Assalamualaikum, salam sehat dan bahagia...
Supervisi akademik terkadang menjadi momok yang menegangkan bahkan menjadi sangat menakutkan bagi sebagian guru yang akan atau yang sedang melakukan supervisi akademik. Tetapi kegiatan ini akan menjadi hal yang sangat positif dan dapat berjalan dengan menyenangkan apabila dilakukan dengan Coaching, sehingga guru yang akan atau sedang melakukan supervisi akademik akan menjadi momen yang sangat menyenangkan karena berlangsung dengan penuh keakraban.
Berikut contoh lembar catatan percakapan pasca-observasi kelas supervisi akademik.
LEMBAR CATATAN PERCAKAPAN PASCA-OBERVASI KELAS
Nama Sekolah        : .........................................
Hari/Tanggal        : .........................................
Nama Guru           : .........................................
Mata Pelajaran       : .........................................
Kelas                 : .........................................
Waktu Percakapan   : .........................................
Catatan Refleksi Guru:
Bu Nisa merasa lega melakukan kegiatan observasi pembelajaran berdiferensiasi yang dikombinasikan dengan kompetensi sosial dan emosional dan Bu Nisa akan terus melakukan pembelajaran berdiferensiasi yang dikombinasikan dengan Kompetensi Sosial Emosional. Kegiatan pembelajaran sudah dilaksanakan sesuai dengan rencana kegiatan dan tujuan pembelajaran sudah tercapai.
Topik Percakapan dan Catatan:
- Kegiatan pembelajaran yang sudah Bu Nisa lakukan sudah sesuai dengan rencana kegiatan yang telah dibuat.
- Siswa Bu nisa sudah mencapai tujuan pembelajarannya dan ini terlihat dari hasil asesmen yang dilakukan di atas KKM.
- Bu Nisa akan melakukan tindak lanjut pada siswa yang belum mencapai KKM dengan memberikan kegiatan latihan/tambahan.
- Bu Nisa berusaha konsisten melakukan pembelajaran berdiferensiasi dan mengkombinasikan dengan KSE melakukan mindfulness dengan tehnik STOP.
- Bu Nisa tetap optimis melakukan perbaikan kegiatan pembelajaran berikutnya.
Rencana Tindak Lanjut:
- Bu Nisa akan selalu konsisten dengan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi konten, proses, dan produk.
- Mengkombinasikan pembelajaran berdiferensiasi dengan KSE yaitu melakukan mindfulness tehnik STOP.
- Menambahkan metode pembelajaran dengan bermain peran, permainan atau game dalam kegiatan pembelajaran selanjutnya.
Disepakati Bersama
................................................. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â ................................................
(Supervisor)Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â (Guru)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H