Tiktok yang awalnya dikenal sebagai platfrom untuk membuat dan berbagi video pendek, kini telah berubah menjadi sebuah platfrom belanja online yang banyak digemari oleh berbagai kalangan. Dengan jangkauan Tiktok yang luas dalam berjualan dapat menawarkan peluang besar untuk mempromosikan produk, meningkatkan penjualan serta membangun merek.
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan perubahan perilaku konsumen, platform media sosial seperti TikTok telah menjadi ladang subur bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. Salah satu fitur yang paling menarik perhatian adalah TikTok Live.Salah satu fitur yang sangat efektif adalah TikTok Live yang menawarkan berbagai manfaat dan keuntungan bagi penjual. Dengan adanya fitur live tiktok ini memungkinkan penjual untuk berinteraksi langsung dengan pembeli secara real-time. Dalam dunia e-commerce yang semakin kompetitif, berjualan melalui TikTok Live bukan hanya sekadar pilihan, tetapi bisa menjadi strategi jitu untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.
Siapa sangka, fitur live di TikTok yang awalnya hanya untuk mengobrol dan menghibur, sekarang menjadi ladang emas bagi para penjual online. Bayangkan saja, ketika banyaknya para remaja bahkan orang tua lagi bdersantai sambil scroll TikTok, tiba-tiba mereka menenemukan live jualan yang seru banget . Penjualnya memberikan diskon produk, merespon dan membalas komentar cepat. Ditambah interaksi penjual kepada penontonnya juga bikin mereka tertarik untuk membeli produk yang sedang dipromosikan tersebut. Fenomena penjualan live di TikTok seperti inilah yang telah menjadi cara paling efektif untukenjualan. Melalui fitur yang tersedia diaplikasi TikTok ini ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan oleh TikTok Shop Seller dalam menjual sekaligus menpromosikan bisnisnya.
Walaupun TikTok Shop ini sempat ditutup pada 04 Oktober 2023 akibat masalah izin usaha di Indonesia. TikTok hanya memiliki izin sebagai penyelenggara sistem elektronik, bukan untuk perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE) yang diperlukan untuk transaksi jual beli langsung. Penutupan ini juga bertujuan melindungi pelaku usaha mikro dan kecil (UMKM) dari dampak negatif harga jual yang lebih rendah di platform. Selain itu, terdapat kekhawatiran mengenai cakupan data pribadi dan monopoli algoritma yang dapat merugikan konsumen.
Tetapi pada 12 Desember 2024 akhirnya TikTok Shop kembali dibuka setelah lebih dari dua bulan mengalami kekosongan akibat masalah regulasi. Dan saat ini TikTok Shop berkolaborasi dengan GoTo (Tokopedia) untuk mendukung UMKM di Indonesia.
Keuntungan Berjualan saat Live TikTok:
1. Interaksi Langsung dengan Pembeli
Di toko online biasanya kita hanya melihat gambar dan membaca deskripsi saja, tetapi di TikTok live kita bisa langsung berinteraksi dengan penjual. Dengan begitu kita dapat bertanya langsung mengenai produk, harga, dan promo yang sedang ditawarkan saat live. Hal inilah yang menjadi salah satu ketertarikan audiens dalam berbelanja saat live TikTok.
 2. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Melalui interaksi langsung, penjual dapat menunjukkan produk secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan jaminan yang meyakinkan kepada konsumen. Hal ini membantu konsumen merasa lebih yakin terhadap kualitas produk dan layanan yang ditawarkan, sehingga meningkatkan loyalitas dan minat membeli mereka. Dengan cara ini, TikTok Live menjadi alat efektif dalam strategi pemasaran digital untuk memperkuat citra merek dan meningkatkan penjualan
3. Akses ke Jutaan Pengguna Aktif
TikTok memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia, sehingga penjual dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan bisnisnya. Tanpa konten yang spesifik sulit bagi penjual untuk untuk muncul di fyp orang lain. Oleh sebab itu, jika Anda fokus menjadi penjual yang fokus untuk mempromosikan kategori spesifik, misal fashion, maka audiens akan lebih mudah untuk menemukan Anda. Dengan target yang spesifik ini, peluang followers untuk bertambah juga bisa meningkat dan penjualan Anda pun akan semakin mudah dikenal dan ditemui oleh para konsumen.
 4. Promo Ekslusif
Penjual dapat memberikan promo besar-besaran, harga spesial kepada pembeli selama live tiktok. Hal seperti inilah yang digemari oleh para pembeli karena harga barang jauh lebih murah dari harga biasanya.
5. Meningkatkan Brand Awareness
Dengan sering melakukan live streaming, penjual dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan pengguna TikTok. Setiap sesi live berpotensi menarik lebih banyak penonton, yang akan mengenal merek dan produk lebih baik. Ini sejalan dengan fakta bahwa semakin banyak orang yang melihat produk, semakin besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian di masa depan.
 Selain memberikan keuntungan yang sangat banyak kepada penjual, ada juga tips agar penjualan di live tiktok dapat sukses.
 Tips Sukses Jualan di TikTok Live:
 1. Buat Konten yang Menarik
Tidak hanya berjualan doang, tapi cobalah membuat konten yang menghibur dan informatif. Misalnya, kamu bisa bikin tutorial makeup, review produk, atau Q&A.
 2. Interaksi dengan Penonton
Balas semua komentar, ajak ngobrol penonton, hal itu akan membuat penonton merasa dihargai.
 3. Konsisten
 Bikin jadwal live yang rutin agar penonton tahu kapan toko kamu akan live.
 4. Promosi
 Jangan lupa ubtuk terus promosikan live kamu di akun TikTok dan platform media sosial lainnya.
 5. Kualitas Video dan Audio
 Pastikan kualitas video dan audio kamu bagus agar penonton nyaman menonton konten penjualan kamu.
Berjualan di TikTok Live bukan hanya sekadar tren, tetapi merupakan strategi pemasaran yang efektif dalam era digital saat ini. TikTok Live menjadi tren dan peluang emas buat para penjual online. Dengan strategi yang tepat, kamu bisa banget manfaatkan fitur ini untuk meningkatkan penjualan dan membangun bisnis kamu, terlebih zaman sekarang para remaja maupun orang tua sudah menjadikan TikTtok live sebagai tempat pembelian barang-barang kebutuhan mereka karena harganya yang jauh lebih murah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H