Mohon tunggu...
Sultani
Sultani Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis Lepas

Senang menulis kreatif berbasis data

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

5 Manfaat Online Presence dalam Bisnis Content Writing

30 Desember 2023   06:56 Diperbarui: 30 Desember 2023   07:26 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

5 Manfaat Online Presence Dalam Bisnis Content Writing

Oleh: Sultani

Teknologi digital sekarang sudah mengalami kemajuan yang luar biasa sehingga mampu mengubah secara drastis cara hidup manusia. Salah satunya adalah gaya komunikasi atau cara memasarkan produk dan jasa dalam dunia bisnis. Pergeseran pola pemasaran ini bisa dirasakan dari munculnya istilah-istilah bisnis baru yang sangat akrab dengan teknologi digital seperti digital marketing, startup, e-commerce, online business, marketplace, online shop,  content writing, dan online writing.

Content writing sebagai unit bisnis online writing yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi digital juga memiliki ciri yang sama dengan model bisnis online yang menawarkan produk kepada masyarakat. Sama-sama menggunakan website sebagai basis operasional bisnis. Sekarang ini banyak perusahaan sudah menggunakan content writing sebagai metode untuk mempromosikan produknya secara masif di dunia digital.

Content writing sendiri adalah proses produksi konten yang isinya relatif panjang, fokus pada informasi, dengan tujuan untuk mendidik dan menghibur pembaca. Bentuknya bisa artikel, blog post, website content, atau social media post. 

Sebagai bisnis online, content writing menggunakan website sebagai basis operasional yang terkoneksi dengan teknologi digital, tepatnya internet. Karena itu, keberhasilan dalam content writing sangat ditentukan oleh kemampuan dalam mengelola website secara optimal sehingga memiliki waktu respons yang cepat, konten yang menarik dan informatif.

Kecepatan respons dan konten yang menarik merupakan kunci utama yang harus dikuasai dalam content writing di tengah banyaknya website dan media sosial sekarang. Karena kedua aspek tersebut bisa mendorong sebuah domain content writing untuk terus menonjol dalam bisnis digital.

Sumber: detik.com
Sumber: detik.com

Untuk menambah kecepatan respons dan memproduksi konten menarik, content writing harus bersanding dengan online presence sebagai strategi pemasaran. Online presence bisa diartikan secara sederhana sebagai kehadiran online bisnis content writing pada platform digital, baik website atau media sosial untuk mendapatkan atensi bagi pengguna internet berupa traffic, kunjungan, interaksi, yang lebih baik dibandingkan dengan situs lain. 

Online presence dalam konteks bisnis digital selama ini dikenal sebagai teknik untuk membuat sebuah website memiliki atensi yang tetap besar terhadap viewer sehingga jumlah traffic-nya selalu ramai dan signifikan untuk mengalahkan website yang lain. Dalam content writing, online presence berperan penting untuk menjaga stamina sebuah website agar memiliki nafas yang panjang, sehingga selalu prima dalam bersaing di dunia digital.

Sumber: arkademic.com
Sumber: arkademic.com

Dalam rangka menyuplai nafas yang lebih panjang inilah online presence memberikan manfaat yang penting dalam menjaga performa bisnis content writing agar selalu menonjol. Paling tidak, ada 5 manfaat yang bisa diambil agar bisnis content writing bisa awet.

1. Memamerkan content writing secara terbuka melalui platform media sosial

Dengan online presence Anda bisa membuat dan memasang konten yang menarik sebanyak mungkin di website atau media sosial yang bisa dijangkau. Semakin banyak konten yang diposting semakin tinggi engagement konten dengan viewer. Cara ini sudah pasti akan membuat viewer selalu mendapatkan update terbaru dari konten yang dibuat. Di sinilah online presence membantu menciptakan personal branding dari konten-konten yang bertebaran di platform digital.

2. Meningkatkan engagement dengan viewer secara online

Engagement merupakan bentuk apresiasi viewer kepada sebuah konten yang ditunjukkan dengan reaksi positif seperti like, comment, dan share. Semakin sering konten hadir secara online di hadapan viewer, konten tersebut akan semakin besar peluang konten tersebut akan dibaca. Aksi ini akan memicu peningkatan traffic secara signifikan kepada website penyedia konten.

3. Membangun koneksi yang lebih intim dengan viewer

Online presence merupakan kanal yang mengoneksikan sebuah konten dengan viewer melalui paltform media sosial. Media sosial merupakan sarana yang diciptakan untuk membangun hubungan sementara online presence akan menjadi kanal yang menciptakan  koneksi yang lebih intim dengan viewer. Online presence akan membuat konten hadir secara konsisten melalui platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Youtube. Di mana dalam platform media sosial tersebut peluang untuk meraup viewers terbuka luas melalui komunikasi dengan follower. 

Di sinilah online presence bermanfaat memobilisasi viewer untuk menjadi pembaca konten dengan tingkatan loyalitas yang bervariasi. Pembaca yang loyal berpotensi untuk menarik pembaca baru dan seterusnya sehingga pengunjung website pun terus meningkat dari waktu ke waktu. Karena itu manfaatkan online presence sebagai strategi promosi yang nyaman dan menarik untuk menarik viewer baru. 

4. Fleksibilitas dalam mengakses konten

Online presence seperti sebuah showroom di ruang maya yang selalu tersedia dan terbuka aksesnya untuk pelanggan sepanjang waktu. Konten yang disediakan dengan sendirinya semakin mudah diakses dan mendapat kepercayaan tersendiri dari viewer. Showroom virtual yang tersedia di website memberi keleluasaan kepada para penyedia konten untuk memajang produknya sesuai kriteria viewer yang hendak disasar.

5. Meningkatkan Brand Awareness dan Loyalitas Pembaca

Brand adalah identitas yang melekat dalam sebuah bisnis termasuk content writing. Pada umumnya, pelanggan akan mengidentifikasi produk langsung kepada brand atau mereknya. Brand bisa menentukan citra dari produk yang dijual. Online presence bisa menciptakan visibilitas brand sebuah konten kepada viewer. Kehadiran konten meskipun secara online selalu bisa menarik perhatian viewer atau pembaca. Saat itulah website konten akan menjadi pembicaraan banyak orang di dunia maya melalui informasi-informasi yang mereka dapatkan.

Membangun visibilitas brand bisa membantu brand awareness yang lebih baik. Saat website Anda dibicarakan banyak orang nama brand website Anda sudah pasti akan ikut dibicarakan juga. Seiring dengan peningkatan brand awareness ini loyalitas pembaca konten pun terus bersemi, tumbuh dan berkembang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun