Berkat komitmen dan dedikasinya JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) berhasil meraih penghargaan bergengsi sebagai Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Layanan Kurir. Penghargaan ini diselenggarakan oleh Markplus Inc., melalui divisi mereka yaitu MarkPlus Insight. Divisi ini telah mengadakan survei Indonesia WOW Brand 2023 kepada 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia. Survei ini didasarkan pada konsep WOW Marketing yang mengadopsi prinsip pemasaran dari Prof. Philip Kotler, Bapak Pemasaran Modern. Berdasarkan hasil survei tersebut, beberapa merek terbaik Indonesia dipilih dan diberi predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023.
Di era konektivitas saat ini, dimana perilaku pelanggan dalam membuat keputusan dipengaruhi oleh faktor sosial. JNE berhasil meraih predikat ini karena menerapkan konsep WOW Marketing, yang didasarkan pada skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek-merek lain dalam industri sejenis. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Jacky Mussry, Chief Executive Officer MarkPlus, Inc., kepada Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE Express, di Hotel The Westin, Jakarta pada tanggal 11 Mei.
Di sisi lain, untuk kedelapan kalinya MarkPlus, Inc. mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast, dengan mengambil tema : Branding for the Game Charger, dalam acara WOW Brand Festive Day. Acara ini merupakan festival pemasaran terbesar di Indonesia yang dihadiri oleh sekitar 400 penggemar merek dari lebih dari 300 merek terbaik Indonesia.Â
Konferensi ini menampilkan pembicara ahli merek yang memaparkan konsep-konsep terbaru dalam branding. Pada kesempatan ini, JNE yang diwakili oleh Kurnia Nugraha juga memaparkan strategi "Boost Affinity by Brand Collaboration" yang telah mereka lakukan dalam mendukung kolaborasi merek.
Selanjutnya, Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE juga mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang istimewa ini. Dalam pidatonya Ia menyatakan, "Kami, selaku seluruh karyawan dan manajemen JNE, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Layanan Kurir."
JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional telah berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata selama 33 tahun terhadap kemajuan ekonomi bangsa dan negara. Mereka telah melaksanakan berbagai langkah bisnis yang menjadi peluang bagi masyarakat. Hingga saat ini JNE terus mengembangkan bisnisnya dengan meningkatkan sektor-sektor penting, sehingga mereka dapat memberikan layanan terbaik dan memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan, termasuk pelanggan dan mitra.
Kurnia juga menekankan bahwa JNE didirikan dengan tujuan utama untuk memberikan manfaat bagi banyak orang, baik di dalam maupun di luar perusahaan, sesuai dengan tagline mereka yaitu "Connecting Happiness". Oleh karena itu, penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh manajemen dan karyawan JNE untuk terus memberikan kinerja yang prima dan melanjutkan komitmen mereka dalam berinovasi dalam pengembangan bisnis. Mereka berharap bahwa melalui berbagai program dan langkah yang dilakukan oleh JNE, dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat.
Sekilas tentang JNEÂ
JNE mulai berdiri sejak tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang bergerak pada usaha jasa pengiriman dan pendistribusian. Saat ini JNE telah memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA) jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance.Â
Di akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres. Selanjutnya di tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight. Di tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga memperluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.
Saat ini, JNE telah memiliki lebih dari 86.000 lokasi layanan dan terus bertambah. Perusahaan ini juga memiliki lebih dari 50.000 karyawan.
Lebih dari 150 lokasi JNE telah terhubung secara online, memanfaatkan sistem komunikasi yang efektif dan efisien. Hal ini memungkinkan konsumen untuk memantau status pengiriman paket atau dokumen dengan mudah melalui situs informasi yang dapat diakses.
Untuk meningkatkan layanan, JNE mengedepankan sumber daya manusia sekaligus teknologi. Dari mesin X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit. Agar dapat memberikan pelayanan secara maksimal.
Sebagai bukti dari kehandalan dan komitmennya JNE telah meraih berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu.
Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, perusahaan JNE juga aktif dalam berbagai bentuk kegiatan sosial. Misalnya mengadakan program kepedulian terhadap anak yatim fakir miskin dan duafa, program kepedulian terhadap bencana, dan juga peduli terhadap kesehatan, pendidikan dan pangan yang bekerjasama dengan berbagai pihak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H