Tanggal 29 Maret 2022 saya pesan gofood untuk makan siang yang diantarkan ke rumah oleh supir Gofood.
Agak lama memilih makanannya karena dibatalkan oleh 1 warteg dan 1 rumah makan lainnya,
Entah itu karena wartegnya ramai atau sudah tidak ingin menerima pesanan.
Setelah pesanan diterima oleh resto, tinggal lihat peta di aplikasi gofood, posisi supir pengantar nya ada dimana.
Saya lihat supirnya seperti tidak tahu jalan, karena begitu masuk ke satu jalan kecil gak lama keluar lagi ke jalan besar, ini terjadi beberapa kali.
Hampir sejam menunggu, akhirnya sampai juga. Saya cek sisa saldo gopay saya, alangkah terkejutnya saya karena sisa 200 perak.
Diperiksa ke histori pembayaran, ternyata ada pemberian tips 30ribu ke supirnya.
Ketika saya mencoba mencari supir itu lagi sudah tidak ada di tempat.
Yang tidak habis pikir adalah kenapa alamat rumah saya di kampung bisa tersimpan di aplikasi gojek, sedangkan saya di Jakarta dan TIDAK PERNAH saya simpan alamat tersebut ke aplikasi gojek.
Satu lagi keanehan aplikasi gojek, di hp android 5, di daftar kontak saya tersimpan nama Gojek dengan RATUSAN nomor hp di dalamnya! Dan ada centang putih sebelah nama gojek.
Tentu saja saya langsung komplain ke customer service gojek melalui halaman tanda terima pesanan.
Tapi oleh CS nya saya disuruh komplain lewat halaman Bantuan.
Kedua cara diatas sebenarnya sama saja, ujung-ujungnya masuk ke halaman chat juga.
Jawaban dari CS sungguh tidak punya hati nurani, lepas tangan begitu saja. "Tidak bisa dikembalikan lagi"
Padahal saya sudah bilang bahwa saya masih pengangguran mencari kerja belum ketemu, uang segitu besar bagi saya.
Permintaan untuk dikembalikan separuh ditolak juga, minta no.hp supirnya juga tidak bisa.
Nah.. yang saya herankan itu apa karena saya salah pencet hp nya dan terkirim tipsnya yang 30ribu itu..Â
Dipikir-pikir.. tidak semudah itu dan kebetulan banget kan sampai menguras semua saldo saya, kenapa tidak 10ribu saja, dan pilihan pemberian tips juga ada di bagian bawah yang harus diusap layarnya sampai paling bawah juga.
Oh ya.. pada waktu mau bayar pesanan di 1 warteg, tiba-tiba pilihan diskon hilang, dicoba ke resto lainnya baru muncul.
Ada ada saja ya "kelainan dan keanehan" aplikasi gojek di hp  saya.
Seharusnya CS gojek paling tidak bisa memberikan no.hp supir gofood nya. Jangan maunya hanya makan gaji buta, tidak mau tahu karena ini toh bukan perusahaan saya. Gak mikir kalian dapat makan dari mana.
Kalau dibandingkan dengan Grabfood, Shopeefood, Traveloka Eats, hanya Gofood diskonnya paling kecil,
Sudah diskonnya kecil, Staff gojek nya juga malas kerja, tidak peduli dengan masa depan perusahaan.
Saran saya pilihan nominal Tips ke supirnya dimunculkan pada saat pemberian rating Bintang setelah pesanan diterima pelanggan.
Para pembaca boleh membagikan artikel ini ke media sosial, Facebook, Twitter, Instagram, whatsapp group, TikTok supaya kejadian ini tidak terulang bagi orang lain.
Apabila ada itikad baik dari pihak Gojek untuk menyelesaikan masalah ini, maka akan saya update lagi tulisan ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H