Mohon tunggu...
supriyanto
supriyanto Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN MALANG

Bermimpilah dalam keadaan terbangun

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat Analisis Jabatan dan Pengaruhnya

7 Desember 2021   22:51 Diperbarui: 7 Desember 2021   22:59 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pernahkah anda mendengar seorang karyawan mengeluh mengenai pekerjaannya, merasa bahwa pekerjaan yang diberikan tidak cocok dengan keahlian yang dimiliki. Atau ada yang mengeluh karena tidak adanya pembagian tugas yang tidak jelas dan bahkan ada karyawan baru yang mengeluh karena pekerjaan yang dilamarnya tidak sesuai dengan yang diharapkan padahal sebelumnya ia yakin bahwa lowongan yang ditawarkan sesuai dengan pengalamannya selama bekerja.

Sejak saat itu dalam pikiran anda terbesit sebuah pertanyaan, apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki hal tersebut?

Salah satu jawabannya adalah dengan melakukan analisis jabatan. Apa itu analisis jabatan?

Pengertian analisis jabatan

Menurut Munandar, analisis jabatan merupakan sebuah proses kajian terstruktur mengenai aktivitas yang dilakukan dalam sebuah pekerjaan yang meliputi tanggung jawab sehingga dapat menentukan keterampilan, kemampuan, pengetahuan dab ciri-ciri perilaku yang dibutuhkan untuk menjalankan pekerjaan dengan baik. Sedangkan menurut Mondy, analisis jabatan adalah dokumen yang memberikan informasi yang berhubungan dengan tugas, kewajiban dan tanggung jawab dari suatu pekerjaan.

Dari definisi diatas, dapat disimpulkan bahwa analisis jabatan merupakan proses pengumpulan informasi tentang semua hal yang berkaitan dengan implementasi pekerjaan, meliputi tanggung jawab, keterampilan, pengetahuan, keahlian, serta ciri-ciri kepribadian yang diperlukan dalam sebuah jabatan tertentu.

Analisis jabatan memegang peranan penting dalam mengelola karyawan secara efektif dan efisien serta dalam melahirkan kondisi kerja yang kondusif. Oleh karena itu analisis jabatan sangat penting untuk dilakukan.

Manfaat analisis jabatan

1. Seleksi dan rekrutmen

Dengan adanya persyaratan jabatan pekerjaan maka akan memudahkan perusahaan dalam memilih karyawan dengan tepat (tidak salah sasaran)

2. Pengembangan dan pelatihan

Persyaratan yang jelas akan memudahkan penyusunan rencana pelatihan dan pengembangan

3. Penilaian kinerja

Dari tugas yang diberikan, maka akan dapat mengukur kemampuan pekerja, tanggung jawab dan mampu melaksanakan tugas lebih efektif

4. Desain dan reDesain organisasi

Jika terjadi penumpukan dalam pekerjaan atau tugas, maka akan dapat diperbaiki dengan menyusun ulang kembali sehingga kegiatan mampu berjalan lebih efisien

5. Uraian jabatan

Dari analisis jabatan akan menghasilkan catatan mengenai tugas, tanggung jawab dan persyaratan yang dibutuhkan.

6. Evaluasi pekerjaan

Analisis jabatan akan menghasilkan penjabaran jabatan yang memberikan banyak informasi baik berupa tugas, dan tanggung jawab yang berguna untuk evaluasi jabatan

Keberhasilan analisis jabatan

Berhasilnya penerapan analisis jabatan dapat dilihat melalui banyaknya pihak yang terlibat dan didukung oleh komitmen pekerja atau karyawan, penggunaan alat serta teknik yang tepat dan komunikasi yang efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun