saya dan langsung diteruskan ke rekening bank saya.
Satu lagi, pada saat saya transfer ke rekening traveloka, 30 menit belum masuk juga ke saldo saya, setelah saya email ke CS Traveloka, gak lama kemudian langsung masuk ke saldo saya.
Dari sini bisa disimpulkan kalau beberapa perusahaan lainnya bisa dengan cepat memverifikasi penerimaan uang, lalu kenapa OY Indonesia tidak bisa.
Hari keenam tidak ada kabar berita mengenai proses pengembalian dana saya,
Setelah diemail, barulah CS OY Indonesia SEKALI LAGI meminta saya untuk selfie dengan Ktp dan kertas bertuliskan kode unik.
Eh.. rupanya ada satu kode unik ketinggalan.. buset dah..
Saya harus selfie lagi..
Keesokan harinya diberitahukan dana saya akan dikembalikan mohon menunggu 24 jam.
Syukurlah kali ini benar-benar uang saya sudah dikembalikan.
Satu minggu saya dipersulit sedemikian rupa dengan begitu banyak data data yang diberikan, padahal saya hanya minta pengembalian uang saya sebesar 50 ribu Rupiah saja.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H