Mohon tunggu...
Suradin
Suradin Mohon Tunggu... Duta Besar - Penulis Dompu Selatan

Terus Menjadi Pembelajar

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Dulu Menjalaninya di Kota Angin Mamiri, Kini Melaksanakannya di Pulau Seribu Masjid

23 April 2020   08:18 Diperbarui: 23 April 2020   08:19 127
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri. Masjid di Gomong Lama, Kota Mataram

SESUATU yang tidak pernah direncanakan sebelumnya, kini kembali terulang. Sejak memutuskan merantau sejak 2006 silam, saya hampir jarang mengawali puasa di kampung bersama keluarga. Selebihnya banyak menjalani puasa di perantauan, dengan menjalani hari-hari penuh kerinduan kepada kampung halaman.

Tidak perlu bertanya apa yang saya rasakan ketika menjalani puasa di kampungnya orang. Suasana, menu makanan, adalah dua hal yang mencolok yang saya rasakan ketika menjalani hari-hari di bulan puasa ketika jauh dari orang tua. Apa lagi ketika saat-saat makan sahur, di perantauan saya tidak merasakan suguhan menu makanan ibu, tidak dibangunkan kala terlelap tidur,  dan tidak leluasa memilih makanan yang di senangi kala dihidangkan pada saat berbuka.

Setelah sekian tahun merantau, saya ingin pulang kampung dan ingin banyak menghabiskan waktu bersama keluarga terlebih orang tua, apa lagi di bulan puasa. 

Ketika mendengar suara adzan, suara ngaji dari speaker masjid, serasa ingin segera di kampung. Bergabung dengan sanak saudara, bercengkrama sejenak sebelum buka puasa dan menghadap kiblat.

Dulu ketika masih di Kota Angin Mamiri (Makassar), saya merindukan buka puasa bersama dengan keluarga setiap tahunnya. Waktu itu saya tidak memiliki banyak kesempatan untuk menyapa keluarga ketika bulan puasa tiba, tugas kuliah selalu menjadi batu sandungan yang menahan keinginan saya untuk kembali ke kampung halaman.

Sebelum memutuskan berpijak di perantauan, setiap hari selalu buka puasa bersama dengan segenap keluarga. Setiap sore ibu selalu membuatkan kolak, cendol, kadang serabih, untuk  menu buka puasa. 

Dua jam sebelum informasi berbuka dari suara marbot di spiker masjid, ibu sudah sibuk di dapur. Menyiapkan segalanya, dapur mengepul, membumbung tinggi di langit-langit rumah, seolah ingin mengabarkan bahwa tidak lama lagi buka puasa akan tiba.

Kolak buatan ibu paling terasa nikmat jika saya bandingkan dengan yang saya beli pada penjual yang biasa melintas di depan rumah. Bahkan saking nikmatnya, jika  masih ada di priuk, biasanya kami anak-anaknya berebutan untuk menghabiskannya setelah sholat taraweh. Tapi hal itu tidak dirasakan ketika saya memutuskan untuk berada di pulau seberang. Saya hanya bisa merindukan kebersamaan itu.

Dokpri
Dokpri

 

Dokpri
Dokpri
Kini, di sini, di kota seribu masjid tanahnya orang Sasak, saya kembali berpijak menjalani hari-hari yang kadang membosankan. Dua hari lagi pintu bulan puasa akan segera dibuka kepada hamba yang meyakini tuhan yang esa. Bulan puasa tidak bisa diliburkan walaupun pendemi virus Corona masih mengintai mangsa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun