Tahun 2024 kembali menjadi salah satu momen penting dalam perjalanan profesional saya sebagai pendidik berkat kesempatan mengikuti Program Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis TIK atau PembaTIK. Program ini, khususnya Level 1 dengan tema "Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka", memberikan saya wawasan dan keterampilan baru yang sangat berharga dalam dunia pendidikan.
Awal Perjalanan: Pretest dan Modul-modul
Proses dimulai dengan pretest yang dibuka pada tanggal 29 Juli 2024. Pretest ini bukan hanya sekadar tes awal, tetapi sebuah penilaian mandiri yang menantang saya untuk mengevaluasi pengetahuan saya tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam konteks pendidikan. Mengingat ketentuan yang ketat, saya mengerjakan pretest dengan teliti, memastikan bahwa semua jawaban adalah hasil pemikiran dan pemahaman saya sendiri.
Setelah pretest, saya memasuki tahapan berikutnya dengan mempelajari tiga modul yang disusun dengan baik:
1. Modul 1: Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah
  Modul ini membuka wawasan saya tentang bagaimana teknologi digital bisa diterapkan di berbagai jenjang pendidikan untuk mendukung Kurikulum Merdeka. Saya belajar tentang peran teknologi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan adaptif, serta bagaimana membangun ekosistem digital yang efektif di sekolah-sekolah.
2. Modul 2: Perangkat TIK untuk Pembelajaran
  Dalam modul ini, saya mendalami berbagai perangkat TIK yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Modul ini mengajarkan saya tentang pemilihan dan penggunaan perangkat yang tepat untuk kebutuhan pengajaran, serta bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membuat materi ajar lebih menarik dan interaktif.
3. Modul 3: Perangkat Pembelajaran Kolaboratif
  Modul ini berfokus pada teknologi yang mendukung pembelajaran kolaboratif. Saya belajar tentang berbagai software dan aplikasi yang memungkinkan siswa untuk bekerja sama secara efektif, baik di dalam kelas maupun dalam lingkungan daring. Pengetahuan ini sangat berguna dalam merancang kegiatan pembelajaran yang mendorong interaksi dan kolaborasi antara siswa.
Webinar dan Tugas Akhir
Webinar yang diadakan pada tanggal 31 Juli 2024 menjadi puncak dari pembelajaran ini. Sesi ini memungkinkan saya  mendapatkan insight tambahan mengenai penerapan TIK dalam pendidikan. Materi selama webinar sangat memotivasi dan memberikan perspektif baru tentang inovasi dalam pembelajaran.
Menyelesaikan tugas akhir merupakan tantangan tersendiri. Tugas ini menuntut saya untuk mengaplikasikan semua pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari dalam modul-modul sebelumnya. Evaluasi melalui post-test pada akhir level menjadi indikator penting untuk memastikan pemahaman saya terhadap seluruh materi yang telah dipelajari.
Dan Akhirnya saya Lulus  Level 1 dan melanjutkan ke Level 2 dari PembaTIK 2024. Pengalaman ini tidak hanya memperdalam pengetahuan saya mengenai TIK dan implementasinya dalam Kurikulum Merdeka, tetapi juga memotivasi saya untuk terus berinovasi dalam praktik pembelajaran. Program ini telah mempersiapkan saya untuk menghadapi tantangan baru dan menerapkan teknologi secara lebih efektif dalam proses pendidikan.
Saya sangat bersyukur atas kesempatan ini dan siap untuk menghadapi tantangan dan peluang yang ada di Level 2. PembaTIK 2024 telah membuka jalan baru dalam pengembangan profesional saya, dan saya berharap untuk terus berkontribusi pada dunia pendidikan dengan semangat dan pengetahuan yang baru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H