Jika definisi sukses diuraikan berdasar perspektif masing-masing orang, sungguh dibutuhkan berlembar-lembar kertas kosong atau kapasitas ruang hard disk, ssd, flash disk, memory card atau  ruang kosong lainnya untuk menuliskan apa arti sukses.
Bagi Thomas Alva Edison, sukses adalah 1% inspirasi 99% keringat. Bagi Soichiro Honda, sukses adalah 99% kegagalan. Artinya, secara sederhana sukses merupakan suatu hasil yang diraih atas kerja keras dan pantang menyerah.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sukses merupakan sebuah kata yang bisa dimaknakan sebagai berhasil atau beruntung. Sejauh pertumbuhan dan perkembangan peradaban manusia, kata sukses apapun definisinya adalah sesuatu yang dicari, dikejar, diburu, diupayakan untuk diraih atau dicapai oleh setiap manusia. Â
Di era digital seperti sekarang banyak orang bisa dengan mudah meraih keberhasilan atau keberuntungan dari berbagai sisi meski hanya beranjak dari satu konten yang viral, trending topic, fyp, headline atau fase semacam itu. Oleh karenanya, sebagian besar orang-orang di generasi ngonten terindikasi menjadikan fase tersebut sebagai tujuan sehingga fase semacam itu dicari, dikejar, diburu, dan harus mampu diraih atau dicapai. Â
Konon dampaknya, siapapun yang menerima atau mendapatkan fase itu, meskipun tidak selalu mengarah pada keberhasilan atau keberuntungan lanjutan tetapi kecenderungannya membuktikan bahwa viral, trending topic, fyp, headline atau fase semacam adalah pembuka sukses untuk keberhasilan atau keberuntungan lanjutan yang bisa didapatkan secara berkesinambungan nantinya.
Sukseskadabra merupakan perspektif neologisme untuk mendeskripsikan suatu kondisi keberhasilan atau keberuntungan dalam waktu cepat atau secara tiba-tiba, yang diterima atau didapatkan seseorang atau sekelompok orang setelah tanpa atau dengan sengaja mencari, mengejar atau memburu fase viral, trending topic, fyp, headline atau fase semacam di jagat maya.
Suatu kondisi dalam sebentuk keberhasilan atau keberuntungan yang meraih atau mencapai respon kolektif, reaksi serentak, atensi berantai atau semacamnya dalam waktu cepat atau secara tiba-tiba, yang kemudian menjadi fase keberhasilan atau keberuntungan awal yang akan mampu membuka keberhasilan atau keberuntungan lainnya yang bisa didapat secara menerus. Â Â Â
Sukseskadabra adalah bagian dari proses sekaligus hasil yang kini dicari, dikejar, diburu, diupayakan untuk diraih atau dicapai oleh banyak orang, terutama mereka yang masuk kategori generasi topping atau ngonten untuk menggapai mimpi, keinginan, cita-cita atau apapun harapannya.
Sebuah kata yang menerjemahkan suatu kondisi yang dialami seseorang atau sekelompok orang atas produk, ide atau perilakunya yang viral, trending topic, fyp, headline atau fase semacam, dan datang dalam waktu cepat atau secara tiba-tiba di dunia digital sebagai keberhasilan atau keberuntungan awal yang kemudian akan membuka jalan keberhasilan atau keberuntungan berikutnya. Â
Ditinjau dari sudut pandang cara berpikir eksponensial, yang dalam algoritma statistik akan terbaca sebagai garis tak lurus yang tiba-tiba melengkung ke atas, melejit naik secara tajam membentuk kurva cekungan ke arah puncak, sukseskadabra juga bisa tiba-tiba jatuh melengkung drastis ke bawah bila tak segera dikelola dengan baik.
Diambil dari kata sukses yang bermakna berhasil atau beruntung, dan digabungkan dengan kata 'kadabra' yang berasal dari kata 'abracadabra' (abrakadabra). Sebuah kata yang biasa digunakan di dunia sihir atau sulap-menyulap, sukseskadabra kemudian digunakan untuk merepresentasikan suatu kondisi seseorang atau sekelompok orang yang menerima atau mendapat respon kolektif, reaksi serentak, atensi berantai atau hal setara hingga viral, trending topic, fyp, headline atau fase semacamnya. Â
Mengutip dari portal daring kumparan.com, kata 'abracadabra' yang oleh bahasa Indonesia dieja abrakadabra, berasal dari kata abrac dalam Encyclopaedia of Freemasonry and Its Kindred Sciences Volume I yang ditulis oleh Albert Gallatin Mackey. Abrac berasal dari Faculty of Abrac, wahana ilmu Abrac. Menurut Gallatin ilmu abrac adalah pengetahuan tentang kekuatan dan penggunaan kekuatan mistik abraxas. Abrac yang dimaksud merupakan singkatan dari abracadabra. Â
Dari literatur lain di dapat informasi bahwa kata abracadabra atau abrakadabra berasal dari Bahasa Ibrani yang bisa berarti 'saya buat seperti yang dikatakan' atau 'aku akan menciptakan saat aku bicara'.
