Pada hari Minggu, 17 Nopember 2019, saya mengisi saldo aplikasi Dana lewat ATM.
Pada saat mau membayar makanan mengggunakan Dana, saya baru sadar sudah salah transfer ke akun Dana yang sudah lama tidak saya pakai, bahkan pin untuk membuka aplikasi Dana saja saya sudah lupa.
Jadi merasa bersalah pada kasir restoran, karena harus menunggu lama supaya saya bisa membayar.
Saya pun mencoba klik link lupa pin, setelah berhasil memasukkan kode OTP yang dikirimkan ke no. hp saya, masih harus menjawab 4 pertanyaan antara lain:
1. Â Â Â Â Â Â Jumlah saldo Dana terakhir
2. Â Â Â Â Â Â Tanggal terakhir melakukan transaksi
3. Â Â Â Â Â Â Jumlah transaksi terakhir
4. Â Â Â Â Â Â Merchant atau jenis transaksi terakhir yang anda lakukan menggunakan Dana
Tentu saja saya tidak ingat lagi semua ini karena sudah lama sekali tidak memakai Dana.
Saya hanya bisa memberikan bukti transfer terakhir ke akun Dana dan screenshot aplikasi MyTelkomsel yang membuktikan bahwa benar itu nomor handphone saya,
Aplikasi Dana menggunakan nomor handphone sebagai nomor akun rekening Dana.
Customer Care dari pihak Dana hanya menyuruh saya menunggu dan kasus ini dalam antrian panjang.
Keesokan harinya, customer care yang lain bernama Bhova mengatakan di email kalau mengisi saldo / TopUp ke akun Dana saya itu tidak termasuk transaksi, dan saya harus bisa menjawab 4 pertanyaan diatas.
Apa? Tidak termasuk transaksi ? Uang saya yang masuk ke akun Dana itu dianggap angin lalu saja? Sungguh emosi saya membacanya, dan mengganggu konsentrasi bekerja saya di kantor.
Oh ya.. saya tidak tahu apakah nama Customer Care, Bhova itu nama asli atau tidak? Bisa tolong tunjukkan bukti KTP aslinya? Karena saya pakai nama asli saya di email.
Astaga.. entah sampai kapan masalah ini bisa diselesaikan.. sudah jelas jelas ada bukti bahwa itu benar akun Dana saya , dan saya hanya minta tolong diatur ulang pin nya supaya bisa mengakses aplikasi Dana.
Jangan terlalu kaku mengikuti prosedur perusahaan yang mengharuskan menjawab 4 pertanyaan itu, coba seandainya Anda lupa password email google, dan tidak bisa menjawab pertanyaannya, pasti ada cara lainnya. Dan untuk kasus saya, Â sudah dibuktikan bahwa benar adanya itu akun Dana saya, apalagi sih?
Di screenshot aplikasi MyTelkomsel ada tertera nomor Handphone saya yang SAMA dengan nomor rekening akun Dana saya, dan ada bukti transfer ke rekening akun Dana juga.
Aplikasi Dana sudah memberikan diskon besar untuk penggunanya, untuk ini saya sangat berterimakasih. Promo diskon besar ini pastinya menjadi biaya yang besar pula bagi pihak Dana, sangat disayangkan bila usaha ini dibayang-bayangi oleh masalah masalah yang timbul dari penggunaan aplikasi Dana, dan perlu diketahui bahwa bukan hanya saya saja yang mempunyai masalah dengan aplikasi Dana, cobalah dicari di Google.
Di sisi lain, ada satu Customer Care ojek online sangat cepat mengatasi masalah para penggunanya dan tidak kaku dalam mengikuti prosedur, dan penyelesaiannya memuaskan penggunanya. Setelah masalahnya teratasi, ada survei pelayanan Customer Care . Mungkin system ini bisa diterapkan di Dana.
Satu lagi saran saya: setiap kali ada transaksi baik itu uang masuk atau keluar ke akun Dana, aplikasi Dana bisa otomatis email detail transaksinya ke pengguna aplikasi Dana.
Saya pernah mempromosikan aplikasi Dana di media social saya, tapi setelah masalah ini yang belum selesai selesai juga, jadi berpikir ulang untuk menggunakannya lagi.
Akhir kata, tolonglah direset pin akun Dana saya secepatnya.
Artikel ini juga ditayangkan di: https://mediakonsumen.com/2019/11/19/surat-pembaca/customer-service-aplikasi-dana-tidak-memproses-permohonan-reset-pin-saya
UPDATE:
sore ini 19 Nopember, CS Dana sudah menelepon saya dan menyelesaikannya.
Artikel ini saya tulis juga demi kebaikan semua pihak agar kelak para pengguna Dana dapat dengan nyaman tanpa kendala memakai aplikasi Dana, dan perusahaan Dana juga bisa berkembang maju lebih baik lagi, terus terang saya senang dengan diskon2 nya.
Jika perusahaan bisa maju, semua staff karyawannya juga mendapatkan manfaatnya jg, oleh karena itu bekerjalah sebaik-baiknya.
Good Luck dan Terimakasih untuk CS Dana yang sudah membantu penyelesaiannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H