Mohon tunggu...
Sunardi Saputra Jaya
Sunardi Saputra Jaya Mohon Tunggu... Guru - Guru PJOK

jadilah manusia yang bermanfaat untuk orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) dengan Menggunakan Metode STAR

19 Januari 2023   18:19 Diperbarui: 19 Januari 2023   18:31 1347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

SMK Negeri 1 Tambun Utara

Tanggal 10 Januari 2023

Tujuan yang ingin dicapai Meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran keterampilan gerak guling depan dengan menggunankan pembelajaran Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

Penulis : Sunardi Saputra Jaya

Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Hal ini disebabkan karena pelaksanaan pembelajaran selama ini masih belum mengarahkan peserta didik untuk aktif dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Peserta didik hanya mendengarkan guru menjelaskan saja tanpa terlibat langsung dalam proses menemukan jawaban yang di minta, hal ini menyebabkan peserta didik malas untuk berpikir kritis. Guru yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvesional atau ceramah, komando dan belum berpusat pada peserta didik dan juga tidak memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan minat/ motivasi belajar peserta didik.

Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Yang menjadi tantangan saya dalam mencapai tujuan tersebut adalah :
1. Guru kurang inovatif dalam menyampaikan pembelajaran sehingga peserta didik tidak faham dalam menyelesaikan tugas yang diberikan
2. Guru belum memberikan kesan pembelajaran yang menyenangkan kepada peserta didik
3. Masih kurangnya penggunaan metode dan media pembelajaran berbasis TPACK dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam menjelaskan materi keterampilan gerak guling depan kepada peserta didik sehingga peserta didik sulit memahami penjelasan dari guru

Siapa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, guru, teman sejawat dan kepala sekolah

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah langkah apa yang di lakukan untuk menghadapi tantangan tersebut :

Saya lebih cepat tanggap dalam membimbing dan mengarahkan peserta didik yang belum memahami materi yang akan dilakukan agar peserta didik yang pasif dalam diskusi dapat berperan aktif

Stategi apa yang digunakan :

Mendesain  RPP dari segi TPACK nya saya menggunakan presentasi PPT dengan tamplate yang semenarik mungkin dan media pembelajaran juga berbasis TPACK karena didalamnya memanfaatkan teknologi seperti leptop, infokus, speaker.

Bagimana prosesnya, siapa saja yang telibat :
Dengan menggunakan media pembelajaran berbasi TPACK sangat membuat guru lebih mudah memberikan materi dan peserta didik sangat nyaman karena bisa melihat video pembelajaran yang inovatif dan Siapa yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, guru, teman sejawat dan kepala sekolah

Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini :
1.Modul pembelajaran
2.Bahan hajar
3.LKPD
4.Alat dan Fasilitas ruangan dan lapangan yang nyaman

Refleksi Hasil dan dampak :
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Langkah langkah yang di lakukan :

Pemilihan model dan media pembelajaran berbasis TPACK sehingga peserta didik bisa lebih semangat dan menarik mina, motivasi belajarnya

Apakah hasilnya efektik / tidak efektif :

1.Keterampilan gerak peserta lebih baik
2.Peserta didik lebih bersemangat belajar
3.Peserta didik aktif dalam diskusi
4.Peserta didik lebih percaya diri dalam menampilkan hasil diskusi di depan kelas
5.Keterampilan guru dalam TPACK meningkat
6.Komunikasi guru dan peserta didik lebih aktif

Bagimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan :

Respon dari beberapa orang terkait dalam praktek ini menyatakan dampak positif dari metode mengajarnya dan penampilan media pembelajaranya

Apa yang menjadi faktor keberhasilan :

1. Pemahaman peserta didik dengan materi lebih mudah difahami dan sangat menarik peserta didik
2. Media pembelajaran yang digunakan tepat dan sesuai karakter perserta didik
3. Persiapan guru yang sudah maksimal
4. Sarana dan prasarana yang memadai
5. Dukungan dari dosen pembimbing dan guru pamong ppg, teman sejawat dan kepala sekolah

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses :

1. Menyiapkan RPP secara maksimal
2. Memuat model pembelajaran yang inovatif (PBL)
3. Pembelajaran dengan berbasis TPACK
4. Komunikasi antara kepala sekolah, rekan guru, orang tua dan peserta didik harus berjalan efeketif.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun