Krisis transportasi publik sebagai mobilitas masyarakat dalam beraktivitas mulai dirasakan. Terutama di jalur-jalur lintas yang mudah dan dapat diakses oleh transportasi online. Di sisi lain, transportasi online sebagai alternatif moda transportasi masyarakat, kini mulai mendatangkan masalah yang tak kalah pelik.
Ketika kondisi transportasi publik berupaya mempertahankan sisa kejayaannya dengan cara konvensional begitu transportasi online mulai melakukan disrupsi untuk mengambil alih pengguna transportasi melalui strategi bakar uang, masyarakat pengguna moda transportasi masih mempunyai banyak pilihan dalam menentukan moda transportasi yang akan digunakan untuk perjalanannya.
Namun masifnya strategi bakar uang yang dilakukan oleh berbagai aplikasi transportasi online secara perlahan-lahan membuat transportasi publik yang berada di bawah pengelolaan pihak swasta mulai mengurangi jumlah, intensitas dan jam operasionalnya. Hingga pada akhirnya sebagian besar pengelola transportasi swasta gulung tikar.
Sementara moda transportasi publik yang dikelola oleh pemerintah kala itu sedang gencar-gencarnya melakukan modernisasi agar transportasi tersistem dan terintegrasi. Di proses ini pemerintah juga mulai mengurangi jumlah, intensitas, jam operasional sampai akhirnya menarik keseluruhan transportasi publik yang tidak tersistem.Â
Di tengah proses pengambilalihan pelanggan oleh transportasi online lewat bakar uang, sebagian besar pengelola transportasi publik milik swasta yang mulai gulung tikar dan transportasi punya pemerintah yang sedang melakukan modernisasi, secara keseluruhan menjadikan transportasi publik kehilangan banyak trayek di banyak jalur lintas.Â
Di momen itulah transportasi publik kehilangan harmonisasinya. Terlebih saat berbagai aplikasi transportasi online menghentikan strategi bakar uangnya. Biaya transportasi online berangsur menerapkan tarif normal, yang bagi sebagian masyarakat menjadi lebih mahal jika dibanding menggunakan transportasi publik yang biasanya.Â
Dengan biaya tarif normal dari berbagai transportasi online, dan keberadaan transportasi publik swasta yang jauh berkurang serta pembenahan transportasi publik milik pemerintah yang belum sepenuhnya dapat mengakomodasi semua trayek atau jalur lintas. terutama jalur-jalur yang bukan jalur protokol, membuat banyak penumpang terlantar di mana-mana.  Â
Kondisi tersebut seakan melahirkan status quo bagi sebagian besar mobilitas masyarakat dalam beraktivitas. Sebab memilih transportasi publik milik swasta sudah jauh berkurang, memakai transportasi online sudah terhitung mahal dan menggunakan transportasi publik dari pemerintah ternyata masih banyak jalur yang belum dilintasi transportasi tersistem.Â
Jadi yang diperlukan masyarakat pengguna transportasi adalah dikembalikannya harmonisasi mobilitas masyarakat dalam beraktivitas menggunakan transportasi publik. Untuk melakukan harmonisasi mobilitas masyarakat yang perlu dibenahi agar harmonisasi transportasi publik dapat kembali adalah berikut:
1. Memahami terlebih dahulu bahwa yang membedakan transportasi publik dengan yang bukan transportasi publik hanyalah transportasi pribadi atau personal. Oleh karena itu, transportasi online yang termasuk di dalamnya ojek motor dan ojek mobil termasuk ke dalam transportasi publik.Â
Transportasi publik dikelola oleh pihak pemerintah maupun swasta, baik oleh perorangan maupun organisasi, kelompok usaha atau perusahaan. Transportasi publik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta ada yang dikelola dengan cara konvensional ada pula yang dikelola secara modern.Â
Seiring perkembangan teknlogi informasi, muncul beraneka transportasi publik berbasis digital yang tidak hanya memodernisasi dalam cara bertransaksi melalui genggaman tangan, melainkan juga penjemputan, pilihan jalur lintas, kebebasan tujuan dan beragam nilai tambah lainnya. Bahkan kendaraan yang digunakan untuk transportasi berbasis digital berasal dari kendaraan pribadi atau personal.Â
Artinya, secara fisik kendaraan pribadi atau personal yang ada di jalan-jalan kini sebagian besar ikut mengisi ruang lalu lintas jalan atas nama publik, yang tentu saja dengan daya tampung sedikit. Bayangkan satu bus seperti kopaja atau metromini yang beroperasi dan dapat menampung 24-28 penumpang.
Kemudian sekarang saat penumpang tersebut beralih dan tersebar ke 24-28 transportasi online baik motor atau mobil untuk satu bus kopaja atau metromini saja, dibutuhkan berapa banyak motor dan mobil transportasi online untuk menampung ribuan hingga jutaan penumpang di wilayah Jakarta saja?
Ini bila bicara untuk imbas kemacetan, ketersediaan motor atau mobil pribadi yang dijadikan transportasi publik online, belum bicara tentang ketiadaan bus-bus umum atau angkot-angkot transportasi publik yang telah menghilang di sejumlah besar trayek atau jalur lintas Jakarta yang masih dibutuhkan masyarakat, yang baru bisa digantikan oleh transportasi publik milik pemerintah yang telah tersistem dan terintegrasi melalui Jak Lingko di beberapa jalur lintas Jakarta atau belum menyeluruh.
2. Berangkat dari pemahaman mengenai transportasi publik, yang perlu dibenahi berikutnya adalah tarif yang tidak memberatkan masyarakat pengguna, tidak merugikan driver online untuk transportasi publik berbasis digital dan juga masih memberikan selisih keuntungan bagi pemilik aplikasi.
3. Segera mengisi kekosongan trayek atau jalur-jalur lintas yang dibutuhkan pengguna atau penumpang, yang tidak lagi didukung oleh tranpsortasi publik semacam bus, mini bus, angkot atau kereta api, juga tidak dilintasi oleh transportasi tersistem Jak Lingko.
4. Â Menghadirkan transportasi Jak Lingko atau transportasi publik lainnya dengan basis digital yang bisa dipesan oleh penumpang di jalur-jalur lintas yang belum dilintasi oleh Jak Lingko terintegrasi atau transportasi publik lainnya supaya mendapatkan akses ke sistem Jak Lingko terintegrasi.
5. Menghadirkan transportasi publik berbasis digital yang dapat menampung penumpang-penumpang dengan banyak barang bawaan dan bisa diangkut secara bersama.
6. Memunculkan transit bersama di beberapa titik lokasi yang berfungsi seumpama stasiun atau terminal yang menghubungkan atau mengintegrasikan ke berbagai moda transportasi tersistem atau terintegrasi seperti Jak Lingko. Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H