TUGAS 3.2.a.5Â
                                        IDENTIFIKASI PEMETAAN ASET
                                          OLEH : SUPIONO RIYANTO
Modal Manusia
- Kepala Sekolah : Kepala Sekolah sebagai pimpinan di sekolah sekaligus sebagai pengambil kebijakan.
- Guru : sebagai tenaga pendidik yang selalu aktif dalam melaksanakan tugas proses pembelajaran di kelas khususnya dan di sekolah pada umumnya kepada murid
- CGP ; Guru penggerak yang dapat menyalurkan ilmu pengetahuan dalam pelatihan kepada guru - guru lainnya sebagai pengimbasan dari proses belajar,
- Murid : merupakan anak - anak yang berada disekolah untuk menuntut ilmu dan mendapatkan proses pembelajaran dari guru
- Komite : sebagai perwakilan masyarakay yang dapat melakukan pengawasan terhadap proses pendidikan disekolah
- Orang tua wali murid : yang menitipkan anakmya disekolah untuk menuntut ilmu dengan belajar kepada guru disekolah
- Masyarakat : merupakan orang : orang yang berada diluar lingkungan sekolah yang dapat mengawasi anak - anak setelah terlepas dari lingkungan sekolah
- Kepala Desa : merupakan pemimpin di desa yang dapat mengontro dan mengawasi perilaku anak - anak di luar lingkungan sekolah
Modal Sosial
Dukungan orang tua wali murid yang telah mempercayakan dan menitipkan anak - anaknya di sekolah, srta masyarakat dan pemerintah desa yang turut mengawasi dan mengontrol anak - anak diluar lingkungan sekolah dan turut menjaga lingkungan sekolah agar selalu aman, juga selalu berpartisipas dalam kegiatan - kegiatan yang dilakukan oleh sekolah maupun mengajak anak - anak untuk terlibat dalam kegiatan - kegiatan sosial di desa.
Modal Fisik
Bangunan fisik dalam bentuk infrastruktur terdapat 5 ruang belajar, 1 perpustakaan, 1 lab MIPA, 1 rang guru, 1 ruang kepala sekolah sekaligus WC, 5 WC murid, 5 WC guru. 1 ruang dapur, 1 ruangan tempat penyimpanan peralatan olah raga serta di tambah dengan peralatan - peralatan yang sekalipun masih kurang dan tidak cukup memadai yaitu, 1 buah leptop sekolah. 1 buah komputer sekolah, alat - alat peraga MIPA, peralatan olah raga, dan buku - buku, serta listrik dan air pam desa.
Modal Lingkungan / Alam
Lingkungan sekolah masih luas, namun karena tidak memiliki pagar keliling sehingga lingkungan dalam sekolah belum dapat perbahrui untuk menjadi aset sekolah, sedangkan lingkungan alam di dalam lingkungan sekolah sangat mendukung untuk proses pembelajaran di luar kelas hanya saja sekolah berada tepat di depan jalan umum sehingga tidak terlepas dari kebisingan kenderaan.
Modal Finansial
Finansial untuk sekolah hanya pada satu mata anggaran yaitu dana BOS dari APBN, karena program sekolah gratis yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah membuat sumber anggaran sekolah dari luar tidak terakomodir, daerah sendiri yang melaksanakan program sekolah gratis juga tidak memberikan tambahan anggaran dari APBD, daerah hanya melaksanakan proses pembangunan secara fisik di sekolah yang bersumber dari dana DAK yang juga dari APBN.
Ada bantuan PIP bagi murid, tapi murid yang mendapatkan bantuan PIP juga jumlahnya sangat sedikit, sehingga proses pembelajara khususnya kegiatan ekstrakulikuler tidak berjalan efektif.
Modal Politik
Modal politik adalah hubungan kerjasama antara pemerintah desa sehingga sekolah dan lingkungannya dapat terjaga dengan aman
Hubungan politik dengan pemerintah daerah dinas pendidikan tapi hanya sebatas Kepala sekolah yang terlibat langsung dalam komunikasi.
Dukcapil. Sekolah bisa mendapatkan data untuk dapat diinput di data dapodik.
Modal Agama dan Budaya
Secara Agama sekolah selalu melaksanakan pasantren kilat pada bulan Ramadhan yang merupakan bagian dari program pemerintah daerah
Sering melaksanakan kegiatan - kegiatan hari besar agama di sekolah, tapi tidak selalu dilaksanakan karena terkendala biaya.
Murid selalu mengikuti kegiatan diluar sekolah dalam mengembangkan budaya seperti tarian ronggeng, dan tarian gambus.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H