Ketika kata abrakadabra digabungkan dengan kata suskses, dan kemudian mendeskripsikan sebuah kondisi sukses yang digambarkan identik dengan keberhasilan atau keberuntungan yang bisa muncul begitu saja atau sedemikian rupa hingga membentuk suatu fase viral, trending topic, fyp, headline atau yang setara dengannya sebagai sukseskadabra---apakah seseorang atau sekelompok orang yang menerima atau mendapatkan kondisi sukseskadabra pasti akan sukses (populer)?
Kondisi sukseskadabra tidak dapat menjamin sebuah hasil. Kondisi tersebut hanya dapat memastikan bahwa seseorang atau sekelompok orang yang berada di dalam kondisi tersebut memiliki potensi yang sangat kuat untuk bisa meraih atau mencapai keberhasilan atau keberuntungan lain yang bisa didapat secara berkesinambungan di hari-hari ke depan. Lantas apa yang perlu dilakukan ketika sukseskadabra sudah ada di genggaman?
Pertama, sukseskadabra tidak selalu merujuk pada semua kondisi instan, cepat atau tiba-tiba yang bisa diterima atau didapat hanya oleh satu atau dua konten yang diproduksi. Sukseskadabra malah sangat cenderung bisa diterima atau didapat oleh orang atau sekelompok orang yang telah terbiasa ngonten, berinteraksi sosial digital atau konsisten memproduksi konten sampai suatu ketika salah satu konten yang diproduksi olehnya menyusun algoritma statistik yang melengkung atau melejit ke atas secara instan, cepat atau tiba-tiba.   Â
Kedua yang perlu diperhatikan adalah bahwa tidak semua sukseskadabra akan memberikan keberhasilan atau keberuntungan lanjutan apalagi berkesinambungan. Beberapa konten yang sampai pada kondisi sukseskadabra, baik produk, ide atau perilaku tidak jarang hanya berhenti di respon kolektif, reaksi serentak, atensi berantai atau semacamnya tanpa hasil atau keuntungan lanjutan.
Ketiga, apabila respon kolektif, reaksi serentak, atensi berantai atau semacamnya berdampak pada hasil atau keuntungan yang berlanjut maka dalam kondisi tersebut diperlukan cara atau strategi untuk mengembangkan atau setidaknya mempertahankannya agar hasil atau keuntungan masih akan dan terus berdatangan. Bagaimana caranya?
Langkah awal, memastikan terlebih dahulu fase viral, trending topic, fyp, headline atau fase semacam dari konten dalam konteks atau jenis apa yang diterima atau didapat, dari konteks atau jenis produk, ide atau perilaku. Sebab konteks atau jenis kontennya akan menentukan langkah selanjutnya.
Ambil contoh konten dalam konteks atau jenis perilaku, lebih spesifik konten dalam konteks atau jenis perilaku berupa 'celetukan viral' semisal celetukan 'kamu nanya' produk konten buatan Alif Cepmek alias Dilan tiruan.
Seperti telah diketahui dari berbagai informasi daring, Alif Cepmek lewat celetukan 'kamu nanya' yang fyp dan viral di Tiktok sesungguhnya tidak begitu saja berada di titik itu. Ia juga berjuang dengan belajar mengenai bagaimana cara meniru gaya Dilan agar terlihat sempurna, membuat konten di gang sempit, mulai memproduksi kontennya dengan ciri khas jaket denim seperti tokoh tiruannya secara konsisten, lalu memperkenalkan celetukan 'kamu nanya' dan 'rawr' serta istilah cepmek. Apakah Alif tenggelam setelah melambung?
Tidak juga. Ia masih eksis dan terima undangan untuk mengisi acara. Salah satunya ketika Alif Cepmek diundang untuk ikut memeriahkan acara Surabaya X Beauty 2023 di Grand City Surabaya. Di sana Alif Cepmek melakukan live shopping dan mempromosikan produk-produk kecantikan dari berbagai brand bersama dua host yang memandunya.
Perlu diketahui pula, Alif cepmek pernah menyanyikan lagu berjudul 'Cepat Mencintai Kamu' (Cepmek) yang dirilis tepat di tanggal 29 November 2022. Lirik dan lagunya diciptakan oleh Alfiromi dan diproduseri oleh Christian Bong dan Willie Salim.Â
Dari sosok viral Alif Cepmek alias Dilan KW melalui celetukan 'kamu nanya', kecenderungan hasil atau keuntungan lanjutan yang dibawa oleh sukseskadabra melalui potensinya telah terbukti. Sebab sejak  menerima sukseskadabranya, Alif Cepmek mulai mendapatkan tawaran endorse, dan banyak menerima undangan dari berbagai acara televisi serta kolaborasi dengan beberapa tokoh populer.
Kemudian seperti menyadari bahwa sukseskadabra yang diraihnya cenderung bersifat sementara, dalam sebuah wawancara yang beredar daring, Alif Cepmek mengungkapkan bahwa akan ada ide-ide baru yang akan dibuat dalam konten-kontennya nanti. Sebuah motivasi diri yang terkandung dalam wawancara Alif Cepmek kala itu nyatanya bukan sekadar ucapan, melainkan ia realisasikan dalam tindakan.
Ide yang tampak direalisasikan dalam tindakan Alif Cepmek adalah transformasi pada gaya rambutnya. Alif Cepmek sempat mengubah gaya rambut Cepak Mekar (Cepmek) menjadi Cepak Jepang (Cepjep) lalu ke gaya rambut mullet dan berubah lagi ke Cepak Pirang (Ceprang). Semua proses yang dilakukan Muhammad Alif Ari Al Faik nama sebenarnya atau dikenal Alif Cepmek merupakan cara untuk berkembang atau setidaknya mempertahankan sukseskadabra yang sudah digapainya.
Cara Alif Cepmek mengembangkan potensi diri, terlepas dari segala bentuk upaya yang dilakukannya masih diseputar ide yang dianggap receh, sepele, tidak memberi manfaat praktis, tetap patut diapresiasi, dan akan menjadi bagian dari bagaimana cara mempertahankan kondisi sukseskadabra yang terdiri dari beberapa cara berikut ini:
- Tidak berhenti dikondisi sukseskadabra dan tetap konsistensi memproduksi konten.
- Menjaga ciri khas atau karakter populer pada produk, ide atau perilaku yang telah diciptakan.
- Berusaha untuk tidak berulah, bertingkah atau berperilaku buruk yang dapat mengundang orang-orang melakukan cancel culture, membuat petisi boikot, unfollow atau hal semacam.
- Berupaya membuat keterlibatan penilai (pencerewet) atau rater; penggemar, penyuka, audiens, netizen, pemberi komentar loyal atau bahkan para pembenci tetap merespon atau bereaksi tak henti sehingga matrik engagement rate terus mengalami peningkatan. Â Â Â
- Memelihara hubungan baik dengan berbagai kalangan, terlebih kepada mereka yang telah mengapresiasi dan memberikan hasil atau keuntungan lanjutan atas sukseskadabranya. Â Â
- Mengembangkan atau menciptakan ide-ide lain pada setiap konten untuk menguatkan ciri khas atau karakter populer yang telah dikenal banyak orang agar bisa mencapai fase viral, trending topic, fyp atau headline dan semacamnya lagi.Â
- Melebarkan sayap dengan membuka peluang bisnis, investasi, ritel, warung kuliner atau lainnya yang terkait dan terikat pada ciri khas atau karakter populer yang telah dimiliki untuk kian membentuk dan menguatkan branding. Â
Â
Referensi
Alifah. Fitri Nur. 2023. "TikTokers Alif Cepmek 'Kamu Nanyeaaa?' Tutup Surabaya X Beauty", https://harian.disway.id/read/688614/tiktokers-alif-cepmek-kamu-nanyeaa-tutup-surabaya-x-beauty, diakses pada 13 Oktober 2023.
Faizalarifin. 2021. "Abracadabra! Menelusuri Mantra Mistis dalam Serial Harry Potter", https://kumparan.com/faizalarifin/abracadabra-menelusuri-mantra-mistis-dalam-serial-harry-potter-1vb8MuP6CV6/2, diakses pada tanggal 11 Oktober 2023 pukul 07.06. Â
Falah, Sunan Amiruddin D. 2023. "Sukseskadabra": Definisi Sukses Ala Generasi Topping", https://www.kompasiana.com/sunanamiruddin5274/64e88fff4addee471c6b32a2/sukseskadabra-definisi-sukses-ala-generasi-topping?page=1&page_images=1, diakses pada 13 Oktober 2023.
Kpl/dwn. 2023, "Usai Viral Kamu Nanya yang Dipopulerkan Alif Cepmek Kini Dijadikan Lagu dengan Judul Cepat Mencintai Kamu". https://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/usai-viral-kamu-nanya-yang-dipopulerkan-alif-cepmek-kini-dijadikan-lagu-dengna-judul-cepat-mencintai-kamu-899c16.html, diakses pada 12 Oktober 2023.
Putri, Jurianto Izzah. 2023. " Alif Cepmek Meriahkan Surabaya X Beauty X Rawrr", https://www.detik.com/jatim/berita/d-6601936/alif-cepmek-meriahkan-surabaya-x-beauty-2023-rawrr, diakses pada 12 Oktober 2023.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H