Mohon tunggu...
Sunan Amiruddin D Falah
Sunan Amiruddin D Falah Mohon Tunggu... Administrasi - Staf Administrasi

NEOLOGISME

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Crazyconomics: Ekonomi yang Tumbuh Pesat dari Ketidakpercayaan Diri Konsumen

22 Januari 2025   14:20 Diperbarui: 22 Januari 2025   14:20 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi (Heryunanto/kompas.id

Pada sebuah tayangan iklan tampak tiga orang gadis muda nan cantik sedang menyantap menu makanan di sebuah meja restoran. 

Salah seorang dari ketiga orang gadis sepertinya tengah menjalankan program diet dengan menjaga pola makan dengan memesan menu makanan sehat. Sementara seorang gadis muda nan cantik lainnya, melakukan program diet dengan mengonsumsi produk diet berupa susu bubuk. 

Al hasil, yang dapat menunjukkan keberhasilan program diet lebih cepat adalah gadis muda cantik yang mengonsumsi produk iklan, yang memperlihatkan tubuh langsingnya dengan adegan menyelipkan bagian tubuh rampingnya mulai dari perut ke bawah di antara bangku-bangku di meja restoran, yang salah satunya di duduki oleh seorang lelaki muda nan tampan.  

Menyelipkan tubuh ramping di sela ruang sempit di mana pun, yang dilewati seorang bintang iklan produk diet seakan menjadi bagian dari adegan promosi paling ikonik dan spektakuler untuk menunjukkan bahwa produk program diet yang sedang diiklankan mempunyai kandungan nutrisi yang ampuh untuk melaksanakan program diet. Mengapa orang mau melakukan diet? 

Orang melakukan diet mempunyai tujuan masing-masing. Pada umumnya tujuan diet mengarah pada menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang menarik dan ideal. 

Walaupun ada keterkaitannya dengan alasan kesehatan, seperti mengendalikan kadar kolesterol, gula darah atau sebagai pendukung efektivitas pengobatan penyakit tertentu, tetapi tubuh ramping untuk menjadi pusat perhatian banyak orang, cenderung menjadi tujuan paling kuat bagi produk-produk diet yang dibuat dan dijual oleh berbagai produsen dibanding untuk tujuan kesehatan. Tetapi bagaimana produk dan program diet hadir begitu masif di tengah masyarakat?

Ketidakpercayaan diri merupakan bagian dari ketidakamanan dan ketidaknyamanan yang dimiliki oleh sebagian besar orang dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Ketidakpercayaan diri juga cenderung mengakibatkan seseorang yang merasakannya kerap berada dalam kondisi insecure.

Untuk mengakomodasi ketidakpercayaan diri dan perasaan insecure itulah produk-produk diet dan program-program diet lahir sebagai solusi bagi sebagian besar mereka yang memiliki postur tubuh tidak ideal, tidak ramping, gemuk, gendut, tambun, kelebihan berat, kelebihan lemak atau sebutan lainnya yang membuat tingkat percaya diri menurun bahkan tak jarang dibarengi dengan perasaan cemas, gelisah, dan takut dalam menghadapi atau melakukan sesuatu. Seperti apa seharusnya bentuk tubuh yang ideal?

Baca juga: Konsumen "Rabun"

Bentuk tubuh ideal identik dengan tubuh tinggi, kurus, ramping, atau langsing, perut rata dengan berat badan proporsional. Tubuh ideal juga sering kali ditentukan berdasarkan evolusi budaya dan sejarah suatu bangsa. 

Dari masa ke masa, keidealan tubuh yang pada tingkat berikutnya turut membentuk idealitas tentang wajah cantik dan wajah tampan, di masa lalu cenderung ditentukan oleh kekuasan (penguasa) suatu budaya atau bangsa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun