Mohon tunggu...
Suntara Al amin
Suntara Al amin Mohon Tunggu... Guru - Pendidik di SMPN 2 Sindangkerta

Saya adalah seorang pendidik di SMP . Mengajar adalah panggilan hati , dan saya selalu mencari cara untuk menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa-siswa . Selain mengajar, saya suka menggabungkan seni dalam pendidikan, menciptakan konten pendidikan yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik secara visual dan naratif. Menulis adalah salah satu cara saya mengekspresikan ide-ide dan membagikan pengetahuan. Melalui tulisan, saya dapat menyampaikan konsep-konsep pembelajaran dengan cara yang lebih mendalam dan reflektif. Di blog ini, saya akan berbagi berbagai materi dan sumber daya pendidikan, mulai dari modul pembelajaran kreatif hingga artikel yang menginspirasi guru lain dalam perjalanan mereka. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Saya berharap tulisan dan konten yang saya bagikan di sini dapat memberikan inspirasi dan manfaat bagi Anda dan siswa Anda.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perjalanan Menarik di PembaTIK Level 1

27 Agustus 2024   12:03 Diperbarui: 27 Agustus 2024   12:10 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
suntara0508.blogspot.com

Tahun 2024 kembali menjadi salah satu momen penting dalam perjalanan profesional saya sebagai pendidik berkat kesempatan mengikuti Program Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis TIK atau PembaTIK. Program ini, khususnya Level 1 dengan tema "Inovasi Pembelajaran Digital sebagai Wujud Implementasi Kurikulum Merdeka", memberikan saya wawasan dan keterampilan baru yang sangat berharga dalam dunia pendidikan.

Awal Perjalanan: Pretest dan Modul-modul

suntara0508.blogspot.com
suntara0508.blogspot.com

Proses dimulai dengan pretest yang dibuka pada tanggal 29 Juli 2024. Pretest ini bukan hanya sekadar tes awal, tetapi sebuah penilaian mandiri yang menantang saya untuk mengevaluasi pengetahuan saya tentang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam konteks pendidikan. Mengingat ketentuan yang ketat, saya mengerjakan pretest dengan teliti, memastikan bahwa semua jawaban adalah hasil pemikiran dan pemahaman saya sendiri.

Setelah pretest, saya memasuki tahapan berikutnya dengan mempelajari tiga modul yang disusun dengan baik:

1. Modul 1: Ekosistem Digital Merdeka Belajar di PAUD, Pendidikan Dasar, dan Menengah

   Modul ini membuka wawasan saya tentang bagaimana teknologi digital bisa diterapkan di berbagai jenjang pendidikan untuk mendukung Kurikulum Merdeka. Saya belajar tentang peran teknologi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan adaptif, serta bagaimana membangun ekosistem digital yang efektif di sekolah-sekolah.

2. Modul 2: Perangkat TIK untuk Pembelajaran

   Dalam modul ini, saya mendalami berbagai perangkat TIK yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Modul ini mengajarkan saya tentang pemilihan dan penggunaan perangkat yang tepat untuk kebutuhan pengajaran, serta bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membuat materi ajar lebih menarik dan interaktif.

3. Modul 3: Perangkat Pembelajaran Kolaboratif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun