Tugas 3.3.a.5 .Â
Elaborasi Konsep - Pengelolaan Program Yang berdampak Pada Murid
Oleh : Supiono Riyanto
Bentuk bentuk program yang berdampak pada murid
1. Program yang berorientasi terhadap penumbuhan kepemimpinan murid
2. Program sekolah Adiwiyata
3. Program sekolah alam
Program yang berorientasi terhadap penumbuhan kepemimpinan murid
Program ini agar terciptanya kelas yang menyenangkan dalam proses pembelajaran bagi seluruh murid. Segala pemikiran baik gagasan maupun dapat tertuang secara gamblang dengan ekspresi yang penuh dengan kecerian. Melatih kepemimpinan dalam bekerja sama dan bekolaborasi untuk menciptakan kelas yang aman dan nyaman dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kompetensi komunikasi bagi murid. Selain itu melatih murid dalam melakukan pengendalian diri melalui beberapa kegiatan positif seperti berdoa bersama, pembiasaan budaya  simpatai dan empati antara sesama, melatih kecerdasan, kejujuran, dan tanggung jawab, tertanamnya nilai - nilai kemanusiaan pada diri murid serta menumbuh kembangkan jiwa kepemimpinan pada mereka.
Program sekolah adiwiyata
Program ini untuk dapat menumbuhkan kesadaran murid dalam menjaga lingkungan sekolah. Kenyamanan belajar bagi murid tumbuh ketika terciptanya lingkungan sekolah yang nyaman, bersih, dan asri, maka diperlukan penataan lingkungan sekolah melalui kreativitas murid dengan kebebasan murid untuk menata lingkungan sekolah yang asri, dan bersih sehingga lingkungan sekolah terasa nyaman bagi seluruh warga sekolah. Selain lingkungan sekolah, kelas pun harus tertata dengan baik, kebersihan dikelas selalu dijaga demi menghadirkan rasa nyaman bagi murid dalam mengikuti proses pembelajaran dikelas, dengan kelas yang nyaman karena kebersihan kelasnyaakan meningkatkan semangat maupun keinginan belajar dari murid dan mengajar dari guru.
  Program Belajar bersama alam
Program ini guna menciptakan kenyamanan murid dalam belajar.karena selain belajar dikelas sumber dan tempat belajar bisa dilingkungan sekolah maupun di alam terbuka yang memberikan suasana belajar bagi murid yang asik dan nyaman guna menggali pengetahuan dan keterampilan murid. Kegiatan pembelajaran ini adalah pembelajaran dengan mempraktikkan langsung materi pembelajaran yang akan mempermudah murid memahami  konsep materi yang akan di ajarkan oleh guru. Memacu murid untuk meningkatkan prestasinya bukan hanya di bidang akademik, dibidang non akademik pun dapat ditingkatkan.Â
Refleksikan program - program yang telah dilaksanakan disekolah anda. Apakah program - program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan berikut:
Apa nama dan tujuan Program
Program yang sudah dilakukan adalah belajar bersama alam yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan diluar kelas dengan praktik langsung dilapangan baik dilingkungan sekitar sekolah maupun dilingkungan diluar sekolah yang memilki sumber dan tempat yang sudah dipastikan yang sesuai dengan materi yang mau diajarkan.
Tujuan kegiatan adalah mengajak murid untuk dapat belajar konsep sekaligus meninjau langsung lsumber dan tempat pembelajaran untuk dapat menghubungkan konsep dengan fakta guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan murid dengan kompetensi yang dimilkinya.
Aktivitas pada program
GuruÂ
mendampingi murid untuk meninjau perusahan pengelolaan kelapa, mulai dari isi kelapa, tempurung kelapa, dan kulit kelapa sebagai sumber dan tempat  dengan materi pembelajaran pelaku ekonomi  untuk dapat melihat dan menggali informasi dari pihak - pihak yang yang ada diperusahan yang sebagai pelaku ekonomi dan guru yang melakukan memonitoring sekaligus mengevaluasi kegiatan proses pembelajaran.
Murid
Setiap kelompok dapat melihat proses pengelolaan kelapa sekaligus meminta informasi dari setiap pihak diperusahan baik pekerja, pengawas, maupun manajer perusahan kemudian membuat laporan sesuai dengan kelompok masing - masing.
Mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggungjawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi sampai pelaporan. Apakah program pembelajaran diatas sudah memeperhatikan hal - hal tersebut
Program yang saya sampaikan diatas sudah melalui tahapan perencanaan, monitoring, evaluasi sampai pelaporan.
Program ini di mulai dengan pembentukan kelompok bagi murid,kelompok dibagi menjadi 3 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 6 murid.
Guru melakukan monitoring terhadap kelompok dalam mengamati dan menggali informasi dari pihak perusahan yang berhubungan dengan materi yang sudah diberikan guru kepada masing - masing kelompok.
Kemudian setiap kelompok melakukan evaluasi hasil dari mengamati dan menggali informasi yang sudah didapat untuk dibuat dalam bentuk laporan, dalam evaluasi tersebut guru tetap menjadi pemandu.
Hasil evaluasi tersebut kemudian dibuat dalam bentuk laporan dan dikumpulkan kepada guru.
TERIMA KASIH
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H